6 Cara Meramaikan Grup WhatsApp yang Sepi Dengan Mudah

Cara Meramaikan Grup WA

Setiap orang yang menggunakan WhatsApp, hampir seluruhnya tergabung ke dalam grup tertentu. Entah itu grup komunitas, hobi dan lain-lain.

Untuk beberapa jenis grup tertentu, kadang akan lebih seru jika ramai chatnya. Sayangnya, tidak semua anggota sering melakukan chatting.

Nah, di sini ada beberapa cara untuk meramaikan grup WhatsApp yang sepi. Berikut akan saya jelaskan pembahasannya.

Cara Meramaikan Grup WA yang Sepi

Secara umum, grup akan ramai saat awal pembuatan saja, sedangkan semakin hari akan menjadi sepi. Baik itu grup formal (komunitas, teman kursus, rekan kerja) atau non formal (alumni, teman main, hobi).

Alasannya, karena ada beberapa hal. Seperti banyak anggota yang mulai sibuk bekerja, fokus belajar atau aktivitas lainnya yang memungkinkan mereka jarang membuka grup.

Nah, tapi sebenarnya grup WA yang sepi bisa Anda ramaikan kembali. Dengan cara-cara ini:

1. Buat Topik Obrolan

Cari Topik Grup Menarik

Memiliki topik bahasan yang menarik, adalah salah satu faktor utama untuk bisa membuat grup menjadi ramai lagi.

Contohnya seperti awal pembuatan grup. Dimana biasanya waktu awal Anda atau beberapa orang yang tergabung dalam 1 grup punya banyak topik pembicaraan.

Tapi seiring berjalannya waktu, bisa saja seluruh anggota grup kehabisan topik obrolan. Nah untuk solusinya, Anda bisa mencari ide topik obrolan yang menarik.

Beberapa contohnya seperti:

  • Mengajak anggota nongkrong (main)
  • Membuat aktivitas mingguan (misalnya olahraga)
  • Diskusi hal-hal terkait dengan pekerjaan atau pelajaran yang kurang dipahami
  • Sharing ilmu seperti tips-tips yang mungkin disukai anggota grup
  • Dan masih banyak contoh lainnya yang bisa Anda cari

2. Share Video Menarik

Bagikan Video WA Menarik

Membagikan video menarik yang tidak sengaja Anda lihat ke grup, juga bisa menjadi pilihan topik bagus. Tapi disarankan, Anda harus mencari tema video sesuai grup yang ada.

Misalnya grup Anda berisi rekan kerja, mungkin Anda bisa share video terkait tentang pekerjaan. Sedangkan untuk teman main Anda, bisa share video humor.

Biasanya mereka yang melihat video yang Anda bagikan akan meresponnya dan meramaikan grup kembali.

3. Kirim Gambar Menarik

Bagikan Gambar Menarik

Tidak hanya video saja, Anda juga bisa membagikan gambar yang menarik. Misalnya seperti gambar meme, pantun lucu, promo atau mungkin foto kenangan Anda bersama anggota grup.

Dengan membagikan gambar, biasanya akan membuat suasana grup yang hening menjadi ramai kembali. Disarankan juga untuk membagikannya di waktu sore atau menjelang malam hari saat mereka beristirahat dan aktif memakai HP.

Tetapi disarankan juga untuk membagikan gambar yang sesuai grup. Contoh untuk grup formal, Anda bisa bagikan gambar seperti berita atau informasi. Sedangkan non-formal, bisa gambar bersifat candaan.

Baca Juga: Cara Membuat Foto Profil WhatsApp Jadi Full

4. Ajak Mutualan

Ajak Anggota WA Mutualan

Mutualan adalah sebuah istilah yang memungkinkan Anda harus menghubungi anggota secara satu per satu. Biasanya istilah ini dipakai kalau Anda bergabung di grup komunitas.

Misalnya di grup tersebut sepi, Anda bisa kontak anggota satu per satu. Anda bisa perkenalkan diri, kalau mereka menjawab nantinya Anda bisa saling menyimpan kontak WhatsApp.

Dengan mutualan, Anda bisa sekaligus menambah teman dan memahami setiap karakter anggota grup. Hal ini juga akan membuat Anda lebih mudah ketika ingin membagikan suatu topik tertentu di grup.

5. Tambahkan Anggota Baru

Tambahkan Peserta WA Baru

Selain mengajak mutualan, Anda bisa coba menambahkan anggota baru.

Dengan menambahkan anggota baru, akan membuat grup menjadi terkesan fresh kembali. Anggota baru juga cenderung punya rasa penasaran sehingga akan sering membuat topik tertentu di grup.

Supaya tidak terkesan canggung, ketika ingin menambah anggota, disarankan lebih dari 1 orang. Misalnya 3 atau 4 orang sekaligus.

Baca Juga: Cara Mengisi List di WhatsApp Dengan Benar

6. Seringlah Chat di Grup

Kalau Anda merupakan seorang admin grup, sangat disarankan untuk sering chat di grup. Anda bisa selalu cari ide atau informasi terbaru yang bisa dibagikan ke dalam grup.

Karena kalau tidak sering chat, biasanya banyak anggota yang tidak akan merespon Anda. Grup tersebut juga nanti akan terkesan sudah ditinggalkan.

Penutup

Membuat grup WhatsApp ramai kembali memang tidak mudah. Tapi dengan cara- cara di atas, seharusnya bisa membantu Anda untuk mencairkan suasana grup kembali.

Ada pertanyaan atau tips lain yang bisa dipakai untuk meramaikan  grup WA? Silakan tinggalkan komentar lewat kolom di bawah.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like