√ 3+ Pengertian Adobe Illustrator dan Bedanya dengan Photoshop

Apa itu Adobe Ilustrator

Bagi seorang desainer grafis, Adobe Illustrator memang bukanlah software yang asing lagi. Namun bagi orang-orang yang masih awam, rasanya masih banyak yang belum tahu tentang software ini.

Wajar saja, karena aplikasinya hanya digunakan oleh kalangan tertentu saja, sehingga namanya tidak sepopuler Photoshop, walau sama-sama dari Adobe.

Untuk itu, kali ini saya akan membahas mengenai pengertian Adobe Illustrator, supaya Anda bisa mengetahuinya. Dan di sini juga, saya ingin membahas perbedaannya dengan Photoshop.

Singkatnya, Adobe Illustrator ini adalah software untuk mendesain grafis, yang berhubungan dengan ilustrasi vektor.

Nah, untuk lengkapnya, kita bahas di bawah ini saja, yuk:

Pengertian Adobe Illustrator

Apa Itu Adobe Ilustrator
Tampilan Awal Adobe Illustrator

Adobe Illustrator (atau biasa disingkat ‘AI’), adalah sebuah software yang bergerak di bidang pengolah gambar yang berhubungan dengan vektor.

Apa itu vektor?

Berbeda dengan gambar biasa, vektor adalah jenis gambar yang kalau kita perbesar (zoom) hasilnya tidak akan pecah. Untuk mengetesnya, Anda bisa coba pakai aplikasi editing tertentu, lalu zoom minimal 10X.

Nah, karena hasil gambar yang tidak pecah itulah, software ini dibuat dengan tujuan untuk membantu para desainer grafis atau ilustrator, agar bisa menggambar karyanya dalam bentuk digital dengan hasil yang maksimal.

Untuk pengertian Adobe Photoshop, fungsi, sejarah, dan penggunaannya, bisa baca di sini, ya.

Sejarah Adobe Illustrator

Adobe Ilustrator
Loading Awal Adobe Illustrator

Sebenarnya, Adobe Illustrator ini bukanlah software yang terbilang baru lagi. Pertama dirilis pada tahun 1987, bersamaan dengan Adobe Photoshop. Adobe Illustrator waktu itu dikembangkan untuk komputer berbasis Machintosh.

Tercatat dari awal dirilis hingga saat ini, telah tersedia banyak versi Adobe Illustrator, yang tentunya menawarkan beragam fitur juga.

Untuk versi lengkapnya, dari awal rilis hingga versi terbaru, Anda bisa membaca artikel Adobe Illustrator dari Wikipedia.

Baca juga: Pengertian CorelDraw, Sejarah, Versi dan Fungsi Penggunaannya.

Fungsi Adobe Illustrator

Kegunaan Adobe Ilustrator
Mendesain baju, salah satu hal yang bisa dilakukan di Adobe Illustrator

Kalau bicara dari segi fungsi, tentu saja ada banyak sekali hal yang dapat dilakukan dengan software desain satu ini. Setidaknya, ada beberapa bidang kebutuhan yang bisa memanfaatkan Adobe Illustrator, di antaranya:

  • Desainer grafis.
  • Desainer logo.
  • Keperluan website.
  • Wallpaper.
  • Desainer baju.
  • Ilustrasi.
  • Infografis.
  • Kartun.

Lebih jelasnya, simak penjelasan singkat di bawah ini:

Desainer grafis: Kalau diartikan secara luas, maka fungsi Adobe Illustrator adalah untuk desainer grafis.

Desainer logo: Pembuatan logo bisa dilakukan dengan software ini. Karena fitur yang diberikan juga sangat mendukung.

Keperluan Website: Termasuk desain pada elemen-elemen website maupun gambar banner. Leskompi.com sendiri adalah salah satu yang menggunakan hasil desain Adobe Illustrator sebagai banner.

Wallpaper: Apakah wallpaper bisa dibuat dengan Adobe Illustrator? Iya, tentu saja bisa. Apalagi jika ingin membuat gambar 2D.

Desainer baju: Tidak sedikit desainer yang menggunakan Adobe Illustrator ketika mendesain baju. Biasanya dikombinasikan lagi dengan Photoshop.

Ilustrasi: Ilustrasi yang dimaksud di sini, adalah ilustrasi yang biasa kita lihat, entah itu di sosial media atau website tertentu.

Infografis: Informasi berbentuk gambar yang dibuat dengan tujuan supaya lebih menarik dan lebih mudah dipahami. Adobe Illustrator terkenal dengan hasil desain infografisnya yang menarik perhatian.

Kartun: Penggambaran karakter menggunakan Adobe Illustrator, cukup banyak digunakan oleh para komikus. Baik itu sketsa awal maupun yang sudah jadi.

Beda Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop

Beda Ilustrator Dan Photoshop

Dari pembahasan di atas, sebenarnya di sini kita sudah bisa menyimpulkan perbedaan antara Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator.

Adobe Illustrator, adalah software yang biasa digunakan untuk membuat atau mendesain suatu ilustrasi berjenis vektor. Tujuannya, agar gambar yang dihasilkan bisa maksimal dan tidak pecah.

Sedangkan Adobe Photoshop, adalah software biasa digunakan untuk mengedit foto dalam berbagai bidang. Jadi bisa dibilang keduanya cukup berbeda.

(+Video) Contoh Pembuatan Desain Adobe Illustrator

Saya selaku penulis artikel ini, tentu saja pernah menggunakan software Adobe Illustrator. Biasanya, saya menggunakannya untuk membuat desain gambar tertentu yang kemudian akan diunggah ke website-website yang saya kelola.

Jika Anda penasaran, desain seperti apa yang bisa dibuat menggunakan Adobe Illustrator ini, sebenarnya sudah banyak video di Youtube yang membahas seputar tutorial-tutorialnya.

Anda bisa mencarinya dengan kata kunci misalnya “Tutorial Adobe Illustrator“. Contoh videonya seperti berikut ini:

Apakah Adobe Illustrator ini bagus untuk dipelajari? Jawabannya, Iya! Terutama jika Anda menyukai hal-hal di bidang desain grafis, kenapa tidak?

Apalagi menurut saya, prospek dari hasil desain Adobe Illustrator ini cukup bagus. Sebab, kebutuhan gambar berkualitas tinggi sangat dibutuhkan di zaman serba digital seperti sekarang ini.

Akhir Kata

Pembahasan tentang Adobe Illustrator ini diharapkan bisa memberi informasi-informasi kepada Anda, khususnya bagi yang belum tahu apa bedanya dengan Photoshop.

Saya sendiri baru kenal Adobe Illustrator ini beberapa tahun lalu. Awalnya karena lihat gambar-gambar ilustrasi dari desain grafis, lama-lama malah semakin tertarik, haha.

Kalau ada yang kurang dipahami, silakan tanyakan saja lewat kolom komentar yang tersedia di bawah ini, ya. Kalau ingin menambahkan pun boleh-boleh saja.

Sekian dulu, ya, pembahasan kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Jenis Format Gambar
Baca Yuk!

Jenis Format Gambar

Kebanyakan dari kita, mungkin hanya mengenal beberapa jenis format gambar saja. Padahal tidak. Sejak dulu sampai sekarang, sejatinya…