√ Masih Normal? Begini Cara Cek LCD Samsung (+Touchscreen)

Cek LCD Samsung

Cek LCD Samsung memang sesekali perlu dilakukan. Sebab, kita nggak tahu apakah touchscreen di HP tersebut masih bagus atau tidak.

Samsung sendiri sebenarnya punya durability yang bagus. Banyak pengguna Samsung yang HP-nya masih awet dan masih bisa dipakai, walau jangka pemakaiannya sudah lebih dari 5 tahun.

Tapi khusus LCD, lebih baik dicek saja deh kondisinya. Kenapa? Karena kalau ada kerusakan, biaya perbaikannya cukup menguras isi dompet.

Misalnya seperti masalah layar HP blank hitam atau putih, yang biasanya perlu dilakukan penggantian LCD. Kerusakan ini bisa menghabiskan dana hingga 800 ribu rupiah, atau bahkan lebih dari itu (tergantung tipe HP).

Mahal sekali bukan?

Cara Mengecek LCD Touchscreen HP Samsung

Untungnya, Samsung juga sama, sebagaimana HP Android lainnya. Kita bisa melakukan pengecekan LCD untuk mengetahui apakah masih normal atau tidak kondisinya.

Pengecekan LCD di sini meliputi warna layar dan seberapa responsif layar HP ketika disentuh. Keduanya sangat penting.

Jika Anda ingin melakukan pengecekan, nggak perlu bingung mengenai caranya. Sebab, di sini kita akan membahasnya secara lengkap. Yuk, mari disimak:

1. Cek Layar HP Samsung Secara Manual

Cek Tes Layar Manual

Cara yang paling mudah, adalah mengecek terlebih dahulu dari segi fisiknya.

Untuk goresan mungkin memang nggak begitu masalah, tapi layar normal pastinya tidak ada yang namanya rusak dalam bentuk retak, apalagi pecah.

Sedangkan untuk responsif touchscreen-nya, Anda tinggal coba saja sentuh semua bagian layarnya saja dengan teliti. Ketuk dan tahan, apakah layarnya merespon?

Pastikan juga nggak ada Ghost Touch (layar bergerak sendiri), dan touchscreen nggak lepas sendiri ketika sedang ditekan.

Ini sangat efektif jika Anda ingin membeli HP Samsung bekas, tapi nggak punya banyak waktu untuk mengecek keseluruhan kondisi HP secara mendetail.

2. Cara Cek LCD Samsung dengan Kode

Kode Tes LCD Samsung

Di HP Samsung, terdapat berbagai macam kode rahasia yang berfungsi sebagai tool utilitas sistem. Fungsinya tentu saja beragam. Ada yang untuk mengetahui spesifikasi HP, mengubah pengaturan jaringan, serta mengecek kerusakan HP.

Berkaitan dengan kerusakan HP, pada menunya terdapat juga sub bagian untuk pengecekan LCD. Jika Anda ingin mengetahui kondisi layar HP Samsung, coba pakai saja fitur ini.

Tertarik? Silakan simak bagaimana caranya, berikut ini:

Cek Kondisi Warna (RGB) HP Samsung dengan Kode

  1. Buka Dial Pad > Kemudian masukkan kode *#0*#.
  2. Setelah itu, maka akan terbuka menu pengecekan Samsung.
  3. Ketuk tombol Red > Layar HP berubah merah > Ketuk lagi layar.
  4. Ketuk tombol Green > Layar HP berubah hijau > Ketuk lagi layar.
  5. Ketuk tombol Blue > Layar HP berubah biru > Ketuk lagi layar.
  6. Kalau normal, warna yang keluar akan sama sesuai dengan tombol yang ditekan.

Pengecekan di atas berguna untuk mengetahui kondisi warna (RGB) dari HP. Sekali lagi, pastikan warna yang muncul sudah sesuai, ya.

Jika ada warna lain muncul (misalnya jadi agak ungu), kemungkinan LCD sudah bermasalah.

Layar HP Samsung Bergaris? Ini Dia Cara Mengatasi Layar HP Bergaris Vertikal dengan Mudah.

Cara Touchscreen HP Samsung dengan Kode

Cara Mengetes Touchscreen Samsung Android

Cara di atas baru untuk mengecek kondisi warna layar saja. Nah, masih di menu yang sama, kita juga bisa melakukan pengetesan touchscreen HP.

Caranya seperti ini:

  1. Ketuk tombol Touch.
  2. Akan muncul jendela baru > Ketuk dan tekan layar HP Samsung Anda.
  3. Ikuti garis kotak-kotak yang tertera pada layar sampai semuanya kena.
  4. Jika normal, harusnya garis kotak-kotak tersebut akan berubah menjadi warna hijau.

Sebaliknya, jika tidak normal, maka warna hijau tidak akan muncul. Ini merupakan gejala bahwa ada bagian layar yang tidak merespon saat disentuh.

Oh ya, saat kita menyentuh layar, akan muncul garis seperti tinta. Nah, sebenarnya tidak perlu mengikuti garis kotak-kotak tadi, kita juga bisa mengetes sendiri dengan garis tinta tersebut, yang kalau normal pasti akan tergambar.

Terus kalau rusak, solusinya gimana, dong? Selain opsi ganti layar, bisa coba cara di artikel berikut ini:

Mengatasi layar sentuh HP tidak berfungsi sebagian.

3. Cek Layar Samsung dengan Aplikasi

Tes Touchscreen

Jika Anda kurang puas dengan cara manual, atau kode pengecekan ternyata tidak work di tipe HP Samsung yang Anda pakai, maka alternatif lainnya Anda bisa juga coba menggunakan aplikasi tambahan.

Aplikasi yang akan digunakan di sini, fungsinya lebih ke arah pengecekan fungsi touchscreen saja, untuk memastikan apakah layar merespon atau tidak. Tapi tentu saja masih bermanfaat bukan?

Kita bisa memakai Aplikasi Multi Touch Test. Berikut caranya:

  1. Install terlebih dahulu aplikasi Multi Touch Test.
  2. Buka aplikasinya.
  3. Kemudian tinggal ikuti saja panduan untuk mengetesnya.

Sudah begitu saja.

Sama seperti sebelumnya, kalau touchscreen normal, seharusnya layar akan sepenuhnya merespon ke bagian-bagian layar yang Anda sentuh.

Apakah Layar Rusak = LCD Harus Diganti?

Sebagian besar kerusakan layar, rata-rata memang mengharuskan kita untuk mengganti LCD-nya. Tapi itu nggak semua, karena dari sistem juga bisa, seperti efek root atau salah pengaturan.

Selain itu, bisa juga karena sambungan socket yang longgar akibat HP pernah terjatuh.

Intinya sih macam-macam, jadi lebih baik jangan terburu-buru langsung ganti LCD.

Kalau sudah dicoba banyak metode perbaikan “gratis”, tapi belum berhasil juga, barulah Anda bisa mempertimbangkan untuk mengganti LCD-nya.

Selain beli baru, opsi sparepart LCD bekas juga nggak masalah, asalkan memang masih bagus kondisinya. Bisa dipertimbangkan untuk menekan biaya.

Penutup

Demikianlah cara cek LCD HP Samsung. Cara-cara di atas sudah saya lakukan sendiri, dan bisa saya katakan sangat akurat untuk mengetahui kondisi LCD HP Anda.

Namun, jika Anda beli HP bekas, ada baiknya Anda meminta garansi personal ke penjual. Alasannya, karena masalah LCD bisa sewaktu-waktu muncul, entah itu selang beberapa hari atau minggu setelah dipakai.

Ini untuk sekedar berjaga-jaga saja.

Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like