Kenapa JNE On Process Terus? Ini Cara Cek (+Solusinya)

Arti JNE On Process

Menunggu paket kiriman datang adalah hal yang amat dinanti.

Apalagi ketika berbelanja secara online misalnya. Wah, pasti nggak sabar banget deh, ingin cepat-cepat paketnya datang.

Nggak sedikit juga lho, orang-orang yang selalu mengecek resi secara berulang, demi mendapatkan update lokasi paket terkini. Bahkan termasuk saya sendiri, sih. Hehe.

Nah, kalau Anda menggunakan JNE, pasti nggak asing lagi kan dengan istilah-istilah dalam status pengirimannya? Salah satunya, ada yang namanya status “on process“.

Yuk, kita bahas sedikit soal status ini.

Apa Itu Status On Process JNE?

Status “on process” di ekspedisi JNE, menunjukkan bahwa paket Anda masih dalam proses pengiriman.

Status ini biasanya sih ditampilkan ketika paket baru diambil oleh kantor utama JNE dari kota pengirim, atau ketika masih dalam perjalanan (pengiriman) ke kota tujuan.

Kenapa Status On Process Lama Berubah?

Kalau dibanding dengan status paket lainnya, bisa dikatakan status “on process” inilah yang berlangsung paling lama. Status ini mungkin baru berubah setelah memakan waktu berjam-jam, bahkan tak jarang hingga beberapa hari.

Berangkat dari hal tersebut, akhirnya tidak sedikit orang yang penasaran soal paketnya. Belum lagi kalau barangnya mahal, atau dibutuhkan segera.

Ada dua hal yang bisa membuat status “on process” lama berubah, yaitu:

  • Proses pengiriman masih berjalan.
  • Status resi masih belum update.

#1. Proses Pengiriman Masih Berjalan

Status “on process” mencakup seluruh proses pengiriman paket, dari kota satu ke kota lainnya.

Jadi, nggak perlu heran kalau statusnya lama sekali berubah. Selama proses pengiriman masih berlangsung, status ini akan selalu ditampilkan di halaman pelacakan.

#2. Status Resi Masih Belum Update

Seperti yang kita ketahui bersama, status resi akan berubah-ubah seiring berjalan prosesnya.

Nah, pembaruan status resi ini juga terkadang bisa mengalami keterlambatan. Bisa jadi disebabkan karena sistem yang telat memperbaruinya, atau bahkan karena suatu kendala pada situs/aplikasinya.

Apa yang Harus Dilakukan Kalau Status On Process Lama Sekali?

Sebenarnya Anda hanya perlu menunggu saja, sih.

Memang bisa berlangsung lama, meski hal ini kembali lagi ke jenis pengiriman apa yang Anda pakai juga. Ada JNE Reguler, OKE, dan YES.

Kalau YES (Yakin Esok Sampai), biasanya status “on process” ini akan cepat berubah. Pengalaman saya, hanya dalam hitungan jam, atau paling lama 1 hari, status ini akan segera berubah.

Namun beda halnya kalau Anda menggunakan pengiriman Reguler atau OKE, yang notabene memang butuh waktu lebih lama.

Lengkapnya bisa cek tabel berikut:

OKEDokumen/Paket2-3 hari
RegulerDokumen/Paket1-2 hari
YESDokumen/Paket1 hari

Selain menunggu, disarankan juga untuk mengecek JNE menggunakan cara yang berbeda.

Misal, kalau Anda biasa menggunakan satu situs cek resi, coba deh gunakan situs lain. Di Google ada banyak pilihannya, kok. Sebab, situs lain mungkin lebih cepat dalam memperbarui info resi Anda.

Selanjutnya, kalau paket Anda memang sudah melewati estimasi waktu, coba deh tanyakan langsung ke CS JNE. Bisa lewat media sosial, kok. Sertakan saja nama pengirim dan nomor resinya, maka CS akan langsung sigap membantu.

JNE salah kirim alamat? Wah, bisa gawat, nih. Baca solusinya di sini.

Paket Saya kok Belum Sampai Juga, ya?

Waktu Anda cek, status paket masih “on process“. Namun anehnya, paket belum sampai-sampai setelah lewat beberapa minggu. Padahal, harusnya proses ke lokasi Anda hanya butuh beberapa hari saja.

Tentu ada beberapa hal yang bisa menyebabkan hal ini. Namun salah satu kondisi yang paling sering ditemui, adalah karena alamat yang tertera pada paket kurang jelas.

Oleh karena itu, saat melakukan pengecekan resi, coba deh ketahui dulu histori status lebih lengkapnya (bukan pada bagian “on process“).

Nah, silakan cek di sana, di mana posisi paket Anda sekarang? Apakah masih ada di kota pengirim? Atau di sudah tiba di kota Anda?

Contohnya seperti ini:

Kalau paket sudah diterima di kota Anda, maka Anda bisa datang ke kantor JNE, untuk mengambil sendiri paketnya. Cukup sertakan nomor resi serta kartu identitas saja, kok.

Tapi bagaimana kalau paket masih ada di kota pengirim? Solusi lainnya, Anda bisa mengajukan komplain.

Kita bahas di sub topik berikutnya, yuk.

Bagaimana Cara Komplain JNE?

Kalau paket masih dalam proses pengiriman, mengalami masalah, sedangkan kita tidak bisa berbuat banyak hal, maka Anda harus menghubungi pihak JNE agar proses pengiriman paket Anda dibantu.

Untuk hal ini, JNE sudah menyediakan banyak kontak yang bisa Anda hubungi. Mulai dari email, nomor telepon, atau sosial media juga bisa.

Contohnya pernah saya bahas di artikel Cara Menghubungi Customer Service JNE.

Akhir Kata

Demikian ulasan dari saya, tentang arti status “on process” JNE, proses pengiriman, serta solusi kalau statusnya kalau tidak berubah-ubah (lewat estimasi).

Saya pribadi sudah sangat terbiasa menggunakan JNE, sebagai media pengiriman yang dipilih ketika berbelanja online. Bahkan sudah dari dulu, sebelum online shop sepopuler hari ini.

Ada banyak hal yang saya dapat dari pengalaman menggunakan JNE. Salah satunya, seperti kasus status “on process” ini. 😀

Semoga saja sharing kali ini bisa bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like