√ WhatsApp Error: Penyebab dan 11 Cara Mengatasinya (A Sampai Z)

Sebagai aplikasi chatting yang populer digunakan, tidak serta merta membuat Whatsapp senantiasa stabil sepanjang waktu. Ada kalanya WhatsApp juga bisa mengalami error atau masalah tertentu.

Masalah yang bisa dialami oleh WhatsApp ini bermacam-macam bentuknya. Begitu pun dengan penyebabnya, yang juga tak mungkin sama. Mulai dari masalah dari WhatsAppnya itu sendiri, sampai masalah dari HP yang Anda gunakan.

Lalu, apa saja sih jenis-jenis error pada Whatsapp yang umum terjadi? Dan jika hal tersebut sedang terjadi, bagaimana cara mengatasinya?

Ingat! Jenis error pada Whatsapp itu beragam, lho. Jadi, bukan hanya ada 1 atau 2 jenis masalah saja, melainkan banyak sekali variasinya.

Kemudian untuk cara mengatasinya sendiri, sudah banyak kok tutorial-tutorial yang bisa Anda temukan di Google.

Begitu pun di blog ini. Di sini, Anda juga bisa mempelajari bermacam-macam tutorial dan solusi seputar masalah pada Whatsapp, yang bisa Anda temukan di halaman daftar isi WA.

Nah, karena tutorialnya yang terpisah-pisah, di sini terbesit sebuah ide di kepala saya, untuk membuat rangkuman mengenai tutorial mengatasi beragam masalah pada Whatsapp, dalam satu artikel sekaligus.

Yuk, simak rangkuman pembahasannya, berikut ini:

1. Tidak Bisa Install WhatsApp

Tidak bisa install Whatsapp

Tidak bisa install WA yang dimaksud di sini adalah proses download atau instalasi WA yang mengalami kegagalan.

Dalam hal ini, saya pikir ada 2 penyebab yang biasanya terjadi:

Pertama: Koneksi internet Anda mengalami masalah, atau Google Playstore Anda yang mengalami masalah. Karena masalah yang timbul bisa beragam, jadi cara mengatasinya pun beragam pula.

Untuk itu, silakan baca solusi mengatasi Playstore tidak bisa download yang pernah saya bahas sebelumnya (cari saja di kolom pencarian), dan pastikan juga memori internal Anda masih ada cukup ruang.

Kedua: Di beberapa sumber mengatakan bahwa aplikasi WA saat ini hanya bisa digunakan untuk Android versi di atas 2.2. Jadi, untuk HP lama kemungkinan WA tidak bisa di-install lagi.

Untuk mengatasinya, silakan cek dulu versi Android Anda di:

Settings > About Phone.

Nanti akan terlihat versi Android Anda di sana.

2. Tidak Dapat Kode Verifikasi WhatsApp

Verif WA

Untuk melakukan login WA, kita membutuhkan nomor HP, yang mana nomor HP tersebut nantinya harus kita daftarkan untuk mendapat kode verifikasi.

Nah, ada beberapa pengguna yang menanyakan masalah kode verifikasi mereka tidak kunjung diterima.

Jika Anda mengalami hal ini juga, coba baca cara mengatasinya berikut ini:

  • Pertama: Coba sabar, tunggu dulu 10 menit atau lebih, karena datangnya kode verifikasi memang tidak selalu cepat.
  • Kedua: Pastikan sinyal yang didapat bagus, supaya tidak ada hambatan dalam penerimaan kode.
  • Ketiga: Pastikan nomor yang dimasukkan sudah benar, dan sesuai dengan yang sedang digunakan di HP. Karena kalau nomor salah, maka sampai kapan pun Anda tidak akan menerima kode verifikasi.
  • Keempat: Coba lakukan verifikasi via telepon, jika memang sudah ditunggu lama namun masih tidak diterima juga.
  • Kelima: Pastikan nomor Anda masih aktif, dan sudah teregistrasi.

3. Tidak Bisa Menambah Kontak / Kontak Tidak Muncul

Kontak WA Tidak bisa ditambah

Untuk menambahkan kontak pada WA sangat mudah caranya. Anda hanya perlu menambahkan nomor telepon kontak tersebut di HP Anda, kemudian Anda bisa langsung mengirimnya pesan.

Nah, adapun masalah tidak bisa menambah kontak pada WA atau kontak tidak muncul, Anda bisa mengikuti 3 hal berikut ini:

  • Pertama: Pastikan nomor yang Anda masukkan sudah benar. Kalau yang dimasukkan benar, harusnya WA sudah bisa langsung mendeteksi secara otomatis.
  • Kedua: Pastikan nomor yang dimasukkan sudah terdaftar ke WA. Karena nomor yang belum terdaftar, tidak akan muncul sebagai kontak WA Anda.
  • Ketiga: Jika kedua hal tadi Anda sudah yakin benar, namun masih belum muncul juga, coba perbarui halaman kontak WA Anda, barangkali hanya belum update saja. Opsi “perbarui” ini ada di tombol titik tiga pada halaman tersebut.

4. Tidak Bisa Mengirim Pesan

Tidak bisa mengirim pesan WA

Masalah saat mengirim pesan malah tertunda (pending), atau bahkan gagal bisa disebabkan karena banyak hal.

Paling sering dikarenakan koneksi internet yang lelet, atau masalah nomor Anda telah diblokir oleh kontak tujuan.

Untuk masalah ini, sepertinya akan panjang kalau dibahas di sini. Silakan baca saja lengkapnya di artikel:

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan.

5. Tidak Bisa Menerima Pesan (Tidak Ada Inbox Masuk)

WA Tidak bisa menerima pesan

Tidak bisa menerima pesan, adalah masalah yang terjadi ketika kita tidak mendapatkan pesan yang masuk, sekalipun teman kita sudah mengirimkan kita pesan.

Penyebabnya sendiri pun tidak jauh beda dengan masalah tidak bisa kirim pesan. Sedangkan cara untuk mengatasinya, adalah sebagai berikut:

  • Pertama: Pastikan koneksi internet Anda lancar dan normal. Begitu pun dengan kontak yang mengirimi Anda pesan, karena bisa jadi kontak tersebut yang memiliki masalah koneksi, sehingga gagal atau pending.
  • Kedua: Coba update Whatsapp Anda, jika memang tersedia pembaruan di Playstore.
  • Ketiga: Hapus WA Anda, kemudian coba install lagi. Biasanya jadi normal lagi.

6. Tidak Bisa Melakukan Panggilan Melalui Whatsapp

Panggilan Whatsapp

Untuk melakukan panggilan melalui WhatsApp, kita hanya perlu menekan tombol panggil yang bisa dilihat di bagian kanan atas jendela chatting.

Saya pribadi, sih, jarang menemukan kendala saat melakukan panggilan ini. Namun, ternyata tidak sedikit orang yang menanyakan kenapa Whatsapp mereka tidak bisa melakukan panggilan (termasuk video call).

Cara mengatasinya:

  • Pertama: Coba clear data atau Cache Whatsapp Anda.

Klik Settings > Aplikasi > Whatsapp > Clear Data atau Clear Cache.

Hapus data dan cache Whatsapp
  • Kedua: Pastikan koneksi internet Anda tidak lelet. Karena untuk melakukan panggilan telepon via aplikasi chatting, diperlukan koneksi yang lebih baik dibandingkan dengan chat biasa.

7.  Tidak Bisa Melihat Status Orang Lain

Status Whatsapp tidak muncul

Di WhatsApp, kita bisa meng-update sebuah status, yang mana status tersebut dapat dilihat oleh orang lain, dan begitu pula sebaliknya.

Lantas, apa yang sebenarnya terjadi ketika kita tidak bisa melihat status orang lain?

Hal ini bisa disebabkan karena mungkin kontak tersebut telah menyembunyikan statusnya dari Anda, dengan mengatur setelan privasinya. Jika sudah diatur seperti ini, hanya kontak-kontak tertentu saja yang bisa melihat status tersebut.

Untuk cara mengatasinya, Anda mau tidak mau harus meminta orang tersebut untuk mengecualikan nomor Anda dari opsi privasi.

8. Tidak Bisa Memutar Video Pada Whatsapp

Tidak bisa memutar video wa

Selain dalam bentuk tulisan, kita juga bisa menerima pesan dalam bentuk media lainnya melalui aplikasi chatting satu ini. Seperti foto dan video misalnya.

Untuk video, Anda bisa memutarnya langsung di aplikasi Whatsapp.

Sayangnya, hal ini bisa mengelami error sehingga WA tidak bisa memutar video. Masalah ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Bisa karena koneksi, bug, dan lain sebagainya

Cara mengatasinya:

  • Pertama: Pastikan koneksi intenet Anda kencang dan stabil. Karena jika tidak, video yang diputar nanti tidak akan menampilkan gambar (gelap saja).
  • Kedua: Coba hapus WhatsApp, kemudian pasang lagi (reinstall).

9. Story Whatsapp Tidak Muncul

Apa itu story WhatsApp? Story WA adalah sebuah fitur yang memungkinkan kita bisa membuat status unik, serta bisa memasukkan emoticon, bahkan video ke dalamnya.

Untuk poin ke sembilan ini, sebenarnya masih merupakan jenis masalah yang sama seperti masalah video tidak bisa diputar, dan masalah tidak bisa melihat status orang lain yang sudah saya bahas sebelumnya.

Namun masalah ini lebih dikhususkan lagi untuk story WA saja.

Cara mengatasinya:
  • Pertama: Coba update Whatsapp Anda jika sudah tersedia update terbaru.
  • Kedua: Pastikan koneksi internet Anda stabil.
  • Ketiga: Coba clear cache Whatsapp Anda.

10. Whatsapp Tidak Bisa Terhubung

WA tidak bisa terhubung

Pesan Whatsapp yang tidak bisa terhubung adalah masalah yang sangat sering terjadi. Masalah ini cukup erat kaitannya dengan jaringan internet.

Saat muncul pesan ini, biasanya WA jadi tidak bisa digunakan. Entah itu untuk update status, chatting, bahkan pesan masuk baru pun jadi tidak bisa kita terima.

Untuk mengatasinya, sebenarnya agak panjang kalau dibahas di sini. Tapi untuk langkah awal, silakan coba cara berikut ini:

  • Pertama: Pastikan koneksi intenet stabil.
  • Kedua: Lakukan clear data dan cache Whatsapp.
  • Ketiga : Reinstall. Hapus WhatsApp, kemudian pasang lagi.

11. WhatsApp Suka Berhenti

Whatsapp berhenti

Dan terakhir, masalah WA yang suka berhenti tiba-tiba. Maksudnya sih gimana?

Maksud suka berhenti di sini adalah Whatsapp yang ketika dipakai, tiba-tiba menutup sendiri (force close), kemudian menayangkan pesan “unfortunately, Whatsapp has stopped” atau “sayangnya Whatsapp telah terhenti”.

Masalah ini sering terjadi ketika WA sedang dipakai (chatting misalnya).

Penyebab WA suka berhenti ini bermacam-macam, namun secara garis besar bisa diatasi dengan cara berikut:

  • Pertama: Hapus WA, kemudian pasang lagi.
  • Kedua: Jika masih belum efektif, lakukan reset HP.

Penutup

Demikianlah 11 cara mengatasi berbagai masalah pada WA.

Kalau saya simpulkan, walaupun penyebab errornya bermacam-macam, tapi cara mengatasinya hampir tidak jauh beda satu sama lain.

Jujur saja, 11 jenis error yang saya bahas di atas, hanyalah sebagian kecil dari masalah lain yang juga mungkin terjadi pada WhatsApp.

Apa yang saya bahas tadi, hanyalah beberapa masalah pilihan yang cukup sering saya temui.

Jadi, mungkin masih banyak lagi masalah lain lagi yang bisa terjadi pada WhatsApp.

Nah, jika Anda punya masalah lainnya, jangan ragu untuk menanyakannya lewat kotak komentar di bawah ini, barangkali saya bisa bantu.

Semoga bermanfaat.

Ketahui Juga Yuk! Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Menerima Gambar.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like