3 Cara Cek Resi JNE yang Error dengan Cepat (Online)

Cara mengecek paket JNE error

JNE merupakan salah satu perusahaan jasa pengiriman yang sangat populer di Indonesia. Pengirimannya yang terbilang cepat dan relatif aman, menjadi dua dari sekian alasan kenapa eskpedisi ini digemari.

Sama halnya dengan jasa pengiriman lainnya, JNE juga menerapkan sistem kode resi agar penggunanya bisa mengecek paket yang sedang diantarkan.

Dengan adanya kode resi ini, pengguna bisa mengetahui di mana posisi paketnya berada secara up to date.

Untuk melacak paket yang sedang dikirim, Anda harus menginputkan nomor resi yang Anda dapatkan dari pihak pengirim ke situs resmi JNE (JNE.co.id), tepatnya di bagian kolom pelacakan paket.

Cek Resi JNE Error?

Sedikit cerita, beberapa waktu yang lalu PC saya sempat mengalami kerusakan di bagian part VGA. Karena part yang rusak tersebut kemungkinan besar tidak bisa diperbaiki, maka akhirnya saya membeli VGA baru secara online.

Nah, barang yang saya pesan tersebut dikirim dari Jawa Timur menuju ke tempat tinggal saya di Jawa Barat.

Pada hari pertama pengiriman, saya sempat mengecek resi di website JNE, dan paket bisa saya lacak sebagaimana mestinya. Hari kedua juga normal. Tapi di hari ketiga, saya selalu mendapat pesan error ketika melacak resi ini.

Alhasil, saya tidak tahu di mana posisi paket saya waktu itu.

Dari beberapa pengalaman saya membeli barang secara online, website JNE ini kadang memang suka mengalami error.

Penyebabnya (mungkin) karena websitenya mengalami overload, akibat terlalu banyak orang yang mengecek resi secara bersamaan, sehingga website tersebut menjadi down.

Oleh karena itu, seluruh pengunjung website harus menunggu beberapa waktu sampai server jadi normal kembali.

Cara Alternatif Melacak Paket Ketika Error

Untungnya, mengecek resi lewat situs resmi JNE hanyalah salah satu cara dari sekian cara lainnya, untuk melacak keberadaan paket kita.

Jadi, meski website JNE sedang down, kita masih bisa melacak paket yang kita nantikan. Pokoknya efektif, dan bisa jadi solusi saat cek resi lewat website error, deh.

Langsung saja, berikut caranya:

Jangan lupa baca juga artikel Cara Komplain JNE, ya!

#1. Melalui Situs Cek Resi Pihak Ketiga

Cara pertama, adalah dengan menggunakan situs cek resi pihak ketiga.

Mungkin sebagian dari kita sudah ada yang mengetahui hal ini. Anda bisa menggunakannya untuk melacak posisi paket Anda, ketika situs JNE mengalami kendala.

Situs cek resi ini ada banyak sekali macamnya dan bertebaran di Google. Anda bisa mencarinya dengan memasukkan kata kunci “Cek Resi” (tanpa tanda kutip).    

Google cek resi

Kemudian untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka situs cek resi yang diinginkan. Misalnya Cekresi.com.
  2. Masukkan kode resi pada kolom yang disediakan.
  3. Pilih jasa kirim yang dipakai, di mana dalam hal ini JNE.
  4. Terakhir, tinggal klik tombol Cek Resi atau semacamnya, deh.
cek resi jne error

Situs cek resi semacam ini, cukup efektif dan ukurat untuk mengecek resi paket Anda, khususnya ketika website resmi JNE sedang error.

Selain itu, kelebihan situs-situs cek resi ini kebanyakan tidak menggunakan chaptcha, sehingga lebih menghemat waktu.

Meski begitu, dari pengalaman saya, terkadang ada beberapa situs cek resi pihak ketiga yang lebih lambat dalam memperbarui status resinya.

Misalnya begini. Anggaplah kemarin paket saya sedang transit di Jakarta, dengan status on transit. Besoknya, ketika saya cek lagi, paketnya masih saja dalam status on transit di jakarta, padahal paket sebenarnya sudah saya terima.

Lain halnya kalau Anda menggunakan situs JNE langsung. Proses update resi akan  berlangsung lebih cepat dan aktual.

Maka dari itu, kalau Anda mendapati kejanggalan atau error saat melacak paket di situs cek resi pihak ketiga, coba deh pindah ke situs lainnya. Banyak ini kok, pilihan situsnya.

#2. Lewat Admin Halaman Facebook JNE

Cara yang kedua, Anda bisa menggunakan alternatif lain dengan menanyakan langsung soal paket Anda ke admin JNE di sosial media.

Nah, salah satu sosial media yang digunakan JNE adalah Facebook, di mana Anda dapat mengakses halaman resminya melalui facebook.com/JNEPusat.

Halaman ini menyajikan beragam informasi terkait JNE, serta akan melayani pula para konsumennya yang barangkali ingin bertanya tentang kendala seputar paketnya.

Kalau Anda ingin bertanya ke admin JNE di Facebook, caranya mudah, kok:

  1. Cukup buka halaman Facebook JNE di atas.
  2. Klik tombol Kirim Pesan.
  3. Kemudian silakan tanyakan di kolom chatting tersebut, dengan menyertakan nama penerima dan no resinya.
Cek resi paket JNE
Nanti ada Admin yang membantu untuk melacak posisi paket.

Biasanya, pesan yang Anda kirim mungkin tidak bisa langsung dibalas. Anda harus menunggu antrian dulu selama 1 sampai 3 jam, karena tentunya bukan hanya Anda yang membutuhkan bantuan dari CS JNE.

Selain bisa menanyakan soal pelacakan paket, admin JNE di Facebook juga bisa membantu apabila terjadi masalah pada paket Anda.

Cara cek paket JNE
Anda juga bisa melaporkan apabila terjadi kendala pada paket.

Baca Juga: Status JNE On Process Terus? Ini Penyebab dan Solusinya.

#3. Gunakan VPN untuk Akses Situs JNE

Cara terakhir ini, tidak sengaja saya temukan ketika mengalami kendala dalam proses pengiriman VGA yang saya ceritakan tadi. Entah sebenarnya efektif atau tidak, tapi buat saya pribadi work dengan baik.

Triknya, dengan menggunakan VPN.

VPN ini singkatan dari Virtual Private Network. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari menggunakan VPN. Salah satunya, memungkinkan kita bisa mengakses situs yang terblokir.

Singkat cerita, waktu itu saya kan mengecek resi di situs JNE dan mendapati error. Anehnya, ketika iseng memakai VPN, error tersebut hilang dan fungsi web pun bisa bekerja dengan semestinya.

JNE error
Situs JNE sulit dibuka jadi normal kembali ketika menggunakan VPN.

Jika Anda tertarik mencobanya, Anda bisa gunakan aplikasi VPN yang bisa diunduh dari Google Playstore.

Saya tidak tahu apakah cara ini bekerja untuk Anda. Tapi, tidak ada salahnya untuk mencoba terlebih dahulu bukan? 🙂

Akhir Kata

Menunggu paket kiriman, memang suka bikin kita nggak sabaran. Apalagi kalau barang yang dikirim itu harganya mahal, sampai-sampai bisa jadi kepikiran dan bikin susah tidur.

Nah, dengan mengecek resi, setidaknya bisa membuat kita lebih tenang, karena kita bisa mengetahui di mana posisi paket kita berada.

Ketiga solusi sederhana di atas, sengaja saya bagikan dengan tujuan bisa membantu Anda, khususnya ketika mendapati kendala saat melacak paketnya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like