√ 6+ Cara Mengatasi Kamera HP Buram, Tidak Jernih | Berhasil!

Kamera HP Buram Tidak Jernih

Kamera pada smartphone merupakan salah satu fitur wajib yang sering digunakan saat ini. Tidak heran, semakin hari, kualitas kamera HP semakin canggih pula.

Beberapa tipe HP bahkan memiliki kamera yang tembus lebih dari 20MP, serta diperkaya dukungan sensor-sensor keren.

Kualitas gambar yang dihasilkan tentu dipengaruhi oleh spesifikasi kamera HP itu sendiri. Semakin tinggi spesifikasi HP, biasanya kamera yang dimilikinya pun semakin bagus.

Nah, terlepas dari hal tersebut, pernahkah Anda mengalami kamera HP tampak buram? Ketika memotret, hasil foto yang didapat menjadi tidak jernih, cenderung gelap, bahkan terkesan banyak noise.

Buat yang hobi memotret, apalagi selfie, hal ini tentu saja merepotkan.

Kenapa Sih Kamera HP Bisa Buram?

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kamera HP menjadi buram. Beberapa penyebab di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Kotoran yang menempel pada lensa kamera, entah terlihat atau tidak (kadang berupa minyak, akibat lensa pernah tersentuh kulit).
  • Kamera terganggu lensa casing tambahan yang kualitasnya kurang bagus.
  • Kualitas kamera HP yang kurang memadai.
  • Lensa HP bermasalah.

Kalau kualitas kamera yang kurang memadai, sehingga gambar terlihat kusam, itu kebanyakan terjadi di HP-HP keluaran lama (tidak mutlak). Sebab, kamera pada HP terbaru saat ini mayoritas sudah mendukung spesifikasi yang relatif baik.

Baca juga: Cara Mengatasi Kamera HP Eror, Tidak Bisa Dibuka (Normal Lagi).

Cara Mengatasi Kamera HP Buram, Tidak Jernih, dan Kusam

Nah, jika kamera sudah terlanjur buram, adakah cara untuk memperbaikinya?

Iya, tentu saja ada. Di sini saya ingin membahas beberapa solusi, jika Anda mengalami hasil foto dari kamera HP buram, supaya bisa jernih lagi.

Solusi ini bisa diterapkan di semua HP, baik itu Xiaomi, ASUS, Samsung, OPPO, Vivo, dan semua merk Android lainnya yang bisa ditemui (asal ada kameranya, dong).

Berikut pembahasannya:

1. Bersihkan Dulu Kamera HP

Bersihkan Kamera HP

Kotoran bisa menempel ke lensa kamera HP tanpa kita sadari. Hal ini bisa sangat berpengaruh ke kualitas gambar, lho. Dampaknya, hasil foto bakal menjadi lebih buram.

Kotoran yang dimaksud di sini, meliputi kotoran yang nampak maupun tidak.

Terkadang mungkin cukup jelas penampakan kotorannya, terkadang hanya sebatas debu yang menempel saja, atau mungkin bisa juga berupa minyak jika kita pernah menyentuhnya secara tidak sengaja.

Cara membersihkannya sangat mudah, kok:

  1. Matikan HP terlebih dahulu.
  2. Ambil kapas atau tisu.
  3. Gosok perlahan kamera HP sampai bersih.
  4. Nyalakan kembali HP, kemudian tes kameranya.

Selain membersihkannya dengan cara kering, Anda juga bisa menggunakan cairan LCD cleaner supaya lebih bersih hasilnya.

Jika tidak ada, alternatif lainnya bisa gunakan juga sedikit minyak bersih (kayu putih, baby oil, VCO, dsb) yang diteteskan ke tisu (sekitar 1-2 tetes), atau menggunakan pasta gigi.

Caranya begini:

  1. Matikan HP terlebih dahulu.
  2. Beri kamera dengan pasta gigi misalnya (tidak perlu banyak).
  3. Lalu gosok perlahan pada kamera HP dengan kapas/tisu.
  4. Terus gosok sampai pasta gigi yang menempel tersebut hilang.
  5. Bisa diakhiri dengan mengelapnya kembali dengan tisu kering.

Dengan cara ini, dijamin kamera bakal lebih bersih. Sebab, pasta gigi memang punya sifat mengangkat kotoran dengan baik.

Ragu? Coba deh cek video ini:

PS: Untuk pasta giginya pakai yang putih supaya bisa maksimal waktu membersihkannya. Bisa juga gunakan sedikit air kalau memang diperlukan (hanya sebatas melembabkan).

2. Pakai Selotip di Kamera

Selotip Di Kamera HP

Cara ini sangat menarik untuk dilakukan. Memanfaatkan selotip yang ditempelkan di kamera, agar hasil fotonya tidak blur dan menjadi lebih jelas.

Mending langsung coba sendiri, deh, untuk melihat hasilnya. Silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Ambil sedikit selotip, potong supaya tidak terlalu besar.
  2. Tempelkan ke kamera, dan sesuaikan.
  3. Pastikan selotip sudah tertempel dengan benar dan tidak meninggalkan celah.

Ingat, jangan menyentuh dan mengotori bagian selotip pada kamera. Jika selotip sampai kotor, maka kamera akan lebih buram, bahkan lebih parah dari sebelumnya.

Jika masih bingung soal pemasangannya, atau ingin mengetahui hasil akhirnya, Anda bisa cek video berikut ini:

Kamera yang tadinya agak buram menjadi lebih jelas hanya dengan selotip tadi. Cara ini rasanya akan sangat cocok untuk diterapkan di HP-HP jadul, ya?

3. Lepas Casing HP

Lepas Case Kamera HP

Buat Anda yang menggunakan casing tambahan, khususnya jika ada pelindung lensa kamera, Anda bisa coba untuk melepasnya terlebih dahulu. Karena bisa jadi ini yang merupakan penyebab dari masalah kamera buram di HP Anda.

Alasannya, kamera terhalang oleh casing atau pelindung tersebut, sehingga tidak bisa mengambil gambar objek secara langsung. Jadi, kalau kualitasnya kurang bagus, sudah lecet, atau bahkan kotor, efeknya bisa membuat gambar jadi tidak jernih.

Kalau masih ingin dipakai, coba bersihkan dulu menggunakan pasta gigi seperti cara membersihkan lensa tadi.

4. Pakai Hair Dryer

Pakai Hair Dryer Ke Kamera

Selain kotoran, masalah kamera berembun juga bisa jadi penyebab hasil foto yang tidak jelas. Ini biasa terjadi ketika HP terkena air, seperti kehujanan misalnya.

Embun yang menempel pada lensa umumnya akan hilang sendiri. Namun, tidak semua demikian. Pada beberapa tipe HP, embun yang ada mungkin membutuhkan waktu lama sampai benar-benar kering. Itu pun terkadang masih menimbulkan bekasnya.

Untuk mengatasinya, Anda bisa coba pakai hair dryer.

  1. Matikan HP terlebih dahulu, dan lepas baterainya jika memungkinkan.
  2. Aktifkan hair dryer, atur suhu ke yang paling rendah.
  3. Hangatkan HP dari jauh, khususnya ke bagian kamera. Bisa diarahkan dari pinggir HP juga.
  4. Pastikan suhu HP tidak menjadi terlalu panas sangat dikeringkan menggunakan hair dryer.

Kalau mau lebih bagus lagi, selain menggunakan hair dryer, bisa coba bongkar casing, kemudian bersihkan kameranya secara manual.

5. Ganti Lensa HP

Ganti Lensa Kamera

Lensa HP bisa diganti, kok. Makanya nggak perlu khawatir kalau misalnya lensa pecah, apalagi hanya sekedar kotor saja.

Untuk mengganti lensa HP juga bisa dilakukan sendiri. Sedangkan komponennya nanti bisa dibeli secara online jika tidak tersedia di daerah sekitar kita.

Namun tentu saja Anda harus membongkar HP-nya. Kalau nggak bisa, saya sarankan lebih baik dibawa saja ke tempat service.

6. Reset Pengaturan Kamera

Reset Kamera HP

Pengaturan kamera bisa meningkatkan atau menurunkan kualitas dari hasil potret. Jadi, jangan heran kalau salah pengaturan bisa mengurangi kualitas gambar, hingga cenderung menjadi gelap atau buram.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan pengaturannya. Pertama, dengan menghapus data aplikasi kamera. Langkahnya:

  1. Buka Setelan Android.
  2. Masuk ke Aplikasi.
  3. Cari Kamera.
  4. Lalu ketuk Hapus Data.
  5. Dengan begitu, pengaturan kamera akan kembali menjadi default.

Sedangkan cara yang kedua, Anda bisa coba pakai aplikasi kamera lain yang bisa didapatkan dari Playstore. Misalnya Google Camera. Ini bisa jadi alternatif untuk membuat hasil foto menjadi lebih jelas.

Akhir Kata

Demikian cara mengatasi kamera HP yang buram. Dengan cara-cara yang saya bagikan di sini, Anda bisa membuat hasil kamera menjadi lebih jernih, atau setidaknya meminimalisir buram pada kamera.

Gimana kalau belum bisa?

Nah, kalau belum bisa, Anda harus mempertimbangkan untuk mengganti HP. Apalagi kalau pakai HP yang tergolong jadul. Ini tidak bisa diperbaiki, karena sudah bawaannya yang kurang memadai.

Semoga bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like