7 Trik PES Supaya Menang Tanding Terus

Trik PES

Saat menulis artikel ini, akhir-akhir ini saya lagi suka-sukanya dengan game PES 2018. Karena kebetulan habis upgrade PC, jadi PES 2018 yang sebelumnya lag, sekarang sudah lancar.

Seperti yang kita ketahui, seri PES ini memiliki cukup banyak peminat. Sebab, orang Indonesia itu kalau main game bola, ya biasanya PES ini.

Nah, sebagaimana apa yang telah tertera pada judul di atas, pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang trik-trik dalam bermain PES.

Trik Bermain PES

Ada banyak sekali strategi-strategi yang bisa diterapkan, supaya kita memenangkan pertandingan dalam game PES.

Saya sendiri sebenarnya sudah menjadi penggemar seri PES sejak lama. Dari zamannya Winning Eleven 9, bahkan PES 2002 dulu suka saya mainkan hanya untuk sekedar melepas stres.

Akan tetapi, di tempat saya sendiri, seri PES yang paling populer itu ada di seri 2013, 2016, 2017, dan yang paling baru sekarang, yaitu 2018.

Setiap seri tersebut pasti memiliki perbedaan. Mulai dari motion, hingga grafisnya. Semua itu tentunya bakal mengubah gameplay dari tiap pemain yang memainkannya.

Makin penasaran kan gimana aja triknya? Nah, untuk mempersingkat bahasan, langsung saja yuk, kita masuk ke pembahasan intinya. Berikut bahasannya:

1. Cari Tim Berdasarkan Gaya Bermain yang Anda Miliki

Gaya tiap orang memainkan game PES itu pasti berbeda-beda. Ada yang main possession, umpan terobosan, hingga crossing.

Oleh karena itu, strategi yang akan digunakan nanti, akan sangat bergantung pada kualitas pemain yang digunakan juga.

Berangkat dari hal tersebut, pilihlah tim yang benar-benar cocok dengan gaya bermain Anda.

Sebagai contoh, kalau Anda hobi crossing dari pojok, artinya Anda butuh penyerang yang tinggi untuk melakukan heading, seperti Lewandowski atau Ibrahimovic.

Namun tentunya bakal lebih bagus lagi kalau tim yang dipakai, punya overall stats yang lebih tinggi dari lawan.

NB: Ini tidak mengikat, ya. Utamanya adalah skill. Mau tim lemah pun, kalau yang mainnya bagus, bakal tetap menang terus, kok.

2. Gunakan Strategi yang Cocok untuk Gaya Bermain Anda

Selain gaya bermain player PES yang berbeda-beda, strategi yang bisa digunakan pun berbeda-beda. Ada yang maincounter sambil bertahan, possession di tengah, atau full attack secara terus-menerus.

Nah, di dalam PES sendiri, gaya bermain tiap player-nya tersebut sudah didukung penuh dengan strategi yang bisa diatur pada gameplan-nya, lho.

Di antaranya ada pengaturan:

  • All-out-defence
  • All-out-attack
  • Frontline-pressure
  • Dan lain sebagainya.

Strategi-strategi di atas akan sangat bergantung dengan gaya bermain yang Anda gunakan tentunya

Karena itu, ada baiknya untuk mengatur terlebih dahulu strateginya sebelum mulai bertanding. Apalagi kalau kondisi pemain dalam keadaan random.

Silakan cek dulu yang harus diganti, ya.

3. Bermain dengan Tenang

Sewaktu bertanding, pernah nggak Anda merasa frustasi? Di saat-saat seperti ini, biasanya kita cenderung membuang-buang bole ke depan, sehingga akhirnya bola selalu direbut oleh bek lawan di bagian tengah.

Hal ini justru jelas sia-sia, karena pada akhirnya Anda malah bakal tertekan lagi oleh para pemain musuh yang berada di daerah kita. Kecuali Anda memang merupakan player dengan tipe counter.

Oleh sebab itu, penting sekali menjaga kondisi mental, supaya tetap tenang meskipun skor sudah tertinggal jauh. Jangan frustasi, apalagi sampai banting stik. Sayang, mas!

4. Pelajari Basic Skill dari Seri PES yang Anda Mainkan

Saat bermain PES, biasanya ada skillskill dasar yang penting dipelajari, agar bisa meningkatkan potensi menang saat bertanding.

Basic skill yang dimaksud di sini, antara lain meliputi:

  • Trik merebut bola
  • Teknik crossing
  • Teknik passing
  • Teknik menendang

Contohnya:

  • Jangan merebut bola secara langsung, melainkan tunggu terlebih dahulu bola mengalir sampai mendapat timing yang pas.
  • Jangan ragu melakukan tackle, apabila lawan berada di posisi yang enak untuk menendang.
  • Dan lain-lain.

Basic skill ini sebenarnya nggak sama di setiap seri PES, karena setiap kali PES di-update, maka motion pemainnya juga kadang berbeda-beda.

Nah, untuk mencari skill basic-nya, Anda bisa cari triknya di YouTube, atau tanya-tanya ke orang yang sudah jago di seri PES yang Anda mainkan.

5. Skill Gaya Main? Opsional

Bukannya skill main itu penting? Kok, opsional?

Eits, jangan salah. Yang saya maksud itu bukan skill main, melainkan tips trik yang biasa dipakai di seri-seri PES.

Tips trik ini menyangkut gaya-gaya dribble, atau gaya skill pemain yang rata-rata bisa dilakukan dengan menekan beragam kombinasi tombol.

Bukan maksud menyinggung, tapi rata-rata tips trik tersebut jarang dipakai dalam permainan asli saat bertanding.

Tapi ini juga bukan berarti trik skill tidak penting. Bahkan, kakak saya biasanya makai trik menendang dengan crossing, dan selalu gol kalau tanding melawan saya di PES 2013. Saya bahkan baru tau baru-baru ini.

Yang terpenting, cobalah untuk mempelajari berbagai macam trik, seperti tendangan corner, tendangan bebas, dan sejenisnya.

Ini bisa meningkatkan peluang kemenangan saat tanding, serta bisa dilakukan sambil belajar basic skill PES.

6. Latihan dengan Mode Sulit

Ada beragam difficulty CPU dalam PES yang bisa Anda mainkan. Ada Beginner, Top Player, Superstars, hingga Legend.

Nah, biasanya, orang-orang saat latihan itu bermain dengan difficulty yang sesuai dengan kemampuan, mempertimbangkan bahwa mereka selalu kalah saat bermain dengan difficulty yang sulit.

Padahal, kalau menurut saya, cara seperti ini salah.

Menurut saya, lebih baik Anda selalu berlatih dengan difficulty yang tinggi sekaligus. Kalau kalah, biarkan saja. Seiring waktu, Anda akan terbiasa dengan difficulty tersebut, sehingga tanpa sadar skill Anda pun meningkat.

Tapi, kalau buat sekedar penghilang stres, jangan dipaksakan lawan difficulty yang keras. Malah tambah stres nantinya. Hehe.

7. Rajin Bermain

Terakhir, ini yang paling simpel, tapi super efektif. Anda mesti rajin bermain, kalau pingin skill PES Anda lebih cepat meningkat.

Bukan tanpa alasan. Orang yang rajin bermain, cenderung lebih hebat dibanding orang yang jarang memainkan PES. Ini karena orang yang rajin main kemampuannya selalu terasah.

Tapi, ada juga orang dengan tipe ‘pemanasan dulu’, yaitu tipe orang yang sudah ngerti PES, tapi jarang main, sehingga butuh beberapa kali tanding supaya skill yang sudah dimilikinya itu kembali. Misalnya saya sendiri. Hehe.

Akhir Kata

Pada akhirnya, hanya skill dan keberuntunganlah yang menjadi kunci utama dalam memenangkan pertandingan PES. Teruslah berlatih dan rajin bermain, supaya skill Anda jadi cepat meningkat.

Ngomong-ngomong, 7 trik di atas hanyalah opini pribadi saya. Sebab, di sini saya hanya pemain casual PES, bukan pemain hebat, apalagi master PES.

Untuk Anda yang merupakan seorang player PES, bolehlah bagi trik-triknya beserta seri PES apa yang dimainkan, melalui kotak komentar di bawah. Buat menambah wawasan bersama, kenapa nggak?

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Cara Setting VGA di AMD
Baca Yuk!

Cara Setting VGA AMD

Sudah tahu belum? Melakukan beberapa pengaturan di driver VGA AMD yang kita pakai, bisa mengoptimalkan pengalaman gaming kita,…