Tips Jitu! Cara Mengatasi Windows Was Unable To Connect (WIFI)

Windows Was Unable To Connect – Bisa terjadi semua versi OS Windows, entah Windows 7, 8 atau Windows 10.

Masalah ini terjadi persis ketika kita mau konek WIFI atau koneksi seluler (Modem). Biasanya ditandai dengan loading yang lama sebelum keluar error.

Pastinya agak repot ya.. jadinya. Untuk mengatasi hal tersebut, yuk kita bahas lengkapnya di artikel ini.

Mengatasi Windows Was Unable To Connect

Saya sendiri yang pengguna WIFI, sudah cukup sering mengalami ini. Dan sejauh yang saya tahu, ada beberapa penyebab dari Windows Unable To Connect.. Yaitu :

Penyebab Windows Unable To Connect

Modem Error : Kalau saya di Modem WIFI (MIFI) kalau lagi Error, sinyal memang terbaca. Tapi, kalau disambung itu nggak bisa.

Kesalahan Sistem : Ini banyak sebabnya. Tapi yang dimaksud disini (Tepatnya) ialah masalah Bug Windows.

Salah Konfigurasi : Untuk beberapa jenis koneksi, salah konfigurasi memang cukup berpengaruh. Nggak heran, kalau masalah susah konek Internet di Windows ini bisa terjadi karena hal ini.

Dan lain-lain : Masih banyak lagi..

Nah, untuk mengatasinya, fokus disini kita hanya perlu mengecek konfigurasi, mereset koneksi, serta Modem yang dipakai saja.

Langsung saja, berikut cara mengatasinya..

Cara Mengatasi Windows Was Unable To Connect (Windows 7, 8, 10)

1. Restart Modem Dulu

Connect Modem

Jujur saja, waktu saya lagi mengalami hal ini, saya biasanya langsung merestart Modem.

Hasilnya? Sangat efektif. Koneksi WIFI yang tadinya nggak bisa tersambung, bisa jadi normal lagi tanpa masalah.

Untuk yang belum tahu, maksud Restart disini adalah untuk mereset koneksi dari modem (Yang sebelumnya tersimpan). Jadi seperti di Refresh kurang lebih.

Oh ya, terkadang masalah belum bisa terselesaikan hanya dalam 1 kali Restart. Jadi silakan coba sampai bisa.

2. Reset Pengaturan Modem

Reset Setting Modem

Kesalahan konfigurasi Modem, bisa terjadi tanpa kita ketahui. Nah, karena setting awalnya nggak tahu, solusi paling jitu ialah dengan mereset Modemnya.

Cara resetnya sendiri sayangnya beda-beda ya. Nah, sebagai gambaran :

Untuk Router, Anda bisa coba mengakses halaman Admin di Browser (192.168.1.1) > Pergi ke Settings > Lalu cari halaman Reset.

Sedangkan untuk Modem USB, coba buka Aplikasi Mobile Partner > Masuk ke Settings > Kemudian cari Opsi reset di bagian Device.

3. Lakukan Troubleshoot Network

Troubleshoot Internet

Ketika pesan Unable To Connect muncul, biasanya Windows bisa mendeteksi darimana asal penyebabnya.

Nah, kita bisa mencari tahu penyebab tersebut, sekaligus mengatasinya. Caranya dengan membuka fitur Troubleshoot Network pada jaringan.

Silakan pergi ke Control Panel > Buka Network And Internet > Klik Network And Sharing Center > Kemudian klik Troubleshoot Problems.

Kalau sudah tinggal ikuti saja langkah-langkah yang ada.

4. Pastikan Setting IP Benar

Pengaturan IP

Waktu kecil dulu, saya sempat pernah coba otak-atik settingan Internet Windows, dengan tujuan koneksi bisa jadi lebih cepat. Eh hasilnya malah terjadi Error Unable Connect hehe..

Barangkali Anda pernah melakukan hal yang sama, Anda harus cek terlebih dahulu settingan IP ini. Caranya buka Control Panel > Network And Internet > Network And Sharing Center > Adapter Settings.

Klik kanan pada Koneksi yang dipakai > Pilih TCP/IPv4 > Kemudian setting IP Address dan DNS Address ke Automatically.

Kalau sudah klik OK dan tutup semua jendela yang ada. Lalu coba deh, koneksikan lagi Internetnya.

5. Nyalakan Fitur Network Discovery

Mengaktifkan Fitur Network Discovery

Sebenarnya ini adalah salah satu pengaturan Data Sharing, yang membuat Komputer kita bisa terlihat oleh Komputer lain.

Walau sekilas nggak begitu berhubungan, menyalakan fitur Network Discovery terkadang bisa membantu mengatasi Error Unable Connect.

Caranya buka Control Panel (Lewat kolom Search) > Buka Network And Internet > Network And Sharing Center > Klik Change Advanced Sharing Settings > Kemudian pilih opsi Turn On Network Discovery.

6. Memperbaiki Winsock Lewat CMD

Reset Ulang Winsock

Apa itu Winsock? Singkatnya Winsock ini adalah sebuah data yang didalamnya terdapat beragam setting koneksi dari Komputer / Laptop.

Nah, kerusakan pada Winsock cukup sering terjadi. Bisa disebabkan salah setting (Persis seperti tadi), atau bisa juga karena virus.

Untuk mengatasinya nggak susah. Coba reset lewat CMD. Caranya klik tombol Windows + R > Ketik CMD > Ketik netsh winsock reset > Tekan Enter > Lalu Restart.

Cara tersebut bisa diterapkan di semua versi Windows, terutama Windows 7 sampai 10.

7. Uninstall Driver Modem Di Device Manager

Reinstall Driver Modem

Kalau Anda menginstall perangkat WIFI atau Modem, Drivernya pasti akan terdeteksi di Device Manager.

Menghapus Driver tersebut, bisa Anda coba lakukan. Dengan tujuan untuk mengatasi barangkali Errornya dari Program perangkat.

Caranya tekan tombol Windows + R > Ketik devmgmt.msc > Klik OK > Cari Driver WIFI / Modem yang dipakai > Klik kanan lalu pilih Uninstall.

Kalau sudah Restart, supaya Komputer / Laptop bisa memasang kembali Driver tadi secara otomatis.

8. Install Ulang Windows

Install Ulang Windows

Error pada sistem kadang memang sulit diperbaiki, sekalipun kita sudah melakukan cara-cara diatas untuk mengatasi pesan Windows Was Unable To Connect.

Karena itu, disini saya sarankan juga untuk melakukan Install ulang Windows. Tujuannya agar semua pengaturan serta Error sistem lama bisa hilang.

Oh ya, kalau bisa coba juga Downgrade / Upgrade versi Windowsnya. Misalnya dari 7 ke 8.. Atau sebaliknya. Barangkali berpengaruh.

Penutup…

Memang nggak begitu sulit untuk mengatasi Error ini. Saya sendiri yang hampir tiap hari mengalami masalah tidak bisa konek di WIFI saya (Unable Connect), menggunakan beberapa dari semua cara yang dibahas diatas, selalu berhasil (Sampai sekarang).

Oh ya, memang tidak saya tulis diatas.. Mungkin Anda juga bisa mencoba Modem yang lain. Barangkali ada masalah pada perangkatnya.

Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like