Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Konek WiFi

Cara Mengatasi Windows 10 yang Tidak Bisa Konek WIFI

Windows 10 merupakan versi Windows yang paling populer digunakan saat ini.

Banyak orang tertarik menggunakan Windows 10, dengan alasan fitur dan keamanan yang didapatkan sangat baik.

Belum lagi ditambah dengan adanya update rutin yang selalu diberikan oleh Microsoft, menjadikan ketenaran versi ini semakin menjadi-jadi.

Meski sudah mendapat banyak pengembangan, Windows 10 tetap mempertahankan kehadiran berbagai fitur dasar di sana. Mulai dari Task Manager, taskbar, time clock, hingga dukungan penggunaan WiFi.

Fitur WiFi di Windows 10

Dukungan WiFi di Windows, rasanya sudah menjadi fitur dasar yang wajib dipertahankan. Meski sudah ada sejak Windows versi lama, penggunaan WiFi justru semakin meningkat setiap tahunnya.

Akan tetapi, bicara soal WiFi, ada satu masalah yang kadang dialami oleh para pengguna Windows 10, termasuk saya sendiri.

Masalah yang dimaksud adalah kondisi di mana fitur WiFi tersebut tidak dapat terkoneksi.

Masalah WiFi semacam ini sebenarnya tidak begitu sering terjadi. Namun jika Anda menggunakan jaringan ini setiap hari, kemungkinan besar Anda sudah pernah mengalaminya satu atau dua kali.

Penyebab WiFi Windows 10 Tidak Bisa Konek

Nah, apa sih faktor-faktor yang bisa menyebabkan hal ini?

Ternyata banyak, lho. Mulai dari faktor internal seperti error pada Windows 10 Anda, sampai faktor eksternal seperti gangguan pada provider Anda.

Cara Mengatasi WiFi Windows 10 Tidak Bisa Konek

Lantas bagaimanakah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya?

Pada artikel ini, saya akan membahasnya lebih lanjut. Iya, soal bagaimana caranya mengatasi WiFi yang tidak bisa tersambung di Windows 10.

Semoga saja cara ini work untuk Anda, serta benar-benar efektif untuk mengatasi masalah yang sedang Anda alami.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Windows Unable to Connect.

Langsung saja, berikut pembahasannya:

1. Uninstall Perangkat Jaringan

Pada Windows 10, sebelum WiFi bisa diaktifkan dan digunakan, kita perlu menginstalnya terlebih dahulu. Jenis file yang diinstal ini disebut sebagai driver.

Masalahnya, driver WiFi yang telah terinstal juga kadang bisa mengalami error. Bentuk error-nya sendiri bisa bermacam-macam. Namun WiFi yang menjadi tidak bisa tersambung, adalah salah satu yang paling sering saya temui.

Solusinya, Anda bisa melakukan uninstall driver perangkat jaringan (adapter) yang telah terpasang sebelumnya.

Caranya seperti ini:

  • Langkah 1. Klik kanan pada logo Windows, kemudian klik Device Manager.
Device
  • Langkah 2. Selanjutnya, cari driver WiFi yang terinstal di komputer Anda. Penggunaan namanya mungkin berbeda-beda. Untuk di sini, saya menggunakan sebuah perangkat wireless card:
Wirelles lan card
  • Langkah 3. Setelah itu, klik kanan pada driver tersebut, kemudian klik Uninstall.
Uninstall wifi

Sekarang, silakan restart PC atau laptop Anda terlebih dahulu.

Nah, setelah di-restart, nanti Windows 10 akan secara otomatis mencari dan menginstal lagi driver pengganti, dari driver yang sudah dihapus tadi.

Terakhir, Anda tinggal coba menyambungkan kembali WiFi-nya.

2. Reinstall Driver WiFi

Penginstalan driver WiFi biasanya dilakukan secara manual menggunakan DVD khusus atau menggunakan file yang bisa didapatkan melalui situs resmi produsen komputer Anda.

Nah, di sini Anda juga bisa coba melakukan reinstalling driver WiFi, sebab biasanya masalah ini bisa hilang teratasi.

Selain opsi reinstall driver yang sama, Anda juga bisa mencoba opsi update driver yang notabene lebih efektif.

Bagaimana cara untuk melakukan reinstalling-nya?

Sayangnya, untuk langkah ini caranya berbeda-beda, tergantung dari perangkat driver apa yang Anda gunakan.

Pada intinya, seperti yang saya bilang tadi, coba cari dulu DVD driver perangkat WiFi Anda, kemudian install seperti biasa. Tapi jika tidak ada, baru Anda bisa mencarinya melalui situs resmi dari perangkat WiFi yang Anda gunakan.

3. Ubah Channel WiFi

Channel (saluran) pada WiFi, sedari awal memang sudah teratur secara default. Meski demikian, Anda tidak perlu membiarkannya begitu saja.

Coba deh atur lagi channel WiFi Anda. Karena dengan mengubahnya, cara ini kadang lebih efektif untuk mengatasi WiFi yang sulit tersambung, termasuk jika sampai muncul pesan “Windows 10 can’t connect to this network“.

Sedangkan untuk caranya, kurang lebih seperti ini:

  • Langkah 1. Klik kanan logo Windows, kemudian klik Device Manager.
Device manager cara buka
  • Langkah 2. Selanjutnya, cari driver WiFi yang terinstal di komputer Anda. Klik kanan driver tersebut, kemudian klik Properties.
Properties WIFI
  • Langkah 3. Klik tab Advanced, kemudian ganti Value dari mode 802.1 1n menjadi Disabled.
Value disabled

Setelah langkah-langkah di atas diterapkan, coba restart PC atau laptop Anda dulu, lalu cek lagi WiFi-nya dengan menyambungkannya.

4. Coba Reset Perangkat WiFi (Router) Anda

Selain dari pengaturan Windows 10 yang salah, masalah pengaturan router yang tidak benar juga bisa jadi penyebabnya, lho.

Saya sendiri juga pernah mengalami hal ini. Saya salah mengatur pengaturan router, yang akhir mengakibatkan beberapa perangkat jadi tidak bisa tersambung.

Setelah saya coba atur ulang lagi, WiFi di Windows 10 saya yang tadinya tidak bisa terhubung bisa menjadi normal kembali.

Nah, caranya bagaimana?

Karena tampilan pengaturan tiap WiFi itu berbeda-beda, saya sarankan untuk melakukan reset router-nya saja.

Karena dengan melakukan reset router seluruh pengaturan akan kembali ke kondisi default-nya, maka Anda tidak perlu pusing-pusing mengecek satu per satu pengaturannya.

Baca Juga: Cara Mengatasi DNS Probe Saat Internet

5. Coba Reset Windows 10 Anda

Opsi reset Windows sangat efektif untuk mengatasi berbagai masalah error pada Windows. Tentunya, hal ini pun termasuk masalah WiFi yang sulit tersambung.

Kenapa bisa demikian?

Alasannya sama seperti reset router sebelumnya. Karena dengan melakukan reset, semua pengaturan Windows akan kembali ke kondisi default. Ini juga meliputi semua aplikasi serta driver yang terinstal.

Untuk caranya, bisa coba cek pada video berikut ini:

6. Install Ulang Windows Anda

Opsi terakhir yang bisa dilakukan, apalagi setelah Windows di-reset namun masih sama saja hasilnya, maka Anda bisa melakukan install ulang Windows Anda.

Beda dengan opsi reset yang hanya mengembalikan pengaturan kembali ke awal, melakukan install ulang akan mengganti sistem secara keseluruhan ke yang benar-benar baru.

Oleh karena itu, tidak heran jika cara ini sangat efektif, apalagi jika Anda mengganti juga versi Windows 10 Anda ke yang lebih tinggi (update).

Baca Juga: Cara Mengatasi WiFi Windows yang Tidak Bisa On.

Penutup

Di zaman sekarang ini, koneksi WiFi bisa dibilang merupakan salah satu koneksi yang paling banyak dipilih.

Oleh karena itu, tidak heran jika masalah WiFi yang tidak bisa terhubung di Windows 10 ini dirasa cukup mengganggu, terutama bagi Anda yang memang sering mengakses jaringan ini.

Saya yang termasuk pengguna Windows 10 sekaligus pengguna WiFi, tentu saja sering mengalami masalah ini. Namun dengan melakukan salah satu dari 6 opsi di atas, untungnya WiFi yang saya gunakan selalu bisa normal kembali.

Tutorial di atas saya rangkum berdasarkan beberapa sumber, namun saya ambil yang dirasa paling efektif saja. Jadi, mungkin beberapa waktu ke depan akan saya update kembali pembahasannya.

Semoga bermanfaat.

0 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like