Mengenal Microsoft Visio

Apa itu Microsoft Visio

Siapa yang tidak kenal Microsoft? Microsoft adalah salah satu pengembang aplikasi, yang ditujukan untuk umum, termasuk juga untuk perkantoran.

Saat ini sudah cukup beragam aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft. Salah satu yang harus diketahui adalah Microsoft Visio.

Nah, buat yang belum pernah dengar apa itu Microsoft Visio dan untuk apa fungsinya, berikut ini akan saya jelaskan.

Apa itu Microsoft Visio?

Contoh Microsoft Visio

Microsoft Visio adalah software yang berfungsi untuk membuat diagram, flowchart, bagan organisasi, pivot charts, maps dan lain-lain.

Secara umumnya, fungsi dari Microsoft Visio ini biasa dipakai untuk membantu pekerjaan di bidang teknologi. Misalnya untuk pembuatan UML, DFD, ERD, jaringan sampai algoritma suatu aplikasi.

Nah, dalam pembuatan diagramnya, Microsoft Visio memakai grafik vector yang bisa diatur sesuai keinginan. Contohnya seperti gambar di atas.

Fungsi Microsoft Visio

Fungsi Microsoft Visio sudah saya sebut tadi. Di sini saya ingin menjelaskannya juga secara lebih lengkap.

1. Membuat Diagram

Fungsi utama dari Microsoft Visio adalah pembuatan diagram.

Di dalam aplikasi ini, tersedia banyak template dan tools untuk membuat beragam diagram yang umumnya ditujukan ke keperluan perkantoran. Contoh diagramnya seperti:

  • Flowchart
  • Database
  • Website
  • Brainstorming dan lain-lain.

Kemudian biasanya nantinya template yang dipilih memiliki tools masing-masing.

Misalnya Anda ingin buat diagram software, maka nantinya Anda akan mendapatkan tools seperti class diagram, use case, statemachine dan lain-lain.

2. Membuat Bagan Organisasi

Microsoft Visio juga umum dipakai untuk membuat bagan organisasi. Terutama ditujukan untuk suatu perusahaan.

Nah, tapi bagan yang dibuat nantinya bisa dibilang lengkap. Gambaran mudahnya kalau di Word atau PowerPoint kita bisa buat bagan simpel, maka di Microsoft Visio bagan yang dibuat bisa kompleks.

3. Membuat Peta Petunjuk

Salah satu fungsi unik dari Microsoft Visio, yaitu bisa membuat denah lokasi atau map penunjuk. Sama seperti pembuatan diagram, fungsi ini didukung dengan berbagai macam template yang cukup banyak.

Misalnya Anda ingin membuat denah rumah, denah kantor, lantai gedung sampai map berbentuk tiga dimensi, Anda tinggal memilih saja template yang diinginkan. Template tersebut kemudian tinggal didesain ulang kembali.

4. Membuat Denah Jaringan

Untuk mengatur instalasi jaringan, agar hasilnya rapih dan bisa bekerja secara optimal, umumnya harus direncanakan terlebih dahulu. Untuk mempermudah hal tersebut, Microsoft Visio bisa digunakan.

Di Microsoft Visio terdapat berbagai jenis icon terkait dengan jaringan, yang kemudian Anda bisa mengatur denahnya menggunakan tools dasar bawaan.

Baca Juga: Mengenal Aplikasi Wordpad (Bawaan Windows)

Kelebihan Microsoft Visio

Selain memiliki banyak fungsi, Microsoft Visio juga memiliki banyak kelebihan. Nah, berikut beberapa kelebihannya:

  • Tampilannya user friendly. Mudah dipahami pemula.
  • Memiliki tools yang lengkap untuk berbagai kebutuhan
  • Dilengkapi dengan fitur desain khusus
  • Memiliki banyak template untuk berbagai kebutuhan
  • Fitur-fiturnya mudah untuk dipakai
  • Memiliki fitur kolaborasi secara real time
  • Menyediakan fitur untuk menautkan database ke bentuk grafik
  • Dan lain-lain

Akhir Kata

Microsoft Visio, dari fitur-fitur yang ada, banyak dipakai untuk orang-orang yang bekerja di bidang IT. Misalnya developer, database engineer dan lain-lainnya.

Microsoft Visio sendiri tersedia dalam berbagai macam versi. Ada yang standalone ada juga yang versi bundle dari versi Office 365. Nantinya kalau Anda ingin pakai, cukup sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Kalau semisal ada pertanyaan, terutama yang masih terkait Microsoft Visio, jangan ragu untuk mengirimkan komentar di kolom yang disediakan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Cara Buat Indikator Warna Cell Excel
Baca Yuk!

Cara Mewarnai Sel Excel

Terkadang mengelola data bisa saja terjadi kekeliruan. Misalnya salah memberi nilai dan lain sebagainya. Jika Anda mengetahui cara…