Cara Pasang WIFI Di Rumah | Modem | Hotspot | Tanpa Kabel

Cara Pasang WIFI Di Rumah

Cara pasang WIFI dirumah, begitu banyak orang yang ingin memasang WIFI namun terkendala akan informasi dan biaya.


Koneksi WIFI memang selalu menarik untuk dipakai. Kita bisa mendapatkan akses internet dengan kecepatan tinggi, biaya murah dan rata-rata sudah unlimited alias tanpa batasan kuota internet tertentu.

Bukan itu saja, rata-rata koneksi WIFI juga stabil. Tidak begitu sering terkendala dengan masalah cuaca, sehingga cocok untuk pemakaian harian.

Cara Memasang WIFI Di Rumah Dengan Biaya Murah


Untuk memasang WIFI sekarang ini ada beberapa cara yang bisa dipakai.
Baik itu di Restoran, Kafe, Mall, atau perumahan.. Nggak sedikit yang
berbeda menggunakan metode pemasangannya.

Anda mau pasang akses WIFI? Artikel ini akan sedikit menjelaskannya :

1. Menggunakan Provider WIFI

Memasang Provider WIFI
Anda pasti sudah tahu ya.. Kalau sekarang sudah ada banyak Provider WIFI yang terkenal, dan telah tersebar di berbagai kota.
Semua Provider tentu punya spesifikasi masing-masing, sehingga Anda bisa memilih yang kira-kira yang paling cocok untuk dipakai..
Bagaimana cara memilih yang sesuai untuk Anda? Balik lagi ke kebutuhan.. Perhatikan hal-hal berikut :
  • Wilayah Jangkauan : Provider harus menjangkau wilayah tempat Anda tinggal. Karena ada juga yang hanya menjangkau wilayah kota tertentu saja, seperti Ibukota atau kota-kota besar lainnya.
  • Kecepatan Internet : Berapa kecepatan yang kira-kira dibutuhkan? Cek ini.. Jangan sampai Anda salah memilih paket.
  • Biaya : Berapa biaya yang Anda sanggupi untuk membayar paket WIFI setiap bulannya? Pastikan sesuai dengan dompet Anda.
  • Fitur : Ada beberapa Provider WIFI yang menyediakan fitur-fitur tertentu. Silakan kenali dulu.

Langkah selanjutnya tentu dengan mendatangi langsung Provider. Caranya tentu saja dengan mendatangi kantornya langsung sambil membawa biaya dan persyaratan yang dibutuhkan.

Cara Memasang Indihome Di Rumah

Pasang Indihome
Salah satu Provider WIFI yang paling terkenal di Indonesia adalah Indihome. Provider ini punya beberapa paket WIFI murah dengan kecepatan bersaing yang bisa Anda pilih.
Anda tertarik mau coba pasang Indihome? Ini langkah-langkahnya :
  1. Datang ke Plasa Telkom terdekat di tempat Anda
  2. Disana silakan katakan saja kalau Anda ingin mendaftar ke Indihome. Bilang juga paket apa yang ingin Anda pakai (Silakan lihat di indihome.co.id/paket)
  3. Isi formulir yang dibutuhkan
  4. Bayar biaya paketnya (Mungkin ada juga tambahan biaya pemasangan)
  5. Kalau sudah semua, Anda tinggal tunggu saja beberapa hari teknisi Indihome datang ke rumah

Pertama, mungkin teknisi akan melakukan survey dulu. Yakni untuk mengetahui ketersediaan tiang telepon serta berapa banyak kabel yang dibutuhkan.

Tapi ada juga sebagian orang yang langsung dipasang WIFI-nya ketika survey sedang berlangsung (Biasanya sudah ada orang didekat tempat tersebut yang sudah memasang Indihome duluan, atau memang tempat Anda sudah terjangkau).

Biaya Indihome

Gampang ya masangnya. Terus gimana dengan harga paketnya? Sebenarnya nggak begitu mahal kok. Sebulan kira-kira 300 ribu rupiah saja, untuk paket dengan kecepatan 10Mbps.
Terasa mahal? Well.. Saya sendiri memakai kartu bisa menghabiskan kuota sampai 50GB untuk harga 200 ribu rupiah.. Sedangkan Indihome ini bisa dibilang unlimited.. Mungkin ada FUP, tapi itu sampai ratusan GB (Yakin ratusan GB habis? hehe).
Lengkapnya kunjungi saja link yang saya beri tadi. Indihome.co.id/paket. Disana sudah tersedia informasi lengkapnya.

2. Pasang WIFI Dirumah Tanpa Kabel Telepon Dengan Modem WIFI

Nggak punya biaya untuk bayar bulanan? Atau kebutuhan internet hanya untuk sekedar browsing saja? Mungkin modem WIFI (MIFI) bisa jadi pertimbangan yang bagus nih.
Belum tahu apa itu modem WIFI? Modem WIFI itu kurang lebih cara kerjanya sama seperti router. Yakni bisa membuat WIFI, namun dengan menggunakan jaringan seluler.
Dari segi kecepatan tentu balik lagi ke sinyal Provider masing-masing pada setiap kartu. Tapi kalau tepat, kecepatannya bisa bagus kok.
Nggak percaya? Ini salah satu screenshot yang saya ambil, ketika memakai MIFI + kartu seluler :
Mencapai 10MBps atau berarti 100mbps di aplikasi IDM. Kencang kan?

Berapa harga MIFI?

Harga modem WIFI atau MIFI nggak begitu mahal kok. Sekarang udah tersedia beragam versi yang bisa Anda pilih, dengan spesifikasi yang berbeda-beda juga.
Paling murah mungkin 250.000 rupiah. Itu sudah tinggal masukkan kartu + pakai saja.
Kalau mau lebih lengkap, coba langsung cari saja di Marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak dan lain-lain. Kata kuncinya “MIFI“.
Rekomendasi saya sih ambil yang agak mahal saja sekalian. Soalnya makin bagus modem biasanya penangkapan sinyalnya makin bagus (Catatan, modem WIFI yang saya pakai harganya 800 ribu rupiah).

Gimana cara memakai MIFI?

Seperti yang saya bilang, Anda hanya perlu memasukkan kartu SIM kedalam modem kemudian nyalakan. Aktifkan WIFI di HP Anda, masukkan password bawaan, dan selesai.. Anda akan terhubung ke internet.
Untuk password bawaan bisa diketahui di modemnya langsung (Biasanya dibelakang baterai). Cek saja.

Sekilas Tentang MIFI

Intinya modem MIFI ini sama saja seperti modem biasa. Hanya saja ada fungsi router yang memungkinkan modem bisa membuat Hotspot serta membagikan koneksi ke perangkat-perangkat lain.
Beberapa waktu lalu saya sempat membahas tentang MIFI secara lengkap. Kalau penasaran, langsung saja baca Artikel MIFI.

3. Memasang WIFI Di Rumah Memakai HP Android (Gratis!)

Hampir semua orang punya gadget.. Tapi tahukah Anda kalau gadget Android punya fitur yang memungkinkan pengguna membagi koneksi?
Yup.. Fitur ini namanya Tethering Hotspot. Ada loh di semua HP Android, dari versi lama sampai versi terbaru.
Anda nggak perlu biaya apapun.. Cukup sebuah kartu dengan kuota saja.. Satu rumah bisa menikmati akses WIFI.

Cara Membuat Tethering Hotspot Di HP

Begini loh cara buatnya :
  1. Buka Setelan di HP Anda
  2. Masuk ke Tethering & Hotspot Portabel
  3. Aktifkan Hotspot disana, jangan lupa atur juga pengaturan lain yang diperlukan
  4. Kalau sudah, coba gunakan perangkat lain untuk mengetesnya

Mau yang lebih lengkap? Silakan baca Cara Tethering Hotspot Android.

4. Membuat WIFI Sendiri Di Rumah Dengan Laptop

Kalau punya Laptop, Laptop juga bisa loh kita jadikan sebagai perangkat modem router untuk membagikan WIFI ke rumah.
Belum tahu ya? Jadi gini.. Di Laptop itu terdapat komponen untuk menangkap sinyal WIFI. Nah, komponen ini juga bisa kita pakai untuk membuat Hotspot.
Memang pengaturannya nggak ada di sistem langsung.. Makanya metode pembuatannya biasa memakai CMD :
  1. Ketuk tombol Windows + R di Laptop
  2. Ketikkan perintah : netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=namaHotspot key=Password
  3. Klik Enter
  4. Selanjutnya ketik netsh wlan start hostednetwork
  5. Klik Enter
  6. Selesai

Sedikit catatan, untuk jangkauan WIFI-nya berbeda-beda tergantung Laptopnya. Tapi kalau untuk WIFI di rumah ya cukup-cukup saja, asalkan rumahnya nggak terlalu besar hehe.

Taruh saja Laptop di ruang tengah.. cukup.

Perlukah Memasang WIFI Di Rumah?

Apakah
wajib memasang WIFI? Kalau menurut saya sih tidak. Misalnya kalau Anda
hanya biasa memakai internet untuk media sosial, cukup-cukup saja
sebenarnya.
Tapi
kalau Anda sering memakai internet yang kebutuhannya agak tinggi,
seperti sering streaming kualitas 480p keatas, atau download file-file
besar, lebih baik pasang WIFI saja. Lebih hemat.

Berlaku juga jika Anda ingin orang-orang rumah Anda perangkatnya tersambung semua ke internet.

Penutup

WIFI merupakan salah satu pilihan koneksi yang hemat dan cepat. Anda juga tidak perlu khawatir akan kehabisan kuota, karena rata-rata WIFI sekarang unlimited.

Sayangnya, banyak orang yang ingin memasang WIFI namun justru terkendala akan minimnya informasi yang bisa didapat.

Karena itu, semoga artikel cara memasang WIFI di rumah ini bermanfaat. Ada beberapa cara yang bisa dipakai, semuanya disesuaikan dengan budget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *