6 Cara Mengatasi “WhatsApp Tidak Menanggapi” (Android)

WhatsApp tidak menanggapi, adalah masalah dimana WA tiba-tiba macet, tidak bisa di-klik bahkan tidak bisa diapa-apakan. Efeknya kita jadi tidak bisa membuka aplikasi tersebut, atau terpaksa harus menutupnya.

Error ini munculnya acak (Random). Jadi kadang ada kadang tidak. Kalau saya sendiri biasanya waktu lagi chatting.

Tidak jarang juga, beberapa waktu setelah muncul pesan ini WhatsApp jadi keluar sendiri. Atau biasa disebut Force Close.

Mengatasi WhatsApp is not responding

Penyebab dari masalah ini bermacam-macam. Tapi umumnya, berikut ini hal yang sering saya temui :

  • Sistem lemot.
  • HP terlalu panas.
  • Aplikasi WhatsApp terlalu banyak file sampah.
  • Penyimpanan internal terlalu penuh.
  • Dan lain-lain.

Walau penyebabnya banyak, tapi Anda tidak perlu fokus untuk mengatasi itu semua. Karena umumnya pesan not respond (Tidak ada tanggapan) ini hanya diakibatkan WhatsApp yang terlalu banyak file sampah, dan penyimpanan internal penuh.

Karena 2 hal tersebut, akan membuat aplikasi serta sistem jadi tidak stabil. Efeknya WhatsApp jadi tidak bisa berjalan dengan baik.

Berikut beberapa cara mengatasinya.

Cara Memperbaiki Aplikasi WhatsApp Tidak Menanggapi (Not Responding)

1. Clear Cache WhatsApp Anda

Clear Cache WA

Saat WhatsApp dipakai, secara otomatis akan tersimpan sebuah file cache. Sizenya variatif, tergantung dari banyaknya chat yang Anda lakukan (Chat grup misalnya).

Melakukan clear cache, ditujukan agar WA yang tadinya tidak stabil bisa dinormalkan kembali. Sehingga pesan error “tidak ada tanggapan” tadi bisa diatasi.

Caranya, masuk ke Setelan >> Aplikasi >> WhatsApp >> Clear Cache.

Opsi lainnya Anda juga bisa melakukan Clear data. Dengan catatan Anda harus login ulang akun yang dipakai nanti.

2. Reinstall Ulang Aplikasi WhatApp Anda

Menginstall WA

Jika setelah di clear cache WhatsApp masih terasa tidak stabil, ada baiknya Anda coba install ulang aplikasi WA Anda. Dengan begitu secara otomatis data-data lama akan terganti dengan yang baru.

Saya cukup menyarankan hal ini, karena biasanya cara ini sangat efektif. Apalagi jika Anda sudah lama tidak menginstall WA.

Dengan melakukan reinstall juga WhatsApp akan otomatis diupdate. Sehingga nanti akan semakin stabil.

3. Bersihkan Memori Internal

Memori Internal WhatsApp

Aplikasi-aplikasi di Android, sebagian besar menyimpan datanya di memori internal. Termasuk WhatsApp, history chat, foto, video dan file-file media lain semuanya masuk ke internal.

Saat penyimpanan penuh, HP akan mengalami penurunan kinerja. Dan efeknya, aplikasi WhatsApp juga akan ikut jadi tidak stabil.

Anda bisa mencoba membersihkan memori internal Anda. Caranya dengan menghapus data-data yang tidak diperlukan, atau memindahkan data-data media dari WhatsApp ke perangkat lain (Laptop misalnya).

4. Bersihkan RAM HP Anda

WhatsApp force close

Seperti yang Anda tahu, setiap tipe HP itu punya spesifikasi RAMnya masing-masing. Ada yang 1GB, 2GB, 4GB dan seterusnya. Dan tentu juga Anda tahu, kalau setiap aplikasi yang berjalan akan memenuhi RAM.

Nah, disini Anda harus memastikan, kalau ada free space pada RAM yang cukup. Setidaknya beberapa ratus MB ketika sedang membuka WhatsApp. Ini untuk memastikan supaya WhatsApp bisa berjalan stabil tanpa masalah.

Ada beberapa untuk membersihkannya. Misalnya dengan menutup aplikasi berjalan, menghapus aplikasi tertentu, memakai aplikasi cleaner dan lain-lain. Lengkapnya silakan baca di cara membersihkan RAM HP (Jadi lega)

5. Restart HP Anda

Mulai ulang HP

Kalau pesan tidak menanggapinya muncul beberapa waktu saja, mungkin Anda bisa merestart HP Anda.

Lewat restart, biasanya error-error seperti ini akan hilang. Karena pada dasarnya pesan ‘tidak merespon’ ini bukanlah masalah berat.

Selain restart, mungkin Anda juga bisa coba mematikan HP Anda selama beberapa saat. Biasanya cukup efektif.

6. Reset HP Anda

Reset HP WhatsApp

Opsi reset dilakukan ketika Anda telah melakukan 5 cara sebelumnya, namun beberapa waktu kemudian pesan errornya masih muncul.

Utamanya jika sistem HP Anda tidak stabil. Dengan reset, diharapkan sistem bisa normal kembali, dan error-error yang terjadi pada WhatsApp akan hilang.

Ada beberapa cara reset Android. Untuk lengkapnya, lebih baik Anda baca saja artikel mereset HP Android.

Catatan, ada baiknya Anda memindahkan file-file penting di HP Anda, untuk memastikan agar tidak ikut terhapus saat proses reset.

Penutup…

Walau bukan masalah yang berat, kadang error pesan ‘not respon‘ ini cukup bikin repot. Terutama jika sering muncul. Tidak enak bukan lagi asik chat tiba-tiba WAnya hang?

6 cara diatas diharapkan bisa mengatasi masalah tersebut. Anda tidak perlu mengikuti urutannya, tapi cukup gunakan cara yang sesuai keperluan.

Jika ada saran lain, atau ada yang ingin Anda tanyakan, Anda bisa mengirimkannya lewat kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like