Cara Mengatasi Stik PC Rusak

Cara Perbaiki Stik PC Rusak Tidak Terdeteksi

Main game, memang paling nyaman itu ya kalau pakai stik atau joystick. Terutama di game yang ada elemen arcade atau dua player, seperti Dynasty Warrior atau PES misalnya.

Nah, untuk komputer, biasanya kita menggunakan stik khusus yang modelnya USB. Cara pakainya mudah. Tinggal sambung, stik bisa langsung dipakai.

Tapi kadang stik ini juga suka muncul masalah. Misalnya nggak terdeteksi sewaktu akan dipakai, atau suka disconnect sendiri di tengah penggunaannya.

Termasuk saya sendiri. Ketika dulu suka main PES pakai stik, juga suka menemui masalah ini. Wajar sih, karena di rumah pakai yang murah (40 ribuan), yang hanya dalam beberapa bulan kabelnya sudah suka bermasalah.

Bagaimana Cara Mengetahui Stik Masih Normal atau Tidak?

Untuk mengetahui stik apakah ada kerusakan atau tidak, sangatlah mudah. Yaitu melalui Device and Printers:

  1. Pertama, Anda bisa sambungkan stik terlebih dahulu
  2. Tunggu sampai terbaca (biasanya ada suara penanda)
  3. Kemudian klik Start, lalu buka Device And Printers
  4. Kalau terdeteksi Joystick, itu berarti stik PC Anda masih terdeteksi
Cek Stik Masih Normal Atau Tidak

Nah, sekarang coba klik kanan Joystick tersebut, lalu klik Properties. Di sana Anda bisa mengecek juga kondisi tombol keseluruhan (termasuk analog), apakah masih normal atau tidak.

Cara Mengatasi Stik PC yang Rusak, Tidak Terdeteksi, Not Recognized

Lalu balik ke pembahasan utama, bisakah stik ini diperbaiki? Saya yakin, banyak juga yang mengalaminya kan?

Untuk menjawab hal tersebut, di sini saya ingin melakukan sharing, apa saja kira-kira yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Siapa tahu berhasil.

#1. Uninstall Terlebih Dahulu Driver Joystick

Uninstall Driver Joystick

Kalau Anda ingat-ingat, waktu awal-awal beli stik tersebut, pasti ada kaset kecil bawaannya bukan? Nah, kaset tersebut isinya adalah driver.

Sudah hilang? Nggak perlu khawatir. Bukan kaset itu yang mau saya bahas.

Jadi gini, setiap kali joystick disambung, secara otomatis joystick tersebut akan langsung menginstal sebuah driver sistem, sebelum akhirnya terdeteksi dan bisa dipakai.

Masalahnya, kadang proses instalasi tersebut gagal, dan akhirnya joystick jadi tidak terdeteksi, sekalipun saat dicek lampu analognya masih bisa menyala.

Untuk mengatasi hal tersebut, coba uninstall dulu driver stiknya. Berikut caranya:

  1. Pada kolom search, ketik “Device Manager“.
  2. Buka hasil pencariannya.
  3. Cari dan klik kanan stik.
  4. Lalu klik Uninstall Driver Software.

#2. Lepas Kabel Joystick, Lalu Sambung Lagi Sampai Terdeteksi

Sambung ulang stik

80% masalah stik tidak terdeteksi, disebabkan karena kabelnya yang sudah tidak terpasang lagi dengan baik.

Maka dari itu, untuk mengatasi hal tersebut, yang paling mudah untuk kita lakukan, ialah melepas dan menyambungkannya secara berulang sampai normal kembali.

Kalau belum bisa juga, coba tekuk kabelnya. Periksa posisi mana yang kira-kira paling pas (lakukan dalam posisi stik tersambung ke PC). Kalau sudah dapat posisinya, pakai solatip kabel agar tidak berubah.

Ngomong-ngomong, cara ini hanya bisa dipakai kalau memang kabelnya masih tersambung, ya.

#3. Ganti Kabel Stik

Ganti Kabel Stik Dengan yang Lain

Kalau kabel joystick putus, biasanya akan muncul pesan “USB not recognized“. Kondisi ini banyak ditemui pada stik-stik murah (di bawah 40 ribuan), seperti yang biasa saya pakai.

Solusinya, kita bisa coba menyolder ulang kabel yang lepas. Gunakan multitester untuk mengetahui bagian mana yang rusak.

Namun kalau sudah benar-benar tidak bisa dipasang, kita butuh kabel penggantinya. Kabel tersebut tentu harus masih dalam kondisi normal. Bisa dari kabel bagian data atau power.

Catatan: Kalau nggak paham, saya pikir mending beli baru saja. Hehe.

Kalau Stik Terdeteksi, Tapi Tidak Bisa Dipakai di Game

Kalau game semacam PES, setelah stik disambung, mungkin kita bisa langsung mengaturnya, seperti yang pernah saya bahas di artikel Cara Setting Joystick PES 2017, 2018, 2019.

Tapi, untuk gamegame tertentu tidak begitu. Kadang ada juga yang tidak support, sehingga butuh cara tersendiri.

Cara apa yang dimaksud? Nah, ini juga saya pernah bahas di artikel Cara Main Game PC dengan 360CE.

Artikel tersebut membahas tentang cara supaya stik bisa terdeteksi dari mode DirectX (bawaan) menjadi mode XBOX. Dengan begitu, akan stik full support untuk gamegame terbaru.

Catatan: Pastikan stiknya masih terdeteksi di Device and Printer.

Mau Stik Lebih Awet? Coba Pakai Stik PS2

Stik PS2 dan PC sebenarnya sama. Bedanya hanya ada pada port yang digunakan saja.

Namun, kalau bicara soal suku cadang, stik PS2 tentunya saat ini jauh lebih banyak tersedia, mengingat dulu sempat populer di Indonesia.

Nah, di sini saya ada sedikit saran juga, nih. Anda bisa coba menggunakan stik PS2 yang disambungkan ke PC menggunakan converter. Ada yang bilang bisa jadi lebih awet, lho. Silakan baca artikelnya di sini.

Tapi tentunya hal ini tidak mengikat, ya. Kalau mau pakai stik PC langsung juga tidak masalah, kok. Baiknya sih coba beli yang versi bagusnya. Mungkin harganya di atas 150 ribuan, seperti Logitech, stik XBOX Windows original, dan sejenisnya.

Akhir Kata

Memperbaiki stik PC rusak itu memang bisa dilakukan. Namun tidak 100% dijamin berhasil, terutama jika kita masih awam soal elektronik.

Di pembahasan ini, saya tujukan untuk Anda yang masih pemula. Karena seperti yang saya bilang sebelumnya, pasti banyak yang mencari solusinya.

Kurang lebihnya mohon maaf, ya. Kalau ada yang mau ditanya, silakan kirimkan saja pertanyaan tersebut lewat kolom komentar di bawah.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like