Udah Tahu? Ini 5+ Perbedaan Laptop, Notebook Dan Netbook

Anda seorang pengguna Laptop? Sudah berapa lama pakainya?

Saya sendiri dulu sempat menggunakan Laptop selama bertahun-tahun sebelum pindah ke PC (Sekarang masih suka pakai juga sih, cuma minjem).

Nah, Laptop ini adalah Komputer Portabel. Tapi selain “Laptop”, ada juga nama lainnya yang mungkin Anda sering dengar.. Misalnya Notebook dan Netbook.

Penasaran nggak bedanya? Hehe..

Perbedaan Laptop Notebook Netbook

Beberapa waktu lalu saya sempat lihat-lihat model Laptop di Tokopedia. Disana banyak toko-toko menjual Laptop, namun disisi lain terdapat juga produk bertuliskan Netbook dan Notebook.

Saya sendiri sebenarnya sudah tahu bedanya dari dulu. Tapi baru kepikiran untuk membagikannya waktu melihat tulisan Laptop, Notebook dan Netbook tadi.

Terus apa perbedaannya? Yuk kita bahas..

Sebelum Lanjut Ke Perbedaannya, Baca Ini Dulu Ya

Sebelum lanjut, ada hal penting yang harus diberitahu. Yakni Notebook dan Netbook sebenarnya adalah jenis Laptop. Jadi keduanya bisa juga disebut Laptop.

Tapi kenapa bisa dibagi 3? Jawabannya karena ada jenis Notebook yang
‘terlalu besar’ disebut Notebook. Sehingga jadi disebut Laptop.

Saya setuju akan pendapat ini, dan ini juga telah ditulis oleh salah satu situs Komputer yang bisa dipercaya. computer.howstuffworks.com (Berbahasa Inggris).

Perbedaan Laptop Notebook Dan Netbook

1. Ukuran Layar

Ukuran Layar

Ya, ukuran layar adalah hal dasar yang mudah sekali kita ketahui, untuk membedakan antara Laptop, Notebook serta Netbook.

Kita mulai dari Netbook. Netbook adalah tipe Komputer Portabel dengan ukuran terkecil. Layarnya ada di kisaran 10 inci sampai 13 inci.

Selanjutnya Notebook. Kisaran ukuran layarnya 14 inci sampai 16 inci.

Sedangkan Laptop 17 inci atau diatasnya (Ini yang sempat saya sebut tadi ‘terlalu besar’).

Tapi saat ini ukuran paling umum yang ditemui rata-rata 12 sampai 15 inci. Untuk yang 17 inci lebih banyak ditemui di Laptop Gaming dengan spesifikasi tinggi.

2. Besar Fisik Laptop

Ukuran Laptop

Fisik Laptop tentunya akan menyesuaikan layar. Semakin besar layarnya, semakin besar pula fisik Laptopnya.

Tapi ukuran disini bukan hanya besarnya saja, melainkan tipisnya. Netbook biasanya memiliki bentuk fisik yang tipis, dan membuatnya mudah dimasukkan kedalam tas.

Notebook ada yang punya ukuran tipis juga. Tapi rata-rata lebih tebal dari Netbook.

Sedangkan Laptop rata-rata lebih tebal dari Notebook. Hanya saja untuk tipe-tipe keluaran baru, sudah ada juga yang dioptimalkan bentuknya supaya lebih tipis.

3. Spesifikasi

Beda Spek

Spesifikasi yang ditawarkan sebenarnya bervariasi, tergantung dari harganya juga.

Namun rata-rata, kalau diurutkan Laptop biasanya memiliki spesifikasi yang paling tinggi. Dilanjut Notebook kemudian Netbook.

Spesifikasi yang dimaksud ini adalah komponennya.. Misalnya Processor, RAM, kapasitas penyimpanan serta kartu grafis dari Laptopnya.

Begitu juga dengan baterai ya.. Semakin besar dimensi fisik baterai, biasanya semakin besar juga kapasitasnya (Masih berhubungan dengan pembahasan ukuran fisik Laptop sebelumnya).

4. Tujuan Penggunaan

Penggunaan Laptop

Kebanyakan Laptop ditujukan untuk penggunaan universal pengganti Komputer Dekstop namun dalam versi portabel. Contohnya? Gaming, Editing, mengetik atau apapun. Dari pekerjaan ringan sampai yang berat.

Untuk Notebook biasanya ditujukan untuk penggunaan menengah. Seperti Editing, Gaming (Medium), mengetik, multimedia dan sejenisnya.

Sedangkan Netbook biasanya ditujukan untuk pekerjaan ringan. Misalnya membuat dokumen atau mengetik, membuat bahan presentasi, multimedia dan sejenisnya.

5. Perbedaan Bobot

Beda Bobot Laptop

Karena bentuk, ukuran dan spesifikasi yang ditawarkan berbeda-beda, tentu saja bobot dari Laptop, Notebook dan Netbook juga berbeda-beda.

Untuk Laptop atau Notebook biasanya bebannya 2 sampai 3 KG. Tapi sebagian juga sudah ada yang dibawahnya.

Sedangkan untuk Netbook rata-rata dibawah 2 KG. Tapi saat ini sudah ada juga pengembangan Netbook dengan bobot dibawah 1 KG.

Kesimpulan

Laptop : Adalah jenis Komputer Portabel dengan ukuran layar diatas 17 inci. Bentuk fisiknya biasanya tebal, dan spesifikasi yang ditawarkan relatif tinggi. Bobotnya rata-rata 2 – 3 KG, dan bisa dipakai untuk kebutuhan universal.

Notebook : Adalah jenis Komputer Portabel dengan ukuran layar 14 sampai 16 inci. Bentuk fisiknya ada yang tipis ada yang sedikit tebal, spesifikasi yang ditawarkan biasanya menengah (Walau ada juga yang tinggi). Bobotnya 2 – 3 KG, biasanya dipakai untuk kebutuhan universal / multimedia.

Netbook : Adalah jenis Komputer Portabel kecil dengan ukuran layar dibawah 14 inci. Bentuk fisiknya tipis, bobot ringan, dan spesifikasi yang ditawarkan biasanya ditujukan untuk penggunaan multimedia.Agar lebih jelas, lihat bedanya dibawah ini :

 PerbedaanLaptopNotebookNetbook
 Ukuran Layar17 Inci keatas13 – 16 inci10 – 12 inci
 Ukuran FisikBesarSedangKecil
 SpesifikasiTinggiMenengah / TinggiMenengah
 PenggunaanUniversalMenengahMultimedia
 Bobot2 – 3 KG2 – 3 KG1 – 2 KG

Jelas ya..

Penutup…

Semoga dengan artikel 5+ perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook ini bisa membantu menghilangkan rasa penasaran Anda. Pembahasan ini saya buat sebisa mungkin mudah dipahami. Tapi kalau ada yang kurang jelas, beritahu saja.

Caranya? Cek dibagian bawah. Ada kolom komentar. Silakan tanyakan saja disana (Akan sebisa mungkin saya jawab).

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like