√ Apa itu Vlog? Ini Pengertiannya [Lengkap]

Pengertian Vlog

Apa itu vlog?

Nggak sedikit orang yang ingin mencoba masuk ke dunia Youtuber. Sebagian dari mereka mencoba membuat konten sebagus mungkin. Konten ini ada banyak sekali jenisnya, seperti:

  • Pendidikan
  • Game
  • Hiburan
  • Musik (seperti Shyntesia)
  • Hobi
  • Vlog
  • Dan lain-lain

Tapi kalau bicara konten apa yang paling populer sih, bisa dibilang salah satunya adalah Vlog.

Tapi.. apa sih maksud vlog?

Secara singkat, vlog adalah video blog atau video log. Jadi, vlog adalah sebuah blog yang menggunakan media video sebagai pengganti konten artikel.

Dengan demikian, segala aktivitas nge-blog yang didokumentasikan melalui media video bisa disebut vlog. Tapi, ada syarat lainnya, video vlog harus memiliki durasi singkat (<20 menit).

Sudah paham? Kalau masih bingung, lanjut ulas pengertian selanjutnya:

Apa Itu Vlog, Vlogging Dan Vlogger?

Contoh Vlog dan jenisnya

Dilansir dari Wikipedia, definisi vlog adalah aktivitas nge-blog yang dikelola secara terstruktur menggunakan media video. Video hasil rekaman memiliki durasi yang pendek (<20 menit). Tapi, ada juga yang mengartikan vlog sebagai Web Television. Jadi, televisi yang dikemas dalam bentuk website.

Semua pengertian tersebut sah-sah saja. Karena semua pengertian itu merepresentasikan vlog.

Berdasarkan muatannya, vlog dapat berisi video monolog layaknya orang curhat atau pembaca berita. Dan vlog juga dapat berisi video dialog layaknya sebuah film. Ada yang proses pengambilan videonya sekali rekam (one take). Dan ada juga yang berkali-kali rekaman (cut into multiple parts).

Jika bisa saya simpulkan, vlog itu memiliki 3 komponen utama, yaitu:

  • Pertama, video memiliki durasi pendek. Biasanya kurang dari 20 menit.
  • Kedua, video memiliki sebuah tujuan untuk dibagikan kepada orang lain.
  • Ketiga, video dibagikan secara online. Misal melalui Youtube, Vimeo, Daily Motion, Facebook, dll.

Jenis Vlog Beserta Contohnya

Vlog Adalah apa

Vlog atau video blog itu banyak jenisnya. Hampir semua aktivitas, pekerjaan, hobi bisa dijadikan video vlog. Saya kasih contoh supaya makin paham.

  • Vlog tentang review dan unboxing produk.
  • Vlog tentang komedi.
  • Vlog tentang hobi.
  • Vlog tentang panduan dalam mengerjakan sesuatu (how to).
  • Vlog tentang gaya hidup.
  • Vlog tentang liburan atau jalan-jalan (traveling).
  • Vlog tentang aktivitas bermain game secara online.
  • Vlog tentang kehidupan sehari-hari (daily activities).
  • Vlog tentang jejak pendapat, debat, curhat ataupun opini.

Itu hanya contoh dari sebagian kecil vlog. Kenyataannya, setelah media berbagi video Youtube, Vimeo dan Daily Motion popular. Semakin banyak talenta berbakat yang muncul dan mempromosikan diri melalui video vlog.

Semuanya berkarya. Variasi vlog pun semakin berkembang dan beragam. Contohnya bisa coba cek channel Youtube Raditya Dika.

Perbedaan Vlog Dan Video Biasa Itu Apa?

Maksud Vlog itu apa

Nggak banyak kok perbedaan vlog dengan video biasa. Supaya mudah, bisa coba cek tabel berikut ini:

VlogVideo Biasa
Memiliki durasi video yang pendek. Biasanya kurang dari 20 menit.Tidak ada batasan durasi video. Video Durasi Pendek ataupun panjang tetap disebut video.
Biasanya berisi video dokumentasi sebuah aktivitas, proses ataupun kegiatan. Jadi, video memiliki tujuan yang jelas.Vlog merupakan bagian dari video tapi tidak semua video merupakan vlog.
Menggunakan alat perekam video yang sederhana. Bahkan seseorang bisa nge-vlog hanya dengan smartphone. Kapan pun dan di mana pun bisa nge-vlog.Pembuatan video profesional membutuhkan banyak alat. Misalnya: lighting, kamera profesional, studio, alat perekam suara yang mahal, dll
Tidak membutuhkan aplikasi editing yang canggih. Kita hanya perlu menyalakan kamera dan mulai berbicara.Perlu alat editing video profesional, seperti: Adobe Premier Pro, Vegas Pro, Filmora, dll.
Dibagikan secara online melalui social media, ataupun media berbagi video online.Video tidak harus dibagikan online. Bisa juga dibagikan melalui video menggunakan kaset DVD, VCD, Flashdisk, dll.

Sudah terjawab ya perbedaan vlog dan video biasa? Jadi, vlog itu bagian dari video. Hanya saja memiliki batasan, yaitu kualitas editing sekedarnya, durasi pendek dan dibagikan secara online.

Apakah Nge-vlog Bisa Menghasilkan Uang?

Maksud vlog adalah

Ya, vlog bisa menghasilkan uang.

Asalkan view vlog yang didapat banyak, dan Youtube sendiri termasuk salah satu platform yang mempopulerkan vlog.

Dari mana sumber penghasilan vlogger?

  • Penghasilan dari Iklan yang tayang di video.
  • Penghasilan dari jualan produk.Penghasilan dari jasa review produk, endorse ataupun brand ambassador.
  • Penghasilan dari affiliate marketing.
  • Penghasilan dari narasumber, pembicara dan bintang tamu acara televisi.

Tertarik untuk memulai karir sebagai vlogger?

Cara Membuat Vlog Yang Menarik

Cara bikin vlog

Apa membuat vlog yang menarik itu susah? Jawabannya relatif. Kalau sudah berpengalaman, nge-vlog itu mudah.

Untuk dapat membuat vlog yang menarik kita butuh 5 skill pendukung, yaitu:

Kreativitas. Seorang vlogger harus mampu mencetuskan konsep video yang memiliki misi yang jelas. Dan video tersebut bermanfaat bagi orang lain. Jadi, vlogger bisa terkoneksi dengan penontonnya

Videografi. Pelajari dasar-dasar pengambilan gambar melalui video. Misalnya: pencahayaan video, sudut pengambilan gambar, posisi kamera, sound, dll.

Mind Mapping. Vlogger akan membuat konten video secara terus menerus. Kemampuan mind mapping akan memudahkan kita mengorganisir ide video yang muncul. Jadi, kita tidak akan kehabisan ide sepanjang berkarir di dunia vlogger.

Market Research. Bukan hanya pebisnis saja yang harus riset market. Vlogger juga perlu skill riset. Jadi, kita bisa membuat analisa formula nge-vlog yang bisa sukses.

Gimmick. Sudah tahu kenapa vlogger selalu mengulang-ulang aksi tertentu saat opening video? Tujuan dari hal tersebut adalah untuk membangun ciri khas. Bahasa kerennya adalah gimmick. Kita juga perlu membangun gimmick yang sesuai dengan misi vlog yang dibangun. Awalnya memang susah, tapi lama-kelamaan pasti bisa.

Terakhir, untuk proses finishing video, bisa mengandalkan vlog apps . Misalnya: FilmoraGo, Viva Video dan Adobe Premiere dan lain-lain.

Contoh Cara Membuat Vlog Step by Step

Akhir Kata

Demikian ulasan mengenai apa itu vlog. Semakin banyak orang yang tertarik membuat vlog, dan di sini semoga pengertian mengenai vlog bisa lebih dipahami.

Masih ada yang bikin penasaran? Kirim saja langsung ke komentar di bawah.
Semoga bermanfaat.

Semoga bermanfaat ya.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like