Suka Belanja Online? Yuk Ketahui Apa Itu Flash Sale

Apa Itu Flash Sale

Suka belanja secara online? Saat ini belanja di online shop maupun marketplace memang sangat digemari.

Alasannya beragam, paling sederhana ialah kita bisa mendapatkan barang-barang yang diinginkan dengan harga murah, lebih terjangkau.

Dan buat yang sudah familiar, pasti kenal dong istilah Flash Sale?

Banyak marketplace maupun toko online yang sering mengadakan promo ini. Nah, terus Flash Sale itu apa sih? Apa saja keuntungan belanja di Flash Sale? Yuk ketahui secara singkat :

Apa Itu Flash Sale?

Apa itu Flash Sale? Flash Sale adalah sebuah acara diskon atau promo barang yang diadakan oleh E-Commerce (Toko online / Marketplace) dalam jangka waktu tertentu. Kita bisa mendapatkan berbagai keuntungan dengan mengikuti acara ini. Diantaranya harga yang didapat akan jauh lebih murah.

Flash Sale sendiri saat ini sudah umum ditemukan di Indonesia. Contoh sederhana seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shopee dan lain sebagainya terdapat loh promo Flash Sale.

Saya sendiri juga pernah loh mengikuti Flash Sale beberapa kali.

Keuntungan Belanja Di Flash Sale

Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapat dengan belanja di Flash Sale. Apalagi mengingat periode waktu belanja yang diberikan terkadang relatif singkat.

Nah, apa saja sih?

Baca Juga : Sudah tahu belum apa itu PO? Kalau belum, yuk ketahui Arti PO

1. Harga Jauh Lebih Murah

Dapat Harga Diskon

Harga barang di Flash Sale selalu terdapat potongan (Diskon) yang lumayan. Biasanya paling kecil sekitar 10 – 20% dari harga barang normal.

Coba bayangkan saja kalau barang yang ingin dibeli seharga ratusan ribu atau jutaan rupiah. Bisa hemat puluhan hingga ratusan ribu dalam sekali belanja.

Bukan hanya itu saja, bahkan ada juga acara Flash Sale unik yang menjual barang mahal senilai jutaan rupiah hanya dengan harga beberapa ribu rupiah saja.

Lebih lanjut lagi bahkan Bukalapak pernah mengadakan Flash Sale mobil harga mulai dari 12 ribu rupiah. Wah murah banget kan?

2. Bisa Mendapatkan Barang Langka (Limited Edition)

Dapat Barang Limited

Barang langka yang susah dicari tidak jarang dijual oleh penjual melalui Flash Sale. Alasannya bermacam-macam, salah satunya ialah karena sistemnya yang mudah diikuti.

Istilahnya sih barang Limited Edition. Alias barang yang diproduksi dan dijual dalam jumlah unit yang terbatas.

Dari sisi pembeli seperti kita sendiri ini merupakan salah satu keuntungan. Mengingat kalau barangnya langka, maka tentu lewat Flash Sale kita bisa mendapatkan barang tersebut.

Menarik bukan?

3. Bisa Membeli Barang Yang Baru Launching

Beli Barang Baru Launching

Banyak pabrik, merk resmi dan lain sebagainya saat ini yang juga melakukan penjualan barang melalui toko atau marketplace online. Hal lainnya tidak jarang juga mereka menjual barang yang baru launching melalui Flash Sale.

Jenis barangnya banyak loh. Elektronik, alat rumah tangga, otomotif dan lain-lain. Bahkan saya sendiri juga pernah ikut Flash Sale Smartphone yang baru saja diluncurkan.

Keuntungan membeli barang yang baru launching. Kita bisa mengetes barangnya terlebih dahulu sebelum orang-orang lain.

Atau nggak perlu lagi menunggu sampai barang tersedia di Offline Store, yang notabene butuh waktu lebih.

4. Pengiriman Pesanan Terkadang Lebih Cepat

Kiriman Barang Lebih Cepat

Untuk beberapa seller ada yang menjadwalkan pengiriman Flash Sale dan penjualan normal berbeda. Sehingga terkadang pengiriman pesanan dilakukan lebih cepat dari biasanya.

Alasan lainnya ialah karena kebanyakan produk Flash Sale sudah ready stock. Jadi bahkan mungkin tinggal dikirim saja begitu order sudah masuk.

Buat yang nggak sabar menunggu barang sampai, tentu ini merupakan salah satu kelebihan tersendiri bukan?

Baca Juga : Testimoni itu penting! Karena itu Pengertian Testimoni berikut perlu diketahui.

Tips Ikut Flash Sale

Yang namanya Flash Sale produk yang tersedia mungkin terbatas. Jadi jangan heran kalau Anda tiba-tiba kehabisan, apalagi kalau memang peminatnya ada banyak.

Karena itu, ketahui juga beberapa tips berikut kalau ingin mengikuti Flash Sale :

Pastikan Internet Yang Dipakai Stabil

Kalau ingin mengikuti Flash Sale barang limited, maka yang harus dipastikan pertama kali adalah internet yang dipakai harus stabil. Baik itu dalam segi respon maupun kecepatan.

Catat Jadwal Flash Sale

Sebelum diadakan terkadang pelanggan bisa mendapatkan informasi jadwal Flash Sale dari E-Commerce. Catat supaya tidak ketinggalan ya.

Bersiap Sebelum Flash Sale Dimulai

Tips umum yang banyak diberikan, yakni Anda harus stay terlebih dahulu, minimal 5 menit sebelum Flash Sale dimulai. Ini untuk memastikan Anda bisa jadi pembeli yang pertama dan tidak kehabisan barang.

Pakai Gadget Bagus

Gadget juga pengaruh loh. Bayangkan saja, apa jadinya kalau mau belanja Flash Sale tiba-tiba HP macet? Wah jangan sampai!

Pilih Metode Pembayaran Yang Mudah

Proses barang Flash Sale baru bisa dilakukan ketika Anda telah menyelesaikan metode pembayaran. Untuk itu, direkomendasikan untuk memilih metode pembayaran yang menurut Anda paling cepat dan paling mudah dilakukan.

Akhir Kata

Begitulah pembahasan tentang pengertian Flash Sale. Kalau hobi belanja online, sekarang sudah nggak bingung lagi dan paham ya tentang Flash Sale.

Ingin berbagi pengalaman seputar mengikuti acara Flash Sale? Boleh. Kirimkan saja ya lewat kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like