Cara Mengatasi WiFi Tidak Tersambung

Cara Mengatasi Wifi yang Tidak Tersambung

Cara mengatasi WiFi tidak bisa tersambung/no internet access di HP Android – Di HP Android, ada 2 jenis koneksi yang biasa digunakan, yakni koneksi data seluler dan koneksi WiFi.

Kedua jenis koneksi tersebut, tentunya memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Nah, tentang koneksi WiFi, salah satu kekurangannya, atau mungkin lebih tepat jika kita sebut sebagai masalah yang umum terjadi pada koneksi jenis ini, ialah di mana WiFi tidak bisa konek, dan muncul pesan “no internet access“.

Penyebab WiFi Tidak Bisa Konek (No Internet Access)

Saya sendiri sebenarnya merupakan pengguna Android yang cukup sering mengakses internet via jaringan WiFi. Kebetulan ada modem WiFi di rumah, yang mana pastinya sayang sekali kalau nggak dimanfaatkan.

Apalagi koneksi internet yang didapat melalui WiFi itu umumnya jauh lebih cepat, dan sinyalnya pun relatif lebih kuat.

Masalahnya, kondisi seperti ini sering saya temui, di mana HP yang saya gunakan sulit untuk terhubung ke jaringan WiFi, bahkan hingga muncul pesan no internet access seperti yang disinggung di awal tadi.

Hal ini pun membuat saya penasaran dan bertanya-tanya, sebenarnya apa sih faktor-faktor yang menyebabkan hal ini?

Ternyata, setelah saya coba telusuri, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan mengapa WiFi sampai bisa mengalami kondisi no internet access, seperti:

  • Masalah router.
  • Faktor sinyal atau jaringan.
  • Gangguan dari provider penyedia WiFi itu sendiri.
  • dan sebagainya.

Lebih dari itu, penyebab-penyebab tersebut bersifat tidak pasti, sehingga untuk mengatasinya pun tidak bisa diburu-buru.

Cara Mengatasi WiFi Sulit Terhubung/No Internet Access

Nah, meski penyebabnya tidak pasti, bukan berarti masalah ini tidak bisa diatasi sama sekali.

Anda mungkin bisa mengikuti tips-tips berikut ini. Harapannya, koneksi WiFi di HP Anda bisa normal kembali.

Langsung saja, berikut pembahasannya:

1. Restart HP

Restart Android

Solusi simpel pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah WiFi ini adalah dengan me-restart HP.

Kenapa bisa begitu? Alasannya, karena saat HP Android dimuat ulang, beberapa eror pada sistem sering kali bisa menjadi normal kembali.

Hal ini disebabkan karena data-data yang sedang dalam proses akan ikut dimuat ulang pula, sehingga sistem akan menjadi lebih fresh, dan diharapkan tidak membawa eror yang ada sebelumnya.

Tips lainnya, Anda juga bisa coba mematikan HP, kemudian cabut semua kartu SIM dan memori yang terpasang, lalu nyalakan kembali.

2. Restart Modem/Router

Restart Router

Selain restart HP, Anda juga bisa mencoba untuk me-restart router/modem selama beberapa detik. Cara ini juga sangat efektif, lho.

Nah, perhatikan juga barangkali router/modem tersebut panas, karena faktor suhu ini juga bisa menjadi penyebab gangguan koneksi pada WiFi. Kalau panas begini, sebaiknya dinginkan dulu selama beberapa saat.

Cara ini biasa saya lakukan kalau modem MiFi yang saya gunakan menghasilkan koneksi yang lelet, hingga tidak bisa tersambung (no internet access).

3. Aktifkan Mode Pesawat

Mode Pesawat Android

Salah satu trik umum untuk mengatasi internet yang tidak tersambung juga bisa dengan mengaktifkan mode pesawat.

Saat mode pesawat diaktifkan, maka secara otomatis koneksi data maupun WiFi yang terkoneksi ke internet akan dimatikan secara paksa.

Nah, biasanya saat mode pesawat ini dinonaktifkan kembali, koneksi yang eror tadi akan normal seperti sedia kala.

Caranya begini:

  • Coba restart HP.
  • Sambungkan ke WiFi.
  • Nyalakan mode pesawat selama beberapa detik, lalu nonaktifkan kembali.
  • Terakhir, sambungkan kembali WiFi-nya.

4. Periksa Jaringan WiFi yang Digunakan

Periksa Jaringan WIFI

Di antara penyebab yang sangat sering terjadi pada masalah WiFi adalah gangguan provider.

Provider, alias jasa penyedia layanan internet, sangat erat kaitannya terhadap kestabilan dan kelancaran penggunaan akses pada WiFi. Terutama untuk Anda yang juga pengguna modem WiFi seperti saya.

Sangat mungkin Anda akan mengalami beberapa gangguan di cuaca-cuaca tertentu, seperti ketika hujan lebat misalnya.

Nah, solusi untuk masalah ini, Anda bisa coba mengganti provider, atau menunggu sampai jaringan yang mengalami gangguan tadi normal kembali.

Untuk pengguna internet kabel/router, Anda bisa menelepon call center jika gangguan yang dialami sudah terjadi berhari-hari.

5. Masukkan Ulang Password WiFi

Cek Ulang Password WIFI

Selain masalah perangkat dan provider, kesalahan password juga bisa berpengaruh, lho.

Coba perhatikan dengan lebih teliti. Password yang dimasukkan di HP tentunya harus sesuai dengan yang ter-setting pada router/modem.

Jika password tidak sama, maka akan menyebabkan WiFi tidak bisa tersambung, dan biasanya menyebabkan WiFi mengalami masalah autentifikasi.

Sekalipun tersambung, biasanya koneksi bakal “bengong” alias tidak ada respon.

Nah, Anda bisa mengatasinya dengan cara berikut:

  • Ganti password di modem atau router yang ingin disambung.
  • Lakukan Forget WiFi di pengaturan WiFi Android.
  • Lalu masukkan kembali password baru yang sudah diubah tadi.

Anda bisa juga coba baca artikel Cara Melihat Password WiFi yang Sudah Connect di Android.

6. Cek HP, Jangan Sampai Terblokir Oleh Modem/Router

Cara hilangkan block HP di modem MIFI Router

Bingung HP yang tadinya bisa internetan dengan normal dengan WiFi tertentu, tapi tiba-tiba WiFi tersebut jadi sulit tersambung? 

Nah, bisa jadi perangkat Anda telah diblokir oleh modem atau router yang ingin dikoneksikan.

Beda kasus dengan masalah ganti password sebelumnya. Saat gadget yang ingin dikoneksikan ke router/MiFi terblokir, biasanya gadget masih bisa menangkap sinyal WiFi tersebut, namun gadget akan selalu mengalami disconnect terus menerus.

Nah, solusinya, Anda harus mengecek kembali konfigurasi router/MiFi yang dipakai tadi, kemudian lakukan unblock jika memang ada setting pemblokiran gadget tertentu.

Solusi lainnya, Anda bisa coba me-reset router/MiFi, agar seluruh konfigurasi yang tersimpan akan terhapus seluruhnya. Tapi perhatikan pula, jangan sampai lupa password default dari router/MiFi-nya, ya.

Baca juga: Cara Mengatasi Tanda Silang WIFI Supaya Normal Kembali

7. Ganti Tanggal dan Waktu di Pengaturan Android

Cek Tanggal Waktu HP

Saya sempat membahas tentang “masalah ‘your connection is not secure/not private‘ dan bagaimana cara mengatasinya” pada artikel sebelumnya.

Pada artikel tersebut, saya juga sempat mengatakan bahwa setting date (tanggal) bisa berpengaruh terhadap koneksi internet.

Termasuk pada koneksi WiFi di Android, hal ini pun bisa berpengaruh, lho. Biasanya WiFi menjadi tidak terhubung atau mendapati pesan “no internet access“.

Nah, hal ini biasanya terjadi karena tanggal dan waktu yang ter-setting di HP Android Anda tidak sesuai dengan regional tempat Anda tinggal, atau dengan waktu regional provider yang sobat gunakan.

Umumnya menggunakan UTC 07:00 Bangkok Hanoi Jakarta.

Penyebab setelan yang ngaco sendiri seperti ini bisa disebabkan karena HP Anda sempat tidak menggunakan kartu SIM, sehingga HP tidak bisa mendeteksi waktu region sekitar.

Selain itu, hal ini juga bisa disebabkan karena Anda pernah mengatur setelan waktu menjadi manual.

Solusinya simpel. Cukup ganti waktu yang ter-setting tersebut mengikuti waktu yang sesuai dengan tempat di mana Anda tinggal.

8. Reset HP

Reset Android

Tips terakhir, Anda bisa melakukan factory reset HP. Reset ini hanya saya sarankan kalau Anda sudah mencoba 7 cara sebelumnya, tapi nihil, dan koneksi WiFi masih saja belum bisa terhubung.

Reset HP sangat direkomendasikan untuk Anda yang mengalami berbagai permasalahan di HP Android, termasuk masalah WiFi ini.

Sebab, bisa jadi ada kesalahan konfigurasi sistem yang tersimpan di HP, yang tidak bisa diubah. Melalui reset ini, diharapkan konfigurasi tersebut akan kembali ke titik awal di mana HP masih dalam keadaan normal.

Tapi, sebelum melakukan reset, coba pastikan lagi koneksi WiFi yang eror tersebut, dengan cara disambungkan ke HP lain. Kalau di HP lain ternyata normal, baru bisa dipastikan bahwa HP Anda memang eror.

Penutup

Demikianlah 8 cara mengatasi WiFi yang susah konek, tidak bisa tersambung, atau keluar pesan “no internet access“. Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman saya pribadi, serta mengambil beberapa tips dari referensi situs lain.

Nah, selain itu, masih ada beberapa tips-tips lain yang tidak saya masukkan di sini. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi yang bernama F1xer WiFi.

Konon, aplikasi ini bisa memperbaiki WiFi yang eror, atau sulit terkoneksi.

Tapi tidak saya masukkan di sini, karena setelah coba browsing ke sana ke mari mengenai cara kerja aplikasi ini, hasilnya nihil. Jadi belum ada ulasan yang cukup kuat untuk membuktikan “kehebatannya”.

Nah, saya harap, 8 cara yang saya bagikan di sini bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah yang sedang dialami ini.

Semoga bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like