Cara Mengaktifkan GPS HP Android

Cara Mengaktifkan GPS di HP

Cara Mengaktifkan GPS – GPS adalah sebuah fitur yang memungkinkan lokasi HP terdeteksi oleh satelit. Jadi, asalkan fitur tersebut menyala, maka HP otomatis bisa diketahui posisinya.

Sayangnya, banyak orang yang lebih memilih untuk menonaktifkan fitur ini. Itu mungkin dikarenakan GPS dianggap hanya menambah beban konsumsi daya baterai saja.

Padahal GPS tidak bisa dikatakan merugikan. Sebab dengannya, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Iya, di antaranya seperti diketahuinya posisi HP, seperti yang sudah disinggung tadi.

Cara Mengaktifkan GPS di HP Android (Semua Tipe)

Bagi yang sudah paham, mungkin menyalakan atau mematikan fitur ini terbilang sangat mudah. Tapi, bagaimana untuk yang belum tahu?

Jangan salah, tema ini mungkin masih banyak ditanyakan oleh orang-orang yang masih awam soal smartphone, khususnya Android.

Ada dua alasannya:

  • Pertama, karena memang tidak tahu.
  • Kedua, karena pengaturan GPS-nya tidak bisa ditemukan.

Nah, berikut ini akan saya jelaskan tutorialnya.

Berlaku untuk semua merk HP Android, Samsung, ASUS, Xiaomi, OPPO, Vivo, Lenovo, Huawei, Meizu, dan lain-lain.

Nyalakan Fitur GPS Melalui Setelan

Di setelan HP Android, terdapat berbagai macam konfigurasi sistem yang bisa kita atur sedemikian rupa, agar sesuai dengan keinginan.

Berkaitan dengan GPS, kita juga bisa melihat dan mengaturnya melalui menu Lokasi.

Untuk caranya, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1. Pertama, silakan buka Setelan HP Android.

Langkah 2. Selanjutnya, cari menu Keamanan & Lokasi. Pilih menu tersebut.

Setting Keamanan Dan Lokasi

Langkah 3. Geser halaman tersebut ke bawah, maka Anda akan mendapati opsi Lokasi.

Setting Lokasi Pada Android

Langkah 4. Tap dan aktifkan GPS di sana.

Cara Mengaktifkan GPS HP

Setelah GPS diaktifkan, maka secara otomatis, lokasi HP Anda sudah terlacak secara real-time sekarang.

Pengaturan tersebut bisa dibilang universal, ya. Dalam artian berlaku untuk segala jenis HP. Namun tata letaknya kadang bisa berbeda dengan yang saya contohkan di atas.

Oleh karena itu, jika Anda mendapati perbedaan tata letak dan istilah, silakan coba variasi berikut ini:

  • Buka Setelan > Lokasi > Aktifkan GPS di sana.
  • Buka Setelan > GPS > Lalu aktifkan.
  • Buka Setelan > Keamanan > Lokasi > Lalu aktifkan GPS.
  • Buka Setelan > Privasi > Lalu aktifkan Lokasi.
  • Buka Setelan > Setelan Tambahan > Lokasi > Aktifkan di sana.

Nah, jika dari variasi di atas belum ada yang cocok juga dengan tata letak di HP Anda. Silakan Anda gunakan kolom search yang ada di bagian atas untuk mempermudah pencarian menunya.

Ketikkan “lokasi“, maka nanti akan muncul menu untuk mengaktifkannya.

Cari Pengaturan Lokasi

Beda dengan dulu. Semua HP Android saat ini umumnya sudah memiliki fitur search di setelannya. Jadi, cara ini sangat patut dicoba.

Nyalakan Fungsi GPS Lewat Panel Status Bar

Selain cara di atas, yang notabenenya ribet dan panjang, Anda juga bisa menyalakan GPS dengan cara yang lebih simpel.

Di bagian panel status bar, alias menu yang terdapat di bagian atas HP, Anda tentu tahu ada banyak tombol shortcut di sana bukan?

Silakan perhatikan lagi. Biasanya terdapat pula shortcut untuk mengaktifkan GPS di sana. Tinggal geser ke bawah, cara icon lokasi, lalu tap icon tersebut.

Nyalakan GPS Android

Baca Juga: Cara Kalibrasi GPS Supaya Lacak HP Jadi Akurat

Pengaturannnya Masih Belum Ketemu?

Jika Anda memakai HP atau tablet Android keluaran lama, terkadang pengaturan GPS tersebut masih tidak bisa ditemukan, meski sudah dicari secara teliti dan mendetail.

Penyebab sebenarnya bukan terletak dari masalah tanggal rilis, melainkan apakah gadget tersebut sudah punya fitur GPS? Jangan-jangan belum lagi.

Soalnya, kebetulan saya sendiri pernah punya HP Android yang tidak ada fitur GPS-nya. Kalau tidak salah HP tersebut rilis tahun 2013.

Nah, sewaktu saya cek pengaturannya, ternyata tidak ada menu lokasi maupun GPS.

Untuk itu, penting agar Anda mengecek terlebih dahulu, apakah HP yang Anda gunakan tersebut sudah support GPS atau belum. Caranya, bisa coba cari spesifikasi dari tipe HP yang Anda pakai melalui Google.

Biasanya pada pencarian Google akan muncul situs-situs khusus spesifikasi, layaknya GSMArena. Contoh HP yang sudah support GPS seperti berikut:

Mengecek GPS Di GSMArena
GSMArena.com

Semoga jelas, ya.

Manfaat GPS untuk HP

Seperti yang saya katakan di awal tadi, untuk sebagian orang, fitur GPS memang kadang suka dinonaktifkan supaya baterai bisa lebih hemat.

Meski demikian, sebenarnya fitur GPS ini punya beragam manfaat, lho. Terutama kalau dilihat dari segi keamanan dan pengaktifan fitur pada suatu aplikasi.

Misalnya:

Melacak HP Hilang: Sebagian besar HP yang hilang, hanya bisa dilacak kembali ketika fitur GPS dan koneksi internet sudah menyala. Karena dengannya, HP akan tetap terhubung ke satelit, sehingga jelas posisinya.

Selanjutnya, Anda tinggal mencarinya dengan metode lacak HP dengan email atau lacak Android menggunakan IMEI.

Mengaktifkan Suatu Fitur Pada Game: Pada game tertentu, ada yang membutuhkan GPS supaya bisa dimainkan. Contoh paling mudah adalah Pokemon GO yang sempat populer beberapa tahun lalu.

Otomatis Deteksi Lokasi Pada Aplikasi Marketplace: Untuk beberapa aplikasi marketplace, kita tidak perlu lagi memasukkan alamat pengiriman secara manual. Cukup aktifkan GPS, maka alamat bisa dideteksi secara otomatis.

Memakai Aplikasi Gojek, Grab, dan Sejenisnya: Cara kerja aplikasi ini membutuhkan dukungan fungsi GPS, agar driver bisa mengetahui posisi kita saat memesan transportasi.

Begitulah kira-kira. Itu masih sebagian saja, ya. Saya yakin masih banyak juga manfaat lainnya yang belum tertulis. Terutama jika bicara dengan hal yang berhubungan dengan keamanan.

Penutup

Tutorial untuk menyalakan GPS di HP Android ini saya buat untuk Anda yang barangkali masih awam. Jujur saja, awal-awal saya pegang Android juga saya sempat bingung di mana setelan lokasi GPS berada.

Saya harap, langkah-langkahnya sudah cukup jelas untuk diterapkan, serta menjawab seluruh pertanyaan Anda soal fungsi GPS di HP Android.

Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like