Cara Belajar Mengetik 10 Jari Dengan Cepat | Khusus Pemula

Mengetik 10 jari untuk sebagian profesi memang sangat dibutuhkan. Misalnya guru, dosen karyawan. Bahkan untuk pelajar dan mahasiswa juga.

Alasannya, dengan menggunakan semua jari yang ada, proses mengetik akan jadi jauh lebih efisien dan cepat, sampai dengan 60%.

Well, layaknya belajar sesuatu. Skill mengetik dengan seluruh jari tidak bisa dikuasai dalam waktu singkat. Kita harus latihan dulu sampai lancar.

Cara Mengetik 10 Jari

Ada beberapa hal yang perlu dipelajari. Pertama tentu saja soal penempatan jari tangan, dan aplikasi untuk latihannya.

Nah, kebetulan saya sendiri juga sudah terbiasa mengetik setiap hari. Jadi disini mau membagikan beberapa tips untuk menguasai skill ngetik 10 jari.

Teknik + Cara Belajar Mengetik 10 Jari

Untuk memakai teknik 10 jari ini kita harus menghapal dulu posisi jari. Untuk gambarannya kurang lebih seperti ini :

Posisi Jari Keyboard
Tangan Kiri
JariTombol
Jari Telunjuk T, B, G, V, F, R
Jari TengahE, C, D dan angka 3
Jari ManisX, S, W dan angka 2
Jari KelingkingA, Z, 1, Q, tanda ~, Caps Lock, Shift, Ctrl,
Tab, tombol logo Windows (Atau tombol lainnya di bagian kiri)
Jari JempolTombol Spasi dan ALT bagian kiri
Tangan Kanan
 
 
JariTombol
Jari Telunjuk N, B, M, J, U, H, Y angka 6 dan 7
Jari TengahKoma, I, K, dan angka 8
Jari ManisL, O, titik dan angka 9
Jari KelingkingSelain yang disebut diatas, pakai untuk menekan tombol yang ada di bagian kanan (Semuanya). Misalnya titik, tombol Windows kiri, Ctrl, Shift, Enter
Jari JempolTombol Spasi dan ALT bagian kanan

Anda bisa coba memposisikan jari Anda terlebih dahulu dan membiasakannya.

Cara Latihan Supaya Mengetik Lancar

Untuk latihannya, yang paling efektif menurut saya tentu dengan sering-sering mengetik. Dengan begitu, jari akan mengingat posisi di tempat seharusnya.

Makanya kita bisa lihat orang yang sering menulis dokumen, punya skill ketik yang sangat bagus. Tepat dan cepat.

Untuk metode latihan mengetiknya bebas. Bisa dari Chatting, tulis dokumen, atau menggunakan Aplikasi.

Aplikasi Belajar Ngetik Yang Bisa Dicoba

Kalau Anda ingin proses latihan lebih cepat, Anda bisa menggunakan Aplikasi-Aplikasi tertentu. Untuk disini saya ada beberapa rekomendasi yang bisa Anda coba :

1. Keybr.com

Situs KeyBR

Situs ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan kecepatan mengetik. Baik itu dalam segi ketepatan, maupun dalam segi kecepatan. Terdapat beberapa level yang bisa dicoba, dan banyak juga pengaturan yang bisa disetting sesuai kebutuhan.

2. TypingClub.com

TypingClub.com

Latihan mengetik sesuai jadwal? Situs ini memungkinkan Anda untuk melakukan hal tersebut. Cukup luangkan sedikit waktu setiap hari untuk membuka situs ini, dalam beberapa minggu skill mengetik Anda akan meningkat.

 3. SpeedTypingOnline.com

SpeedTypingOnline.com

Ketepatan dan kecepatan mengetik keduanya memang harus saling menyamai. Nah, di situs Speedtypingonline.com Anda bisa melatih keduanya dengan mudah, menggunakan fitur pengecek akurasi serta pengecek waktu penyelesaian ketik.

4. Typing.com

Situs Typing

Anda masih pemula mengetik dan bingung mulai dari mana? Lewat situs Typing.com Anda nggak perlu bingung. Karena disini terdapat berbagai level untuk kategori Student. Mulai dari Beginner (Pemula) sampai Advanced. Cocok juga untuk latihan ketik 10 jari.

5. Typingstudy.com

Situs TypingStudy

Selain bahasa Indonesia, apa Anda terbiasa juga mengetik dalam bahasa Jawa dan bahasa Sunda? Kalau begitu Anda harus coba Typingstudy.com, yang mendukung program latihan 3 bahasa tersebut. Sangat membantu untuk meningkatkan efektivitas mengetik.

Dan lain-lain sebenarnya (Masih banyak hehe).

Game Latihan Mengetik Yang Bisa Dicoba

Game Latihan Mengetik
10fastfingers.com

Selain meningkatkan skill melalui proses latihan menggunakan Aplikasi-Aplikasi tadi, Anda juga bisa menggunakan Game.

Kenapa harus Game? Singkat saja. Karena selain bisa membuat latihan menjadi lebih efektif, kita juga bisa menghilangkan kebosanan di sela-sela waktu.

Sebenarnya ada banyak Game mengetik yang bisa dicoba. Namun saya rekomendasikan untuk main yang online, supaya bisa bertanding skor kecepatan ketik dengan orang lain disana.

Contoh situs yang bisa dicoba, 10fastfingers.com disana tersedia kategori bahasa Indonesia yang bisa Anda pilih.

Pengertian Mengetik 10 Jari

Pengertiannya ini adalah teknik mengetik yang menggunakan 10 (semua) jari, dengan tujuan untuk mengoptimalkan cara ketik.

Cara kerjanya ialah dengan menaruh jari ke bagian tombol Keyboard tertentu, kemudian mengatur irama ketik.

Metode ini memiliki beragam manfaat diantaranya :

Akurasi lebih tinggi : Karena posisi tangan sudah diatur, secara otomatis akurasi ketik nanti akan jauh lebih meningkat. Jadi nggak perlu khawatir lagi soal yang namanya Typo.

Pengetikan lebih cepat : Perbedaan kecepatan memakai teknik ini bisa mencapai 60% atau lebih (Tergantung seberapa lancar). Kalau dibandingkan, bahkan bisa lebih cepat ketimbang menulis tangan.

Lebih hemat waktu : Karena pengetikan lebih cepat, otomatis waktu yang dihabiskan juga lebih sedikit. Bukan itu saja, dengan meningkatnya akurasi, waktu kita tidak akan terbuang untuk menghapus kata salah ketik yang tidak perlu.

Mata tidak cepat lelah : Mengetik dengan cara biasa, kita sesekali harus melihat tombol keyboard. Dengan menggunakan teknik 10 jari, mata akan lebih terfokus ke monitor, dan tentunya ini bisa membantu membuat mata jadi tidak cepat lelah.

Walau begitu, menguasai teknik ini dibutuhkan waktu. Biasanya bahkan butuh beberapa bulan sampai benar-benar lancar. Tapi mengingat hasilnya yang bisa membantu pekerjaan, saya pikir oke saja untuk dipelajari.

Penutup…

Nggak ada telat untuk belajar. Artikel ini saya buat sebagai informasi tentang teknik menulis di Komputer menggunakan semua jari. Semoga bisa membantu Anda, terutama yang sedang mencarinya.

Kurang lebihnya mohon maaf. Karena walaupun saya sudah terbiasa mengetik dengan teknik ini, namun referensi yang saya punya nggak begitu banyak untuk dibagikan.

Karena itu, kalau ada pertanyaan, silakan kirim saja melalui kolom komentar yang tersedia dibawah.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like