√ [Mudah] 3+ Cara Mengubah Tanggal Kadaluarsa WhatsApp Android

Cara Mengubah Tanggal Kadaluarsa WA

Pada dasarnya, semua aplikasi yang ada di Playstore selalu mendapatkan pembaruan. Apalagi jika aplikasi tersebut terkenal dan banyak di-download. Salah satunya adalah WhatsApp yang sering kita gunakan.

Setiap kali ada pembaruan, WA selalu mengalami peningkatan, baik dari segi fitur maupun keamanan. Sehingga, pembaruan ini akhirnya mampu menarik perhatian publik, khususnya para pengguna setia aplikasi ini.

Contoh pembaruan ini misalnya seperti membuat tulisan-tulisan unik di WhatsApp, membuat stiker, mem-posting status, dan lain sebagainya.

Meskipun terdapat peningkatan versi, WhatsApp tidak memaksa penggunanya untuk langsung memperbarui aplikasi ini.

Dengan demikian, kita tetap masih bisa menggunakan WA versi lama tanpa sentuhan fitur-fitur baru, hingga batas waktu yang telah ditentukan.

Namun perlu diketahui, kondisi tersebut hanya berlaku dalam beberapa waktu saja. Jika WA sudah terlalu lama tidak mendapat update, biasanya akan muncul pesan peringatan bahwa WA yang Anda gunakan sudah kadaluarsa.

Dampak Jika WhatsApp Kadaluarsa

Akibat munculnya pesan kadaluarsa secara terus-menerus, penggunaan WhatsApp akan terganggu, hingga tidak bisa digunakan sama sekali.

Hal ini sangat merepotkan tentunya. Apalagi jika kita termasuk tipe orang yang membutuhkan akses WhatsApp setiap saat. Seperti customer service toko online misalnya.

Jika ada gangguan yang menyebabkan WA tidak bisa diakses, bayangkan bisa berapa banyak calon konsumen yang hilang terbuang?

Beda cerita kalau WhatsApp Anda sepi obrolan. Aplikasi ini tidak dapat diakses satu dua hari, mungkin bukan suatu masalah yang berarti bukan?

Saran Kami, jika Anda termasuk tipe orang yang membutuhkan akses WA setiap saat, ada baiknya untuk selalu memperbarui aplikasi ini. Sehingga, penggunaan WA bisa tetap berjalan dengan baik tanpa ada gangguan apa-apa, termasuk kadaluarsa.

Cara Mengubah Tanggal Kadaluarsa WhatsApp Di HP Android Dengan Mudah

Untuk mengatasi masalah WhatsApp kadaluarsa, cara termudahnya adalah dengan melakukan pembaruan aplikasi. Sehingga, WhatsApp yang sudah kadaluarsa akan menjadi baru lagi.

Nah, buat Anda yang belum tahu, ternyata melakukan pembaruan hanyalah salah satu pilihan saja, bukan satu-satunya, loh.

Alasannya, belum tentu pesan kadaluarsa yang terus menerus muncul adalah efek samping pemakaian WA versi lama. Bisa jadi penyebabnya adalah faktor lain lagi.

Untuk itu, Anda bisa mencoba beberapa trik lainnya. Misal dengan mengubah tanggal pada smartphone agar batas kadaluarsa semakin lama.

Penasaran kan bagaimana caranya? Yuk kita coba!

1. Mengatur Ulang Tanggal Smartphone

Setelan tanggal pada smartphone Android, umumnya akan mengikuti kartu SIM yang digunakan. Provider kartu SIM yang kemudian akan mengatur zona dimana Anda tinggal.

Contoh, jika Anda tinggal di Jakarta, maka pengaturan waktu akan secara otomatis mengikuti zona waktu di Jakarta.

Namun perlu diketahui juga, pengaturan waktu ini bisa saja berubah tanpa kita sadari. Hal ini yang kemudian membuat WhatsApp bermasalah, sehingga penetapan tanggal tidak akurat dan muncul pesan kadaluarsa.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengubah tanggal pada smartphone dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Cara Mengubah Waktu WA Kadaluarsa Normal Lagi
  • Buka terlebih dahulu menu Setelan HP Android.
  • Geser ke bawah, lalu buka menu Setelan Tambahan. Di sana akan muncul beberapa pengaturan.
  • Ketuk pilihan Tanggal & Waktu.
  • Silahkan atur ulang tanggal dan waktu secara manual.
  • Cara lainnya, Anda juga bisa coba nyalakan ulang pengaturan Tanggal dan waktu otomatis.

Dengan demikian, waktu HP akan berubah mengikuti apa yang sudah Anda atur tadi. Setelah itu, Anda bisa membuka WhatsApp lagi untuk memeriksanya.

2. Atur Manual Waktu WhatsApp ke Sebelum Kadaluarsa

Langkah-langkah yang Anda lakukan barusan berguna untuk mengatur waktu HP agar sesuai secara real-time. Sehingga, masalah kadaluarsa pada WA juga bisa diundur ke waktu semestinya terjadi.

Namun jika belum berhasil, Anda bisa mencoba cara lain lagi, yakni dengan mengubah waktu menjadi sebelum WhatsApp muncul pesan kadaluarsa.

Contoh, jika Anda menggunakan WhatsApp pada 22 Juli, dan di waktu tersebut aplikasi ini masih berjalan dengan normal. Namun pada 26 Juli, pesan kadaluarsa pun muncul.

Setting-Tanggal-Waktu-Manual-Whatsapp

Di sinilah Anda bisa mengakali untuk mengubah kembali tanggal HP Anda, dari tanggal 26 Juli (tanggal real-time), menjadi 22 Juli (sebelum muncul pesan kadaluarsa).

Dengan begitu, seolah-olah HP Anda masih berada pada tanggal 22 Juli dimana WA belum waktunya kadaluarsa.

Cara mengaturnya tidak rumit, kok. Lakukan secara manual, persis seperti pada penjelasan di poin pertama tadi.

Kode WhatsApp Unik – Bikin WA Nggak Ngebosenin Waktu Dipakai

3. Perbarui WhatsApp Kadaluarsa

Kalau Anda sudah mengubah tanggal, namun ternyata tidak memberikan dampak apa-apa, berarti mau tidak mau, Anda memang sudah waktunya melakukan pembaruan.

Dengan memperbarui aplikasi ini, semua masalah error pada WhatsApp akan hilang. Termasuk pesan kadaluarsa yang muncul terus menerus.

Berikut langkah-langkah memperbarui WhatsApp melalui Google Playstore:

Perbarui WhatsApp Yang Kadaluarsa
  • Buka terlebih dahulu Aplikasi Google Playstore di Android.
  • Kemudian pada kolom Search > Cari Aplikasi WhatsApp, kemudian buka.
  • Lakukan pembaruan WA dengan menekan tombol Update.
  • Tunggu prosesnya sampai selesai.

Setelah semuanya beres, coba cek kembali WhatsApp-nya. Masalah yang Anda alami akan terselesaikan.

Jangan lupa untuk memastikan tanggal HP sudah sesuai sebagai mestinya. Lakukan langkah-langkah di poin pertama untuk mengaturnya.

[Keren] Begini Caranya Membuat Tulisan Berwarna Di WhatsApp – Mudah Banget Lho

Akhir Kata

Begitulah cara mengubah tanggal WhatsApp kadaluarsa. Tutorial ini dijamin bisa memperbaiki WhatsApp yang expired.

Kalau Anda memiliki pertanyaan seputar tema ini, atau punya tips lain yang lebih manjur lagi, Anda bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

Semoga bermanfaat ya.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like