Mengenal VoLTE

Mengenal Apa itu VoLTE dan Fungsinya

Jaringan 4G di smartphone terus berkembang. Dan di jaringan 4G, juga terus muncul inovasi baru, salah satunya yang terkenal ialah layanan VoLTE.

Layanan VoLTE ini tersedia di beberapa operator Indonesia, serta bisa ditemui fiturnya di sebagian seri HP tertentu. Utamanya yang keluaran terbaru.

Nah, untuk Anda yang ingin tahu apa itu layanan VoLTE dan penasaran bagaimana cara untuk mengaktifkannya, berikut akan saya bahas.

Apa itu VoLTE?

VoLTE adalah singkatan dari Voice Over Long Term Evolution. Merupakan salah satu inovasi dari pengembangan jaringan 4G, yang membuat pengguna bisa melakukan panggilan di jaringan 4G, serta membuat suaranya menjadi lebih jernih dan lancar.

Layanan ini sudah dipublikasikan sejak lama, dan pemakainya masih banyak sampai sekarang (termasuk saya).

Contoh operator yang mendukung layanan VoLTE ialah Telkomsel, XL Axiata, Smartren dan lain-lain. Untuk HP, hampir semua merk sudah mendukung VoLTE seperti Samsung, Vivo, Oppo, Xiaomi, Huawei dan lain-lain. Tapi hanya pada seri tertentu.

Kelebihan VoLTE

Selain bisa melakukan panggilan di jaringan 4G, ada beberapa kelebihan lain yang bisa didapat dengan menggunakan VoLTE ini. Diantaranya:

1. Suaranya yang Jernih

Kalau HP Anda support layanan VoLTE, ketika melakukan panggilan telepon, maka suaranya nanti akan menjadi lebih jernih.

Peningkatan suara ini mencapai kualitas HD (High Definition). Alasan peningkatannya ialah karena layanan VoLTE hanya menggunakan satu jalur data.

2. Sinyal Lebih Kuat

Ketika dipakai untuk telepon, layanan VoLTE memiliki kualitas sinyal yang cenderung lebih kuat, dikarenakan rentang frekuensi sinyalnya yang lebih tinggi. Yaitu antara 900 sampai 2300 Mhz.

Selain telepon, untuk upload dan download, di frekuensi tersebut juga lebih cepat lho. Bisa mencapai 300 MBps download dan upload 75 Mbps.

3. Lebih Hemat Daya Baterai

Kelebihan lain dari VoLTE, akan membuat HP yang mendukung menjadi lebih hemat baterai. Hal ini dikarenakan teknologi VoLTE yang sudah memakai 2FFT. Fungsinya untuk menghemat energi.

Selain untuk hemat baterai, 2FFT ini juga punya fungsi untuk mengoptimalkan sinyal di frekuensi yang lebih tinggi.

4. Tidak Memakai Kuota Tambahan

VoLTE bukan layanan internet ya. Kurang lebih sama seperti telepon biasa. Jadi tentunya VoLTE tidak memakai kuota tambahan.

VoLTE akan memakai pulsa saat kartu SIM dalam panggilan, dengan tarif yang sama seperti pada umumnya. Kalau mau hemat, ada juga paket telepon khusus 4G yang bisa Anda aktifkan.

Cek juga: Arti Unlimited pada Operator yang perlu diketahui

Cara Mengecek HP Sudah Mendukung VoLTE atau Belum

Untuk mengetahui HP sudah mendukung VoLTE atau belum, biasanya saya cek di situs resmi operator. Contoh salah satunya Telkomsel.

Kunjungi dulu halaman telkomsel.com/volte kemudian geser ke bawah, sampai Anda menemukan kolom Smartphone VoLTE Telkomsel. Lanjut pilih merk smartphone yang sesuai dengan HP Anda:

Pilih Merk HP VoLTE

Kalau sudah, maka semua seri HP yang mendukung layanan VoLTE akan muncul di sana.

Contoh Seri HP yang Support VoLTE

Oh ya, selain informasi merk dan seri HP yang mendukung VoLTE, di situs resmi operator juga akan menjelaskan daftar wilayah yang support. Tapi biasanya asalkan tempat Anda tinggal sudah mendukung 4G, maka VoLTE bisa dipakai.

Cara Mengaktifkan VoLTE di HP

VoLTE bisa diaktifkan dan dinonaktifkan sesuai kebutuhan. Nah, berikut panduannya. Catatan pastikan OS yang Anda pakai sudah ada di versi terbaru.

1. Buka pengaturan HP terlebih dahulu. Kemudian silakan pilih menu Koneksi.

Menu Koneksi di HP

2. Di menu koneksi, lanjut pilih menu Jaringan Seluler.

Opsi Jaringan Seluler di HP

3. Terakhir, silakan aktifkan opsi VoLTE pada jaringan yang Anda pakai.

Menyalakan Layanan VoLTE

4. Selesai. Setelah Anda mengaktifkan VoLTE, maka akan muncul icon layanannya di bagian atas layar HP (di dekat icon sinyal).

Cek juga: Arti Roaming Data di Operator dan Fungsinya

Akhir Kata

VoLTE di HP memiliki kelebihan bisa membuat pengguna melakukan panggilan di jaringan 4G. Selain itu, di VoLTE suara yang dihasilkan juga cenderung lebih jernih dan hemat baterai.

Nah, tapi tidak semua HP sudah mendukung VoLTE. Anda harus cek terlebih dulu, termasuk juga dari operatornya.

Masih punya pertanyaan tentang layanan VoLTE? Langsung saja kirim pertanyaannya lewat kolom komentar di bawah.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like