Cara Melacak HP Dengan Email

Cara Melacak HP Dengan Email

Lacak HP Menggunakan Email – Ketika kita kehilangan HP, rasanya pasti campur aduk, ya. Mungkin kesal, bingung, sedih, bahkan khawatir akan data dan privasinya.

Apalagi kalau di dalamnya terdapat file-file penting, baik itu berupa foto, video, akun media sosial, data kerjaan, dan sebagainya. Bisa dibayangkan, kalau seluruh file penting yang dikumpulkan selama bertahun-tahun itu hilang dalam sekejap!

Apa yang Mesti Dilakukan Jika HP Hilang?

Inisiatif pertama yang sebaiknya dilakukan saat kita mengalami HP hilang adalah melacaknya. Ini seperti yang dulu pernah saya lakukan, sebelum akhirnya HP saya bisa ditemukan lagi.

Sebelum kita lanjut, di sini ada yang ingin saya infokan terlebih dahulu.

Jadi, di saat HP hilang, seharusnya HP tersebut masih bisa dilacak. Apalagi jika Android. Kenapa demikian?

Alasannya, karena di smartphone saat ini, rata-rata sudah tertanam fitur GPS yang memungkinkan kita bisa mendeteksi posisi keberadaan HP.

Ditambah lagi, teknologi internet sekarang yang sudah sangat maju, sehingga bisa menetapkan titik lokasi HP terlacak dengan tepat dan lebih akurat.

Cara Melacak HP Android yang Hilang dengan Email (Gmail)

Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk melacak posisi HP hilang. Bahkan, aplikasi seperti ini sudah bertebaran di Playstore.

Tapi yang menurut saya paling relevan, Anda sebaiknya menggunakan Android Device Manager atau Google Maps.

Anda bisa menerapkan kedua aplikasi tersebut di sistem Android, dan di semua merk HP, seperti Samsung, Lenovo, Xiaomi, ASUS, OPPO, VIVO, Huawei, Evercoss, dan lain-lain.

Gimana caranya? Yuk, kita bahas di bawah ini:

1. Cara Lacak HP Hilang Menggunakan Email (Android Device Manager)

Android device manager

Android Device Manager (biasa disingkat ADM) merupakan metode yang paling banyak direkomendasikan, serta biasa digunakan oleh para pengguna Android ketika HP-nya hilang atau dicuri.

Aplikasi ini mendukung sebuah maps yang menampilkan secara detail letak posisinya. Mulai dari komplek, jalan, bahkan tempat (restoran, mall, hotel, dsb).

Cara pakainya seperti ini:

1. Silakan akses terlebih dahulu Android Device Manager. Aplikasi ini bisa dijalankan di komputer maupun Android. Buka lewat halaman berikut:

https://www.google.com/android/find?hl=id

2. Kalau situsnya sudah terbuka, silakan login dengan Gmail yang digunakan pada HP hilang tersebut. Ini wajib, dan harus menggunakan email yang sama. Jadi, jangan sampai lupa password-nya, ya.

lacak hp dengan gmail

3. Setelah Anda berhasil login, maka ADM akan menampilkan lokasi HP Anda sekarang berada di mana. Sebagai contoh, silakan cek gambar di bawah ini:

Lacak HP Memakai Device Manager

Selain memiliki fungsi untuk melacak dengan lewat email, Android Device Manager juga memiliki beragam fitur yang sangat membantu saat HP Anda sedang hilang.

Tips Memakai Android Device Manager

  • Mengatur HP yang Hilang Agar Bersuara: Kalau posisi HP sudah ketemu, Anda bisa mengecek letak pastinya dengan menggunakan tombol Dering. Dengan fitur tersebut, maka nantinya HP akan mengeluarkan nada dengan volume keras selama beberapa menit (tidak bisa dihentikan dari HP).
  • Mengunci HP Android Sementara: Kalau letak HP-nya sudah ditemukan, tapi khawatir datanya dihapus, Anda bisa coba mengunci HP Android tersebut. Cukup tekan Kunci Perangkat, maka perangkat pun akan aman.
  • Menghapus Data: Kalau Anda sudah pasrah, dan merasa yang penting data aman, maka Anda bisa menghapus seluruh datanya. Klik tombol Hapus Data. Tapi dengan catatan, HP tidak bisa terlacak lagi setelahnya.

2. Cara Melacak HP Hilang dengan Gmail (Lewat Google Maps)

Maps

Kalau Google Maps ini biasanya dipakai untuk pelacakan Android, dalam radius wilayah yang cukup tinggi. Sebagai gambaran, bisa coba cek video berikut ini:

Di sini kita akan menggunakan fitur bernama Location History, yang berfungsi untuk mendeteksi posisi terakhir HP, ketika sedang terhubung di internet. Cara ini cocok untuk yang barangkali kena copet, jambret, dan lain-lain.

Perlu diingat juga, di sini kita harus memastikan bahwa fitur Bagi Lokasi sudah menyala (melalui Options Location Sharing), agar teman-teman kita yang telah melakukan Add Friends bisa melacak HP kita.

Jadi, cara ini bisa dibilang sebagai alternatif, ya.

Sudah Melacak Memakai Email, Tapi Tidak Ditemukan?

Agar bisa menerapkan cara di atas, setidaknya ada tiga hal utama yang perlu dipenuhi terlebih dahulu, di antaranya:

  • HP Harus Terhubung ke Internet: Bertujuan agar HP bisa tersambung ke layanan aplikasi pelacak. Tanpa koneksi, maka HP akan terdeteksi offline, sehingga tidak bisa update lokasi.
  • HP Harus Sudah Login Gmail, dan Masih Bisa Diakses: Setiap HP Android pasti memiliki akun Google di dalamnya. Anda harus selalu ingat aksesnya, baik email maupun password-nya. Kalau Anda gunakan 2 email atau lebih, cukup pilih salah satunya.
  • Fitur GPS Harus Sudah Menyala: GPS ini berfungsi untuk menunjukkan di mana posisi HP berada. Jika fitur ini nonaktif, maka deteksinya hanya akan menunjukan posisi terakhir saja.

Tanpa memenuhi syarat tersebut, Anda tidak akan bisa menemukan letak posisi HP Anda secara tepat. Khususnya jika Anda menggunakan Device Manager.

Adakah Cara Lainnya Untuk Melacak Keberadaan HP?

Ada beberapa cara untuk mengecek posisi HP yang hilang. Entah itu karena kena curi, copet, jambret, atau sebagainya. Di antaranya melalui GPS seperti yang saya bilang di atas, atau dengan IMEI dan nomor HP.

Untuk IMEI, dari apa yang saya baca di detik, HP yang hilang memang mungkin dilacak lewat IMEI. Namun, cara ini harus melalui persetujuan operator terlebih dahulu.

Masalahnya, di Indonesia ini masih belum ada peraturan di mana masyarakat biasa seperti kita bisa meminta operator untuk melacak lewat IMEI ini, dengan alasan privasi.

NB: Pernyataan ini diajukan tahun 2014 lalu. Jadi, bisa saja kurang relevan di masa sekarang atau ke depannya.

Untuk metode lacak menggunakan nomor HP, kebanyakan tutorial yang saya dapati adalah metode dengan menggunakan tips pencarian HLR.

Sebenarnya, ini bukan berfungsi untuk mengetahui letak perangkat, melainkan untuk mengetahui di mana kartu SIM (yang ada di dalam HP) dibuat.

Mencari Nomor HLR
Dikutip dari situs www.ceebydith.com

Misalnya, posisi HP saya ada di Bandung. Lalu saya coba memasukkan nomor HP untuk dicari HLR-nya. Hasilnya, posisi akan terdeteksi di Jakarta, karena memang kartu SIM nomor saya dibuat di sana.

Jadi, dari sana bisa saya simpulkan bahwa hanya dua cara yang saya bahas di atas sajalah yang merupakan cara paling akurat. Karena kita bisa langsung mendapatkan letak posisi Android secara pasti.

Selain itu, kedua cara di atas juga sudah banyak sekali direkomendasikan. Bahkan situs-situs luar negeri pun banyak menyarankannya.

(Wajib Baca) Tips Kalau Anda Ingin Mendatangi Lokasi HP

Setelah HP diketahui lokasi pastinya, kita sejatinya hanya perlu mendatangi dan menyalakan fitur dering (kalau memakai ADM).

Tapi, apakah sesimpel itu?

Tentu saja tidak. Demi alasan keamanan, Anda harus membawa teman, setidaknya 2
orang, atau akan lebih baik jika Anda punya kenalan dari pihak berwajib.

Tips ini sering dilupakan, padahal ada resiko menanti jika mendatangi lokasi HP hilang sendirian. Mengingat kemungkinan besar HP Anda bukan berada di tangan ‘orang baik’.

Cara Mencegah HP Hilang Untuk ke Depannya

Untuk ke depannya, ada beberapa tips yang sangat saya sarankan, demi mencegah terulangnya kondisi serupa.

Saya selalu menerapkan hal ini. Sampai sekarang, HP saya selalu bisa dilacak, bahkan sekalipun tertinggal di tempat umum.

Cocok jika Anda punya inisiatif membeli HP baru.

Pertama: Pastikan koneksi internet data seluler selalu menyala, sekalipun Anda terus menggunakan WiFi. Perhatikan masa aktif kartu, kuota, dan jangkauan sinyal.

Menyalakan Data
Pastikan Data Seluler Menyala

Kedua: Catat dan simpan baik-baik akses akun Google yang Anda gunakan, baik email maupun password-nya. Tujuannya agar nanti Anda tidak lupa. Bisa cek di Settings > Akun > Google.

Mengetahui Gmail Android

Ketiga: Selalu nyalakan GPS. Letaknya bisa Anda temukan di Settings > Lokasi > Aktifkan GPS.

Baca juga: Cara Mengaktifkan GPS dan Cara Kalibrasi GPS.

Aktifkan GPS HP

Keempat: Pastikan HP Anda dalam keadaan terkunci. Bisa gunakan fingerprint, sandi, atau pola. Tujuannya untuk mencegah pencuri, agar ia tidak bisa menonaktifkan GPS atau koneksi internet dalam waktu singkat.

Beri Sandi HP

Tips tersebut memang hanya sebatas pencegahan. Tapi yang terbaik, tentu saja Anda harus lebih waspada ke depannya. Selalu bawa HP Anda kalau sedang ada di luar, dan hanya meletakan HP di tempat yang masih bisa Anda perhatikan.

Penutup

Mungkin cukup sekian artikel kita kali ini. Saya harap, masalah Anda bisa terbantu dengan adanya artikel ini.

Nah, jika Anda punya pengalaman saat melacak HP hilang, terutama menggunakan email, saya harap Anda mau membagikannya di sini.

Dengan begitu, Anda bisa berbagi kebaikan dengan para pengunjung lain situs ini, karena bisa berbagi informasi dengan mereka yang membutuhkan.

Semoga bermanfaat

0 Shares:
5 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
USB Debugging Adalah
Baca Yuk!

USB Debugging Adalah

Sharing sedikit, yuk. Anda yang merupakan seorang pengguna Android, mungkin sudah pernah dengar istilah USB Debugging bukan? Yup,…