Kenapa JNE On Process Terus? Ini Cara Cek (+Solusinya)

Arti JNE On Process

Hal yang paling ditunggu saat mendapat kiriman, dalam hal ini misalnya ketika berbelanja secara online tentunya adalah paket atau barangnya.

Tidak sedikit orang-orang yang selalu mengulang-ulang pengecekan resi untuk mendapatkan update posisi paket. Termasuk saya sendiri.

Kalau Anda mengirim menggunakan JNE, pastinya Anda sudah agak sedikit tahu soal status-status pengiriman yang ada banyak.

Salah satunya adalah status On Process.

Apa Itu Status On Process JNE?

JNE On Process artinya adalah paket masih dalam proses. Terutama ketika paket baru diambil oleh kantor utama JNE dari kota pengirim, maupun masih dalam perjalanan pengiriman ke kota Anda.

Kenapa Status On Process Lama Berubah?

Kalau dibanding dengan status paket lainnya, bisa dikatakan status On Process adalah yang paling lama. Updatenya bisa memakan waktu berjam-jam hingga tidak jarang beberapa hari.

Disini tidak sedikit orang yang suka penasaran soal paketnya. Apalagi kalau barangnya mahal + ingin paket cepat sampai.

Ada dua hal yang membuat status On Process lama berubah :

1. Proses Pengiriman Masih Berjalan

Status On Process mencakup proses pengiriman kurir hingga pengiriman dari kota satu ke kota lainnya. Jadi tidak perlu heran kalau statusnya lama sekali berubah. Pengalaman saya sendiri paling lama sekitar 1 – 2 harian dulu (Kiriman dari luar pulau).

2. Status Resi Masih Belum Update

Seperti yang diketahui, status resi berubah-ubah tergantung dari updatenya. Nah, update ini terkadang bisa juga lama.

Entah disebabkan langsung dari resi, maupun disebabkan karena Aplikasi atau situs pengecekan sedikit bermasalah.

Apa Yang Harus Dilakukan Kalau Status On Process Lama Sekali?

Yang direkomendasikan saya sih sebenarnya tunggu saja. Memang lama, namun tergantung dari jenis pengiriman yang Anda pakai juga kan?

Ada JNE Reguler, OKE, dan YES. Kalau YES (Yakin Esok Sampai), biasanya status On Process ini cepat sekali update. Pengalaman saya rata-rata hanya beberapa jam atau paling lama 1 hari status sudah berubah.

Namun beda hal kalau Anda pakai pengiriman Reguler atau OKE yang notabene memang butuh waktu lebih lama.

Lengkapnya :

OKEDokumen / Paket2 – 3 hari
RegulerDokumen / Paket1 – 2 hari
YESDokumen / Paket1 hari

Selain menunggu, disarankan juga untuk mengecek JNE menggunakan cara berbeda. Misalnya kalau Anda biasa menggunakan satu situs cek resi, coba deh gunakan situs yang lainnya (Di Google ada banyak).

Alasannya dari pengalaman saya, setiap situs ada yang update status paket berbeda-beda.

Kalau mau lebih pasti sih langsung saja tanyakan ke CS JNE. Bisa melalui media sosial, cukup sertakan nama penerima dan nomor resi yang benar. Nanti Anda akan diberikan informasi terkait pengiriman.

Baca Juga : JNE Salah Kirim Alamat? Wah, Baca Solusinya Disini

Paket Saya Belum Sampai-Sampai, Sudah Beberapa Minggu, Kenapa?

Waktu Anda cek status paket masih On Process. Namun anehnya paket belum sampai-sampai, padahal sudah beberapa minggu (Dan harusnya proses hanya butuh beberapa hari saja).

Tentu ada beberapa hal yang bisa menyebabkan hal ini. Namun salah satu parameter pasti adalah alamat yang tertera pada paket kurang jelas.

Pertama, saat melakukan pengecekan resi, coba ketahui terlebih dahulu status lebih lengkapnya (Bukan pada bagian On Process), dimana posisi paket Anda? Apakah masih ada di kota pengirim? Atau di kota Anda? Contohnya seperti ini :

Kalau paket sudah diterima di kota Anda, maka coba deh pergi ke kantor JNE untuk ambil sendiri barangnya. Cukup sertakan nomor resi serta kartu identitas.

Tapi bagaimana kalau paket masih ada di kota pengirim? Solusi lainnya bisa coba komplain :

Bagaimana Cara Komplain JNE?

Kalau paket masih dalam proses pengiriman (Dan bermasalah) sedangkan kita tidak bisa berbuat banyak hal, coba hubungi saja JNE untuk membantu proses pengiriman paket Anda.

Untuk hal ini JNE sudah menyediakan beragam kontak yang bisa Anda pakai. Melalui Email, Nomor Telepon atau Sosial Media juga bisa.

Contohnya pernah saya bahas di Cara Menghubungi Customer Service JNE.

Akhir Kata

Demikian ulasan saya tentang arti On Process JNE, proses pengiriman serta solusi kalau statusnya kalau tidak berubah-ubah (Lama).

Saya pribadi sangat sering menggunakan JNE sebagai jasa pengiriman yang dipakai ketika berbelanja online. Bahkan sudah sekian tahun lamanya (Sebelum online shop sudah populer seperti sekarang).

Ada banyak hal yang saya dapat dari pengalaman menggunakan JNE. Salah satunya seperti status On Process ini 😀

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like