Cara Mempercepat Internet Indosat Ooredoo

Seperti yang sudah kita ketahui, faktor sinyal jaringan seluler itu sangat mempengaruhi kecepatan internet serta kualitas koneksi yang digunakan.

Oleh sebab itu, nggak sedikit pengguna internet yang ingin mengoptimalkan jaringan selulernya, demi memperoleh kecepatan internet yang lebih baik.

Nah, buat Anda pengguna Indosat Ooredoo, maka Anda sudah datang ke tempat yang tepat.

Di sini, saya ingin membahas sedikit tutorial, tentang bagaimana cara mempercepat koneksi internet dari operator ini.

Meningkatkan Kecepatan Internet Indosat

Kecepatan internet Indosat, sebenarnya sudah relatif cepat.

Di tempat saya sendiri, dulu, ketika saya memakai Indosat, saya bisa mendapat kecepatan 2MBps (20Mbps).

Tapi itu dulu, ya. Sekarang? Coba deh lihat sendiri:

Speed Indosat

10MBps! Ngebut bukan?

Yup, bisa dibilang setara WiFi, bahkan cenderung lebih cepat, dengan tingkat kestabilan yang cukup baik, di antara angka 9 sampai 10.5MB per detik.

Dengan kualitas internet sebaik itu, bahkan untuk menyimpan file berukuran 2GB juga hanya butuh beberapa menit saja, lho. Hehe.

Ingin mendapat kecepatan internet Indosat Ooredoo seperti itu? Yuk, kita simak tipsnya di bawah ini:

1. Atur Jenis Jaringan Indosat Anda ke 4G

Jika Anda sering memakai jaringan 3G, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk meningkatkannya ke 4G. Ini bukan tanpa alasan tentunya, karena jaringan 4G memiliki perbedaan kecepatan yang cukup signifikan.

Mungkin tidak semua tempat sudah ter-cover jaringan 4G Indosat. Namun, Anda bisa coba mengatur HP Anda terlebih dahulu agar berada di posisi 4G only.

Cek pengaturannya di Settings > Jaringan Seluler.

Setelah pengaturannya diubah, silakan cek apakah HP Anda bisa menangkap sinyal 4G atau tidak. Jika tidak, Anda cukup mengembalikan pengaturannya saja.

Baca Juga: Ini Dia Cara Mengatur 4G Only Internet Indosat (Berhasil!).

2. Pastikan Sinyal yang Diperoleh Bagus

Indosat LTE

Seperti yang saya bilang tadi, faktor sinyal itu sangat mempengaruhi cepat tidaknya kecepatan internet jaringan seluler.

Di daerah saya, sinyal 4G Indosat yang didapat tergolong sangat baik. Jadi, tidak heran ketika memakai Indosat, saya bisa mendapatkan kecepatan yang cepat lagi stabil.

Supaya sinyal yang diperoleh bagus, Anda bisa coba berpindah ke lokasi lain, tepatnya lokasi yang memiliki jangkauan sinyal lebih baik.

Pastikan juga Anda tidak berada di ruangan yang terhalang banyak tembok atau bangunan, karena tempat semacam ini biasanya lebih sulit terjangkau oleh sinyal.

3. Segarkan Jaringan Anda

Refresh sinyal

Banyak yang belum tahu, kalau melakukan refresh jaringan itu sebenarnya bisa mempercepat koneksi internet, lho. Termasuk pada Indosat.

Melakukan refresh, secara otomatis akan membuat perangkat berganti IP. Kemudian setelah IP terganti, biasanya koneksi akan mendapat kecepatan yang lebih stabil dan cepat dibandingkan sebelumnya.

Pertanyaannya, cara refresh-nya gimana?

Ternyata caranya mudah, lho. Anda hanya perlu melakukan disconnect dan connect internetnya kembali. Anda juga bisa melakukannya dengan cara menyalakan mode pesawat selama beberapa detik, kemudian mematikannya kembali.

4. Ganti APN Indosat Anda

Pengaturan APN Indosat

APN berfungsi sebagai point access, di mana pengaturannya berbeda-beda di tiap provider.

Mengatur APN dengan tepat, dipercaya bisa membuat koneksi internet semakin cepat dan stabil, terutama di tempat-tempat tertentu.

Nah, untuk Indosat sendiri, ada beberapa pengaturan APN yang bisa Anda gunakan.

Kalau dibahas di sini, nanti bakal panjang lagi bahasannya. Jadi, kalau Anda mau setting internet Indosat supaya kencang, Anda bisa membaca APN Indosat Stabil Terbaik yang bisa diterapkan di jaringan 3G dan 4G.

5. Pertimbangkan Ganti ke Perangkat yang Lebih Bagus

Modem

Kecepatan internet juga tergantung dari jenis perangkat yang dipakai.

Kenapa? Karena pada dasarnya, setiap perangkat itu memiliki kemampuan penangkapan sinyal yang berbeda-beda.

Misalnya:

  • Perangkat A dapat sinyal 3.
  • Sedangkan perangkat B dapat sinyal 5.

Mana yang lebih bagus? Perangkat B dong pastinya.

Kecepatan internet 10MBps di awal tadi, saya dapat ketika menggunakan perangkat modem WiFi (MiFi), di mana perangkat ini punya kualitas penangkapan sinyal yang relatif baik.

Baca Juga: Cara Transfer Pulsa Indosat.

Akhir Kata

Demikian sedikit tips dari saya, tentang bagaimana caranya untuk mempercepat koneksi internet Indosat.

Kesimpulannya, baik kecepatan maupun stabilitas internet yang kita dapat, keduanya tergantung dari jenis perangkat yang dipakai, serta kualitas sinyal yang tertangkap.

Selain itu, kita juga harus memastikan pengaturan lainnya, apakah sudah diatur dengan baik, agar koneksi bisa berjalan maksimal.

Jika Anda punya tips lainnya untuk cara mempercepat koneksi Indosat Ooredoo, Anda bisa mengirimkannya melalui komentar di bawah.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Cara Daftar Langganan Indihome
Baca Yuk!

Cara Daftar Indihome

Bagaimana cara daftar IndiHome? Apa saja syarat untuk bisa berlangganan layanan internet IndiHome? Apakah mendaftar IndiHome itu sulit?…