Solusi Connection Timed Out Saat Browsing

Cara Mengatasi Connection Timed Out

Connection Timed Out – Itulah pesan yang saya temui ketika browsing belakangan ini.

Saya lumayan penasaran sama masalah ini. Apalagi bukan cuma satu atau dua kali saja saya menemuinya, bisa dibilang cukup sering, deh.

Efeknya, situs yang diinginkan jadi tidak bisa terbuka.

Nah, kalau Anda sedang mengalami masalah yang serupa, yuk kita bahas penyebab dan solusinya di bawah ini.

Penyebab “Connection Timed Out” Saat Browsing

Setelah saya pelajari, ternyata penyebab dari pesan “connection timed out” ini ada beberapa. Namun secara garis besar, semuanya masih berhubungan dengan jaringan atau situs yang ingin kita kunjungi. Misalnya:

  • Operator Gangguan : Yup, gangguan yang dimaksud di sini adalah error pada jaringan. Bisa disebabkan karena traffic internet lagi tinggi.
  • Server Situs Down: Setiap situs yang Anda akses, sejatinya menyimpan seluruh datanya di sebuah tempat bernama server. Jika server tersebut down atau gangguan, maka otomatis situs pun jadi tidak dapat diakses.
  • Salah Atur Jaringan: Salah mengatur IP atau pada pengaturan browser, akan membuat jaringan jadi sulit terhubung ke server. Akibatnya, muncul pesan “timed out” ini.

Serta penyebab-penyebab lainnya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Internet Nyambung Tapi Tidak Bisa Browsing.

Cara Mengatasi “Connection Timed Out” Pada Koneksi Internet

Untuk mengatasi masalah “connection timed out“, kita hanya perlu fokus ke apa-apa yang menjadi penyebabnya saja.

Berikut ini, akan saya ulas hingga tuntas, soal bagaimana solusi untuk mengatasi pesan “connection time out” yang muncul pada saat browsing.

1. Tunggu Beberapa Waktu

Tunggu Waktu

Baik itu gangguan provider maupun gangguan server, sifatnya hanya sementara waktu saja.

Oleh karena itu, kalau Anda mau bersabar, maka Anda bisa menyelesaikan masalah ini tanpa berbuat apa-apa. Silakan coba tunggu saja selama beberapa waktu, sampai provider atau server tersebut normal kembali.

Berapa lama harus menunggu?

Nah, ini yang nggak pasti, ya. Kadang ada yang hanya beberapa menit, sampai ada yang berhari-hari. Tergantung tingkat keramaian juga, sih.

Pengalaman saya sendiri, rata-rata hanya 10 sampai 20 menit saja.

2. Pastikan Pengaturan Jaringan Benar

Setting Jaringan

Pengaturan jaringan, sebenarnya akan diatur otomatis ketika Anda tersambung ke internet.

Namun, kadang pengaturan jaringan tersebut bisa saja tidak ter-setting dengan benar. Misalnya karena tidak sengaja mengubahnya, atau Anda baru menginstal pengaturan jaringan tertentu.

Solusinya, coba cek kembali semua konfigurasinya.

Anda juga bisa menggunakan DNS 8.8.8.8 (primary DNS) dan 8.8.4.4 (alternate DNS). Ini kadang bisa membantu dalam mengatasi masalah “time out” yang sedang dialami.

Baca Juga: Cara Mengatasi Unidentified Network di Windows 7, 8, 10.

3. Ganti Provider yang Dipakai

Ganti Jenis Provider

Setiap provider, memiliki akses jaringan yang berbeda-beda. Jadi, nggak heran kalau gangguan yang didapat pun bisa berbeda-beda.

Karena itu, saya merekomendasikan untuk mengganti provider yang dipakai, terutama jika pesan “timed out” tersebut relatif sering muncul.

Tapi ini optional saja, sih. Anda juga bisa menggunakan dua provider sekaligus. Jadi, Anda bebas menggantinya kapan pun Anda mau, ketika muncul pesan “time out” tersebut.

4. Hapus Cache Browser

Hapus Cache Browser

Faktor cache, memang tidak saya tuliskan di daftar penyebab tadi. Meskipun begitu, melakukan clear cache ini bisa dibilang cukup efektif, lho.

Hal ini dikarenakan, setiap website yang diakses oleh browser, semua konfigurasinya akan tersimpan dalam sebuah file cache.

Nah, tapi yang perlu diketahui, file cache ini bisa juga menyimpan error website yang Anda kunjungi, sehingga membuatnya tidak dapat diakses di kemudian hari.

Caranya untuk menghapusnya seperti ini:

Untuk Mozilla FirefoxKlik Ctrl + Shift + Del > Lalu klik Clear Now.
Untuk Google ChromeKlik Ctrl + Shift + Del > Lalu klik Clear Data.

Kalau sudah, restart browser, lalu coba cek kembali.

5. Situs Sedang Sibuk? Bisakah Diatasi?

Situs Down

Beda dengan masalah setting jaringan yang bisa diperbaiki sendiri, atau provider gangguan yang bisa kita carikan solusi alternatifnya.

Untuk masalah situs sibuk, sayangnya ini tidak bisa kita perbaiki sendiri. Padahal, masalah ini muncul sama seringnya dengan keempat poin sebelumnya.

Lantas, adakah solusinya?

Tentu saja ada. Saya sudah pernah memikirkan masalah ini, dan sudah pernah saya bahas juga di artikel Cara Membuka Situs Sibuk (Down) Jadi Normal Lagi.

Silakan dicoba dulu, semoga efektif.

Akhir Kata

Mengatasi masalah “connection timed out“, saya pikir nggak begitu sulit, ya. Karena pada dasarnya, hal ini bukan suatu masalah besar, asalkan semua pengaturan jaringan sudah benar.

Melalui cara-cara di atas, pesan yang saya alami belakangan ini pun sudah berkurang, bahkan hingga jarang lagi ditemui. Semoga saja, solusi tersebut pun efektif juga untuk Anda, ya.

Ingin bertanya sesuatu? Anda bisa kirimkan lewat kolom komentar di bawah.

Semoga bermanfaat.

0 Shares:
2 comments
  1. Tulisan saudara ini sangat bermanfaat. Saya mencari di Google dengan keyword "mengatasi Connection timed out" dan muncul di halaman wahid hasil pencarian adalah situs saudara ini. Saya klik dan diharahkan ke halaman ini.

    Ternyata, bukan hanya artikel ini. Masih banyak artikel lain yang memberikan solusi dari beragam masalah praktis yang dialami orang termasuk saya. Situs Anda sangat apik dan cukup lengkap bagi yang membutuhkna solusi seputar komputer dan internet.

    Saya doakan situs Anda semakin maju dan berkembang karena telah memberikan pemecahan masalah yang dialami orang lain. Jangan pernah berhenti berbuat kebaikan termasuk dalam membagikan artikel tips karena tidak ada balasan kebaikan selain kebaikan pula. Itu kata Allah SWT dalam Al Qur'an surah Arrahman ayat 60, bukan kata saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like