Cara Percepat Koneksi Internet Telkomsel

Cara Mempercepat Koneksi Internet Telkomsel

Ada banyak sekali brand provider yang bisa kita pilih di Indonesia, di mana tiap provider tersebut menawarkan beragam jenis paket lagi.

Nah, menariknya, harga paket internet yang ditawarkan tersebut bervariasi, lho.

Ada paket murah yang hanya dibanderol dengan harga sekitar 5.000-an saja, sampai ada pula paket super mahal yang harganya bisa mencapai ratusan hingga jutaan rupiah. Wow!

Providerprovider seluler ini, tentunya bisa kita pilih sesuai kebutuhan. Baik itu dari segi budget, maupun dari segi kualitas sinyalnya.

Jika kita bisa memilihnya dengan baik, maka kita bisa mendapatkan kecepatan internet berkualitas dengan harga terjangkau, lho.

Telkomsel, Salah Satu Provider dengan Jaringan Terbaik

Salah satu provider yang sudah punya nama di Indonesia adalah Telkomsel. Di antara alasannya, ialah karena provider satu ini sudah cukup lama beroperasi di negara ini.

Telkomsel telah menawarkan banyak varian paket internet, di mana harga dari paket-paket tersebut dapat dikatakan layak dan sesuai, dengan kualitas jaringan yang ditawarkan.

Provider ini juga sebenarnya merupakan salah satu provider yang memiliki kualitas jaringan dan kecepatan akses internet yang baik.

Saya sendiri sudah mencobanya, bahkan cukup puas dengan kualitas yang bisa saya nikmati.

Cara Mempercepat Koneksi Telkomsel

Akses internet yang cepat, tetap dipengaruhi juga oleh banyak faktor. Mulai dari faktor cuaca, jaringan, kondisi trafik, sampai gadget yang dipakai.

Meski punya kualitas jaringan yang cukup baik, dalam beberapa situasi, kadang akses internet internet Telkomsel juga bisa melambat, lho. Apalagi jika salah satu faktor yang saya sebutkan tadi belum terpenuhi.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang cara-cara mempercepat koneksi internet Telkomsel, khusus buat Anda yang barangkali sedang membutuhkannya.

Baca Juga: Data Seluler Telkomsel Hilang? Ini Solusinya.

1. Ubah Pengaturan Jaringan, dari 3G HSPA ke 4G LTE

Jaringan 4G LTE, memiliki akses koneksi yang berkali-kali lipat jauh lebih cepat, serta memiliki respon ping yang baik pula.

Hal tersebut tentu akan berdampak positif pada kebutuhan internet Anda, seperti browsing, upload, hingga bermain game online, yang menjadi semakin lancar.

Nah, mengubah jaringan dari HSPA ke 4G LTE ini hukumnya wajib dilakukan, agar Anda bisa memperoleh kualitas akses internet yang lebih baik, cepat, dan stabil.

Cara mengaturnya seperti ini:

  1. Pertama, buka Setelan HP Android Anda.
  2. Masuk ke pengaturan Kartu SIM.
  3. Pilih opsi Pengaturan Jaringan SIM.
  4. Lalu ubah jenis jaringan ke 4G Only di sana.

Cara di atas saya contohkan melalui Android Nougat, ya. Untuk yang menggunakan versi Android berbeda, maka Anda bisa sesuaikan sendiri letak pengaturannya. Intinya, Anda hanya perlu mengubah jaringan ke 4G LTE saja.

Nah, perlu diketahui juga, bahwa tips mengubah pengaturan ke 4G LTE ini hanya dikhususkan untuk yang jaringan 4G di daerahnya sudah stabil.

Jika belum stabil, maka sinyal 4G yang didapatkan mungkin akan hilang-muncul, sehingga malah akan mengganggu penggunaan nantinya.

Lebih dari itu, kalau HP yang Anda gunakan belum support terhadap jaringan 4G, maka Anda cukup mengaturnya ke WCDMA atau 3G Only saja, supaya sinyal yang didapat selalu H+.

Baca Juga: Cara Mengatasi 4G Telkomsel yang Tidak Muncul.

2. Memakai Aplikasi Internet Hemat Koneksi

Untuk mendapatkan akses internet yang lebih baik, terutama untuk keperluan browsing dan chatting, cobalah gunakan aplikasi dengan versi hemat koneksi.

Hemat koneksi yang dimaksud di sini, adalah aplikasi versi lite, seperti Line Lite, Facebook Lite, dan lain sejenisnya.

Selain itu, gunakanlah juga browser yang mendukung fitur compress gambar, agar kecepatan browsing bisa semakin optimal.

Cara ini bisa digunakan di internet Telkomsel maupun provider lainnya.

3. Memakai Modem MiFi

Modem MiFi ini bisa mempercepat koneksi dan akses internet Telkomsel Anda, lho. Apalagi jika Anda menggunakan tipe-tipe MiFi yang harganya mahal (di atas 500 ribuan).

Nah, untuk pengguna provider Telkomsel atau provider lainnya, Anda juga bisa mempertimbangkan cara ini, untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet yang digunakan.

Modem MiFi memiliki beragam harga dengan kualitas jaringan yang berbeda-beda. Anda bisa mencari modem MiFi yang terkenal berkualitas, lalu menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki.

Meski demikian, saran saya sih sebaiknya ambil MiFi dengan harga 500 ribu ke atas.

Alasannya, karena kebanyakan modem tersebut, sudah memiliki penangkapan sinyal yang sangat baik, serta bisa menghasilkan kecepatan internet yang jauh lebih baik dibanding HP Android biasa.

Mahal? Mungkin bisa disebut demikian. Tapi ini kan untuk kebutuhan jangka panjang. Saya rasa modem MiFi ini sangat worth dengan harga yang ditawarkan.

Cara ini bersifat opsional, ya. Anda bisa skip kalau memang tidak memungkinkan.

4. Gunakan Internet Saat Jaringan Sepi

Provider apa pun yang ada di Indonesia, meski sudah dikenal memiliki akses internet yang cepat, tetap saja kecepatannya bakal menurun di jam-jam tertentu.

Hal ini pun berlaku untuk Telkomsel.

Pada saat jam sibuk, akses internet Telkomsel akan menurun secara signifikan. Mungkin ada di antara jam 1 siang sampai jam 11 malam.

Jika Anda ingin download sesuatu, lebih baik lakukan di jam-jam sepi saja, antara jam 12 malam sampai jam 6 pagi misalnya.

Sebab, speed download Telkomsel di rentang waktu tersebut pasti jauh lebih cepat, serta ditambah lagi bisa menghabiskan kuota midnight yang Anda miliki.

5. Bagaimana dengan Pengaturan APN?

Sebenarnya, belum ada bukti pasti, apakah benar mengganti APN (Access Point Names) itu dapat mempercepat internet atau tidak.

Bahkan sejauh yang saya tahu, APN ini berfungsi untuk mengidentifikasi jaringan perangkat ke jaringan yang ingin disambung, guna mengatur keamanan, paket, serta fungsi-fungsi lainnya.

Meskipun begitu, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba mengelola pengaturan APN untuk kartu Telkomsel yang Anda gunakan. Siapa tahu efektif dan membantu bukan?

Nah, caranya sendiri seperti ini:

  1. Silakan masuk dulu ke Setelan HP Anda.
  2. Cari pengaturan Kartu SIM.
  3. Masuk ke Jaringan Seluler Kartu SIM.
  4. Pilih Nama Titik Akses (Access Point Names).
  5. Silakan buat baru APN, atau edit APN lama di sana.

Berikut ini pengaturan APN yang bisa Anda isi:

KolomIsi
Access Point Nameinternet
Username*kosongkan.
Password*kosongkan.

Pengaturan APN di atas adalah APN yang direkomendasikan langsung oleh pihak Telkomsel. Saya pun bahkan mendapatkannya dari situs resmi Telkomsel itu sendiri.

Oh ya, sama seperti pada poin tutorial mengubah jenis jaringan, tutorial pengaturan APN tersebut juga saya contohkan dari Android Nougat.

Kalau sudah diubah pengaturannya, silakan Anda lakukan pengecekan ping, untuk memastikan apakah internet sudah tersambung dengan benar atau belum.

Kalau ada pengaturan lain, silakan dicoba saja.

Baca juga: Update! Pengaturan APN Smartfren Terbaru.

Akhir Kata

Dari pembahasan kali ini, dapat disimpulkan bahwa ada banyak faktor yang harus dipenuhi, agar kita bisa menikmati akses internet yang super cepat.

Mulai dari provider, kualitas jaringan, kualitas perangkat, kondisi jaringan, kondisi trafik, dan masih banyak lagi.

Kelima cara di atas, dapat Anda terapkan dengan mudah, khususnya jika ingin mendapatkan akses internet Telkomsel yang lebih cepat dari sebelumnya.

Lebih dari itu, selain 5 cara yang sudah dibahas di sini, Anda juga bisa memanfaatkan root untuk bisa memperoleh akses internet yang lebih cepat lagi. Tepatnya dengan cara optimasi.

Melalui root, Anda bisa membuat banyak pengaturan yang bisa meningkatkan kecepatan internet bisa menjadi jauh lebih cepat.

Opsi root sendiri bisa diterapkan di semua provider, tak terkecuali Telkomsel.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like