7 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows (100% Work)

Laptop tidak bisa masuk Windows.. One of common problem yang bisa Anda temui di Laptop.

Masalah ini ditandai dengan Laptop yang Blank / layar hitam setelah Booting Windows.. Alias sebelum memasuki Startscreen..

Masalah ini juga setahu saya ada 2 tipe.. Yaitu cursor yang muncul dan cursor yang menghilang.

Dan ada juga masalah Laptop bukannya masuk Windows, malah Restart terus.

Windows layar hitam

Laptop tidak bisa masuk Windows ini agak-agak repot betulinnya. Walaupun ga serepot betulin Komputer / Laptop gagal booting tapi masalah ini sering jadi Error yang berkelanjutan.

Beberapa teman saya juga suka menanyakan hal yang sama. Dan itu kerusakannya sudah lama terjadi lho (Mungkin 4 bulan lebih).

Walaupun betulinnya agak repot, tapi dasar penyebabnya sama seperti masalah Laptop pada umumnya. Diantaranya :

Salah Install : Anda menginstall Aplikasi yang berhubungan dengan Sistem (Seperti Antivirus dan sejenisnya) tapi Aplikasi tersebut malah Error dan berakibat Laptop menjadi gagal Startup. Saya sendiri pernah mengalami hal ini dulu sekali.

Virus: Yup, Virus emang suka bikin masalah.. Termasuk membuat Laptop jadi tidak bisa masuk Windows.. Penyebabnya bisa dibayangkan sendiri, yakni akibatSistem yang terinfeksi hingga membuat File Corrupt alias Unreadable (Tidak terbaca).

Masalah Harddisk: Walau ‘Biang Kerok’ umumnya masalah Sistem.. Harddisk rusak juga bisa sama seperti Virus, membuat data jadi Unreadable sehingga Laptop mengalami Black Screen saat baru dinyalakan.

Gagal Update : Proses penginstallan dari Update sistem yang gagal, bisa membuat Windows jadi Corrupt.. Contohnya, Laptop yang mati tiba-tiba saat proses Update..

Penyebabnya udah tau, terus gimana betulinnya? Silakan disimak baik-baik :

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Memasuki Windows

1. Restart Laptop

Restart Windows

Ini sebenarnya ‘trik tanpa dasar’, karena trik ini saya dapat dari pengalaman pribadi saya..

Ketika Laptop sobat mengalami layar hitam saat berada di Startscreen, coba langsung matikan Laptop lewat tombol Power.

Dan saat sudah mati, langsung cepat-cepat nyalakan kembali Laptopnya. Biasanya dalam 1x percobaan, Windows nanti akan masuk ke sistem dengan normal.

Tapi harus diingat, cara ini hanya bersifat sementara saja. Soalnya bahaya, kalau sering-sering mematikan Laptop tanpa Shutdown dengan benar (Bisa ngerusak Hardware)

2. Uninstall Program Penyebab Kerusakan Lewat Safe Mode

Uninstall Program

Safe Mode, adalah sebuah fitur dimana Windows bisa dibuka tanpa meload Aplikasi-Aplikasi, maupun Driver yang sudah terinstall.

Tujuan dari masuk Safe Mode, supaya Anda bisa mengecek apakah Windows yang terinstall masih normal atau tidak.

Karena biasanya, jika Windows masih bisa masuk Safe Mode, itu artinya Windows tidak mengalami kerusakan / Corrupt parah..

Selain itu, di Safe Mode, Anda juga bisa memperbaiki masalah tidak bisa masuk Windows akibat salah install seperti yang saya bilang sebelumnya. Caranya kurang lebih seperti ini :

  1. Nyalakan Laptop seperti biasa..
  2. Setelah melewati BIOSScreen, tekan tekan F8 berulang-ulang.
  3. Pilih Safe Mode.

Nah, jika sudah masuk, silakan Uninstall Program-Program yang Anda curigai sebagai penyebab Laptop yang tidak bisa booting (Aplikasi, Driver dan sebagainya).

3. Scan Memakai Antivirus

Cek Antivirus

Kalau penyebab susah masuk Windowsnya gara-gara virus, Anda bisa mencoba melakukan Scanning dengan Antivirus.

Caranya? Sama seperti sebelumnya, lewat Safe Mode. Dengan catatan, Laptop Anda Windowsnya masih normal / belum parah rusaknya.

Langkahnya seperti berikut :

  1. Download terlebih dahulu Antivirus dengan Update Virus terbaru di Komputer / Laptop lain > Kemudian masukkan ke Flashdisk / Harddisk Eksternal.
  2. Masuk Safe Mode persis seperti yang saya jelaskan sebelumnya.
  3. Install Antivirus seperti biasa.
  4. Jalankan Antivirusnya dan mulai Scanning dengan mode Full Scan.. Atau Anda juga bisa mengatur Scanning dengan mode Boot Scan.. Jauh lebih efektif..

Jika sudah, silakan Restart dan cek kembali kerusakannya, sudah normal atau belum.

Oh ya, Scanning Antivirus ini hanya efektif kalau Virus yang mengifeksi belum merusak File Sistem.

Dan kalau Anda memakai Windows 10, Anda bisa langsung menggunakan Antivirus bawaan (Windows Defender).

4. Menggunakan System Restore

System Restore Windows

System Restore adalah salah satu fitur Windows yang berfungsi untuk mengembalikan Windows pada waktu tertentu, ke beberapa waktu sebelumnya..

Ribet ? 😂 Yah, misalnya membuat sistem dari hari minggu, kembali menjadi seperti hari selasa (Kurang lebih).

Nah, System Restore ini memiliki cara kerja dengan memakai Restore Point. Artinya Anda mesti buat dulu Restore Point sebelum Windows rusak supaya System Restore bisa dipakai.

Terus gimana kalo belum buat Restore Point? Sebenarnya, saat Anda menginstall Aplikasi-Aplikasi sistem tertentu (Seperti Driver atau Antivirus), biasanya Windows akan secara otomatis membuat Restore Point..

Jadi nggak ada salahnya dicoba. Caranya seperti ini :

  1. Nyalakan laptop
  2. Setelah melewati layar BIOS, tekan F8 secara berulang-ulang..
  3. Masuk ke Repair Computer
  4. Cari sistem restore, lalu cek apakah ada Restore Point atau tidak..

Kalau ada, silakan lakukan restore. Data tetap aman, tapi aplikasi-aplikasi yang terinstall bakal hilang.

Note : Saya tidak bisa menjelaskan langkah-langkah secara spesifik untuk menggunakan system restore.. Karena tiap versi Windows beda-beda cara pakainya.. Sobat bisa cek lewat Googling atau Youtube

5. Install Ulang

Menginstall Ulang Windows

Kalau nggak bisa pakai System Restore ya mau nggak mau Anda mesti Install ulang.

Kalau cuma buat mengatasi Laptop tidak bisa masuk Windows terutama saat Startup, Install Ulang bisa dibilang adalah cara yang paling efektif untuk mengatasinya..

Karena dengan Install ulang, File-File sistem yang Corrupt akan dihapus semuanya dan diganti dengan yang baru.

Sehingga Laptop jadi normal kembali.

  • Note : Saya lebih menyarankan sobat untuk melakukan clean install.. Format seluruh disk drive saat proses penginstallan. Tujuannya, supaya virus yang menempel di harddisk akan ikut terhapus.. Catatan, data harus sudah dibackup semua..

6. Cek RAM

CEK RAM

RAM, selain bisa membuat Laptop tidak bisa booting kalau rusak, juga bisa bikin Windows susah Startup.. (Sumber : Dari forum TomsHardware + Pengalaman pribadi)

Nah, bedanya, Error tidak bisa masuk Windowsnya ini ditandai dengan Laptop yang Restart terus menerus saat berada di posisi Startscreen.

Cara mengatasinya :

  1. Silakan bongkar dan ambil RAM Laptop sobat..
  2. Bersihkan kuningannya memakai Penghapus..
  3. Pasang lagi, kemudian coba test kembali.

Kalau ada 2 keping RAM, silakan coba satu-satu.

7. Cek Harddisk (Update 2019)

Cek Harddisk Laptop

Nah, terakhir Harddisk. Semua File sistem tentunya berada didalam Harddisk. Jadi nggak heran, kalau Harddisk rusak, otomatis sistem juga akan terkena efeknya.

Salah satu efek tersebut ialah File sistem yang tidak bisa diakses. Entah muncul pesan Error tertentu, atau cuma menampilkan layara gelap saja.

Solusinya, coba ganti Harddisk Laptop Anda. Atau cek saja terlebih dahulu memakai Aplikasi, misalnya HDTune atau Harddisk Sentinel.

Bisa coba Search Google Cara Monitoring Kesehatan Harddisk.

Penutup…

Sekian 6 cara yang biasa saya pakai saat Laptop tidak bisa masuk ke Windows.. Kesimpulannya, memperbaikinya memang sedikit bikin repot.. Tapi pada dasarnya kerusakan ini bukanlah kerusakan berat..

Asalkan bukan pada hardware (Harddisk atau RAM) Pasti balik normal lagi.

Kalau ada yang butuh ditanyakan, langsung saja kirim ya, lewat kolom komentar yang ada dibawah.

Semoga bermanfaat.

11 comments
  1. Saya punya masalah, kak. Saya mengaktifkan semua fitur Windows. Setelah itu, Windowsnya nyuruh aku restart komputer. Tapi setelah restart, yang terjadi bukannya tidak masuk Windowsnya, malah masuk ke BIOS/Blue Screen. Terus saya coba matikan kembali pakai tombol power. Tapi tetap gak bisa. Ada gak yang tahu solusinya?

  2. Laptop asus saya baru ganti hardisk, awal di hidup kan baik baik saja, setelah di matikan dan dihidupkan windows tidak muncul, yang muncul tulisan tulisan, di enter pun tidak berpengaruh, mohon solusi nya ya gan..tks

    1. Maaf, bisa dijelaskan lebih rinci? Awalnya bisa masuk Windows kemudian setelah dimatikan dan dihidupkan kembali Windows tidak muncul?

      Untuk tulisannya seperti apa ya?

  3. mohon izin tanya.
    saya punya laptop acer aspire. saat saya nyalakan layarnya hanya blank hitam saja tidak muncul apa apa, terus saya coba pake monitor external juga gak bisa. padahal laptopnya nyala cuma layarnya blank hitam gitu. laptop saya tanpa harddisk, ramnya cuma satu(2gb).
    ITU masalahnya apa ya gan, RAMnya kah atau apanya??
    mohon penjelasannya?

  4. Blank masih ada cahaya di monitor atau ngga gan?

    Iya RAM juga bisa jadi penyebab

    Coba lepas RAM > Bersihin kuningannya > Terus pasang lagi

    Ngomong-ngomong Laptopnya udah berapa lama dipakai?

  5. 4. Assalamualaikum ka laptop saya bermasalah, jadi ketika saya hidupkan itu layarnya sudah ke layar sign in, nah ketika saya klik sign gak bisa bisa ka, saya coba pake tombol power untuk matikan sementara dan saya hidupkan lagi tetap seperti itu..

    Laptop saya toshiba

  6. Halo kak, kalau stuck seperti itu harus coba masuk dulu ke safe mode

    Atau coba pakai system restore (Coba cari tutorialnya di Youtube ya)

    Dan kalau belum bisa, baru kak coba install ulang. Errornya dari sistem, dan 100% bisa normal lagi kok itu

  7. Halo gan izin bertanya. Saya punya kasus serupa di laptop lenovo disebabkan saya ngotak ngatik registry/regedit. Saya berniat utk mengubah nama partisi :c os saya yg tadi nya hdd ingin dipindahkan ke ssd yg baru saya pasang dgn harapan nanti pas diinstall ulang windowsnya berads di ssd. Tp ketika saya restart malah muncul layar hitam dan cursor yg bisa digerak2an saja. Kiranya bagaimana solusinya ya gan?

    1. Kalo dari regedit gampang mas, pakai System Restore bisa balik normal.

      Atau install ulang saja sekalian mas, kalau memang mau pindah SSD. Supaya lebih wuss.

      Lain kali kalau sekedar mau ubah partisi, nama, dll daripada lewat regedit mending pakai Disk Management bawaan Windows saja.

      -Ketik tombol Windows + R
      -Ketik diskmgmt.msc
      -Klik OK

      Terus atur deh disana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like