Cara Menghilangkan Iklan Mengganggu HP Android

Cara Menghilangkan Iklan yang Mengganggu di HP

Adanya iklan, sejatinya bisa jadi sumber pendapatan bagi seorang owner dari sebuah aplikasi atau website. Dalam kata lain, adanya iklan ini akan lebih baik jika kita tidak menghilangkannya.

Masalahnya, kadang iklan yang muncul itu sangat mengganggu. Baik itu tampilannya, letak posisinya yang menutupi, hingga jumlahnya yang terlampau banyak.

Bukan hanya Anda, saya sendiri juga tentu tidak nyaman jika ada iklan dengan model seperti itu.

Baca juga: Cara Mengatasi Iklan Pop Up Android dengan Mudah.

Cara Menghilangkan Iklan yang Mengganggu Saat Sedang Browsing

Ada beberapa jenis iklan yang biasa muncul di HP Android. Iklan-iklan tersebut, ada yang muncul pada game, browser, video, sampai iklan yang muncul tiba-tiba (padahal kita tidak sedang membuka apa-apa).

Nah, biasanya iklan itu paling sering muncul ketika kita sedang browsing. Sebab, memang banyak owner website yang memasang iklan secara berlebihan di situs mereka, dengan maksud untuk meningkatkan pendapatan.

Padahal, iklan-iklan tersebut justru akan membuat pengunjung website merasa kesal, yang akhirnya malah tidak mau mengunjungi website tersebut lagi.

Selain itu, tidak sedikit juga yang akhirnya mencari cara untuk memblokir iklan tersebut. Contohnya? Mungkin Anda sendiri yang sedang membaca artikel ini.

Seperti judul tulisan ini, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan iklan ‘pengganggu’ tersebut. Cara-cara ini bisa berfungsi di Android root maupun non-root.

Yang perlu diingat, tips ini mungkin saja tidak berhasil, sebab dipengaruhi oleh faktor dan kondisi, seperti versi Android, tipe HP yang digunakan, dan sebagainya.

Tapi, tidak ada salahnya untuk mencoba dulu bukan?

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan browserbrowser tertentu dengan fitur Adblock, alias pemblokir iklan. Nah, di sini ada 2 browser yang saya rekomendasikan, yaitu:

1. Dengan Google Chrome

Chrome

Google Chrome merupakan aplikasi broweser besutan Google, dan menjadi browser favorit yang paling sering saya gunakan di Android.

Browser ini memiliki fitur lengkap, stabil, dan aman untuk dipakai.

Yang paling menarik buat saya, Google Chrome ini bisa melakukan filtering terhadap iklan-iklan yang mengganggu. Contohnya, seperti iklan pop-up dan sejenisnya.

Sedangkan iklan yang tidak mengganggu, biasanya masih ada.

Tentunya, solusi yang ditawarkan oleh Google ini akan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Di satu sisi Anda merasa nyaman saat browsing, dan di sisi lain pemilik website tetap mendapatkan pendapatan dari website mereka.

Tapi, jika Anda bersikeras untuk memblokirnya, Anda juga bisa menghilangkan fungsi Javascript pada browser ini.

Caranya:

  1. Masuk Settings > Site Settings > Pop-Ups > Silakan non aktifkan fungsi pop-up di sini.
  2. Masuk Settings > Site Settings > Javascript > Silakan non aktifkan fungsi Javascript di sini.

Perlu diketahui, jika Anda menonaktifkan kedua fungsi Google Chrome tersebut -khususnya Javascript- maka akan ada banyak fitur website yang tidak bisa berjalan dengan baik.

Tentunya, hal ini malah bisa menurunkan kenyamanan Anda ketika sedang browsing.

Maka solusinya, ada 2 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya, yaitu:

  • Dengan menambahkan exception website yang ingin Anda nyalakan fungsi pop-up dan Javascript-nya,
  • atau mengaktifkan kembali 2 fungsi pop-up dan Javascript Google Chrome di atas.

2. Gunakan UCBrowser

Ucbrowser android

Selain Google Chrome, UCBrowser juga adalah salah satu browser yang saya rekomendasikan buat Anda yang ingin browsing tanpa terganggu oleh iklan.

Berbeda dengan Google Chrome yang bisa memfilter iklan, UCBrowser ini akan memblokir seluruh iklan yang muncul di seluruh website yang Anda kunjungi.

Ada 2 fitur adblock pada UCBrowser, yaitu adblock ‘biasa’ dan adblock ‘kuat’ yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Namun, saya harap Anda mematikan fungsi adblock tersebut, dan menyalakannya jika menemui website dengan iklan yang mengganggu saja.

Ini demi men-support para konten kreator lokal agar bisa terus berkarya menyajikan konten-konten bermanfaat untuk Anda.

Baca juga: Browser Terbuka Sendiri? Cek Solusinya!

Cara Menghilangkan Iklan yang Mengganggu di Game atau Aplikasi

Selain iklan yang ada di situs web, aplikasi atau game Android juga biasanya terpasang iklan, yang mana iklan tersebut dipasang juga oleh pembuat aplikasi itu sendiri.

Jika Anda menemui iklan yang mengganggu saat menjalankan suatu aplikasi, Anda bisa mengatasinya dengan memakai cara berikut ini:

Memakai Aplikasi NoRoot Firewall

No Firewall Android

NoRoot Firewall, adalah salah satu aplikasi populer untuk menghilangkan iklan pada aplikasi Android.

Perlu Anda ketahui, pada saat Anda terhubung ke internet, aplikasi yang Anda pakai akan secara otomatis tersambung ke server (tempat) penyedia iklan.

Hal inilah yang kemudian menjadi penyebab kenapa Anda tidak menemui iklan sama sekali saat HP Anda tidak tersambung ke internet.

Nah, dari sini Anda bisa tebak, aplikasi NoRoot Firewall ini bekerja dengan cara memblokir akses internet pada suatu aplikasi, agar aplikasi tersebut tetap bekerja secara offline meskipun sebenarnya Anda sedang online.

Untuk memakainya sangat mudah, lho:

  1. Download terlebih dahulu aplikasi NoRoot Firewall di Google Playstore.
  2. Buka aplikasinya. Jika muncul notifikasi pesan sebelum menggunakan NoRoot Firewall, klik saja I Trust This Application.
  3. Masuk ke tab Apps. Di tab ini, akan terdapat seluruh aplikasi yang terinstal di HP Android Anda.
  4. Klik kedua kolom (yang ada di sebelah aplikasi) sebanyak 2 kali, sampai kolom tersebut terdapat tanda silang berwarna merah. Itu tanda bahwa akses dari aplikasi yang tercentang silang tersebut sudah terblokir (Deny Access).

Perlu diingat, karena fungsi aplikasi ini bekerja dengan cara memblokir akses internet, itu artinya Anda tidak bisa melakukan pemblokiran pada aplikasi yang butuh akses internet untuk menjalankannya.

Contohnya seperti game online, browser, atau aplikasi chatting.

Jika Anda memaksakannya, maka akibatknya akan menyebabkan aplikasi-aplikasi tersebut justru jadi tidak bisa jalan.

PS: Seperti namanya, aplikasi ini juga bisa berjalan di mode No-Root.

Cara Menghilangkan Iklan yang Muncul Tiba-Tiba di Android

Terakhir, adalah jenis iklan yang menurut saya paling bandel di Android.

Iklan yang muncul tiba-tiba, adalah suatu kondisi di mana Anda tidak membuka aplikasi apa pun, tapi tiba-tiba muncul iklan berjenis gambar maupun video.

Iklan ini muncul ketika HP Anda tersambung ke internet, meski terkadang juga muncul saat HP Anda dalam keadaan offline dikarenakan file yang iklan sudah masuk ke dalam cache HP.

Mengatasi iklan muncul tiba-tiba seperti ini susah-susah gampang. Anda bisa mulai mencari dulu apa penyebabnya, sampai melakukan reset HP kalau benar-benar sudah parah kondisinya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Facebook Keluar Sendiri Jadi Normal Lagi

Akhir Kata

Sekian artikel tentang 3 cara mudah memblokir iklan yang mengganggu di Android. Cara ini adalah cara yang biasa saya pakai untuk melakukan pemblokiran iklan yang mengganggu.

Sekali lagi, lakukanlah pemblokiran iklan secara bijak, ya.

Karena pendapatan dari webmaster/appmaker, bergantung dari iklan yang Anda lihat.

Jika Anda memblokir seluruh iklan yang ada, bukan tidak mungkin suatu saat aplikasi atau website favorit Anda akan tutup karena kurangnya pemasukan.

Sebab, perlu diketahui bahwa membuat aplikasi atau website itu nggak gratis, lho.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like