Aplikasi Kompres Foto

Aplikasi Kompres Gambar Terbaik

Aplikasi Kompres Foto – Biasanya, dari perangkat apa Anda mengambil foto? Dari kamera DSLR atau dari kamera HP?

Nah, beda perangkat yang digunakan, tentunya ini menghasilkan kualitas gambar yang berbeda pula. Tergantung dari kualitas perangkat, hingga pengaturan apa yang dipilihnya.

Bicara soal kualitas gambar, rata-rata HP maupun kamera sekarang telah mendukung pengambilan gambar dengan resolusi HD (720p), di mana size-nya bisa mencapai 3MB sampai 5MB.

Ukuran sebesar itu, untuk kondisi tertentu tergolong besar. Contoh, ketika perlu mengunggah dokumen seperti CV yang mana size-nya dibatasi maksimal 500KB saja misalnya.

Karena itu, gambar tersebut perlu dikurangi ukurannya. Salah satunya adalah dengan mengkompresnya.

Rekomendasi Aplikasi Kompres Foto

Pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas beberapa rekomendasi aplikasi yang biasa digunakan untuk mengompres suatu gambar atau foto, agar ukurannya bisa diperkecil.

Jika Anda memang membutuhkannya, yuk, simak artikel ini sampai selesai.

1. Adobe Photoshop

Aplikasi Photoshop

Adobe Photoshop adalah sebuah aplikasi edit foto yang dikenal memiliki fitur sangat lengkap. Dari editing ringan untuk pemula, sampai editing profesional, bisa dilakukan melalui aplikasi ini.

Untuk yang masih awam dengan dunia edit-mengedit, mungkin tidak banyak yang tahu kalau Photoshop sebenarnya bisa juga dimanfaatkan untuk memperkecil size foto, bahkan hingga 80% atau lebih.

Caranya mudah. Cukup lakukan save ulang, kemudian atur ulang kualitas dari fotonya. Maka, ukurannya pun akan berubah kembali.

Banyak orang yang punya aplikasi Photoshop di PC atau laptopnya. Jadi, sayang sekali kalau dilewatkan dari daftar rekomendasi ini.

2. PNGGauntlet

Aplikasi PNGGauntlet

PNGGauntlet banyak direkomendasikan oleh situs-situs teknologi untuk memperkecil ukuran gambar. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengkompres gambar, terutama untuk ekstensi PNG.

Desain dari aplikasi ini bisa dibilang simpel dan klasik. Sedangkan untuk menggunakannya, silakan ikut cara berikut:

  • Klik tombol Add Images.
  • Pilih gambar yang ingin Anda kompres.
  • Atur output file-nya.
  • Kemudian, klik Optimize.

Setelah langkah-langkah tersebut dilakukan, maka aplikasi PNGGauntlet akan mulai proses kompres gambarnya.

Oh ya, sebelum menjalankan aplikasi ini, pastikan Windows Anda sudah terinstal NET Framework minimal versi 4.0 (lebih tinggi lebih baik).

3. RIOT

Aplikasi Riot

RIOT (Radical Image Optimization Tool) berfungsi untuk memperkecil ukuran foto, terutama ekstensi JPG, PNG, dan GIF.

Untuk fitur kompresnya, ada beberapa pilihan yang disediakan RIOT. Misalnya, Anda bisa mengatur quality hasil akhir gambar dari 1 sampai 100%, mengatur brightness, contrast, bahkan gamma dari gambar.

Lebih dari itu, semua hal tadi bisa Anda terapkan untuk beberapa gambar sekaligus, dengan memanfaatkan fitur Batch.

Desain dari aplikasi ini cukup simpel, serta mudah untuk digunakan. Size aplikasinya pun kecil, tidak sampai 2MB.

4. FILEminimizer Pictures

Aplikasi Fileminimizer

FILEminizer Pictures adalah salah satu aplikasi images compressor yang sudah cukup terkenal di kalangan pengguna Windows.

Tampilan dari aplikasi ini mirip dengan Windows Vista atau 7, namun sudah memiliki support hingga Windows 10.

Dari segi fitur, aplikasi ini menyediakan support ekstensi gambar JPG, PNG, BMP, GIF, TIFF, dan EMF, dengan kompresi maksimal hingga 98%. Misal gambar yang awalnya berukuran 5MB, bisa dikompres hingga menjadi 0.1MB saja.

Satu hal yang menarik di sini, kita juga bisa langsung mengunggah hasil gambar yang telah dikompres ke Facebook, lho.

Anda bisa mendapatkan aplikasi ini melalui situs resminya di Balesio.com.

Baca Juga: Cara Memperkecil Ukuran Foto (Sampai Maksimal)

5. TinyJPG

Kompres gambar online

TinyJPG, sebuah situs online yang memungkinkan kita mengkompres ukuran gambar secara online.

Saya sendiri cukup sering memakai aplikasi ini, terutama untuk kebutuhan gambar di artikel yang saya buat. Tujuannya agar loading situs ini lebih ringan dan cepat.

Situs ini mendukung dua format gambar, yakni JPG dan PNG. Selain itu, Anda juga bisa langsung mengunggah hingga 20 foto sekaligus secara bersamaan, dan begitu pula dengan proses kompresnya.

Sedangkan size akhirnya nanti akan bervariasi, karena situs ini melakukannya secara otomatis.

Tapi jangan tanyakan soal kualitas, karena saya sendiri pun hampir tidak tahu perbedaan antara gambar asli dengan gambar yang sudah dikompres menggunakaan situs ini.

6. Kraken.io

Kompres foto online

Bagi para penggemar fotografi, Kraken.io mungkin bukan hal yang asing lagi. Sebab, melalui situs ini, Anda bisa memperkecil ukuran file foto hingga puluhan persen, dengan kualitas yang nyaris sama dengan aslinya.

Ada dua jenis fitur kompres di situs ini, yaiut lossless dan lossy.

Lossless adalah fitur di mana proses optimasi gambar dilakukan dengan mengedepankan kualitas, yakni dengan cara tidak mengubah pixel gambar sama sekali, sehingga foto jadi tetap jelas.

Sedangkan lossy, adalah fitur yang menggunakan algoritma khusus, yang mana mengedepankan size akhir menjadi sekecil-kecilnya.

Biar lebih sederhana, kita buatkan tabel mengenai perbedaan keduanya:

LosslessMengutamakan kualitas gambar agar tetap bagus meski dikompres.
LossyMengutamakan size akhir yang dibuat sekecil-kecilnya.

7. JPEG Optimizer

Aplikasi JPEG Optimizer

Masih termasuk aplikasi online, yang terakhir ingin saya bahas di sini adalah JPEG Optimizer yang sejatinya sudah ada cukup lama.

Situs ini memiliki fitur custom quality, di mana kita bisa mengunggah foto JPG yang diinginkan, kemudian menentukan nilai tingkatan kompresinya yang bisa diatur dari angka 0 hingga 99.

Kalau dirasa masih kurang, situs ini juga menyediakan fitur resize yang bisa diterapkan dalam satu waktu. Dengan begitu, hasil akhir ukurannya bisa jauh lebih berkurang lagi.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Windows 10

Penutup

Nah, demikianlah artikel tentang 7 rekomendasi aplikasi kompres foto terbaik saat ini. Masih ada juga sebenarnya beberapa software yang belum masuk di sini, namun untuk fungsinya, saya pikir pembahasan di atas pun sudah mencukupi rasanya.

Perlu diingat, daftar di atas tidak saya urutkan berdasarkan yang terbaik, ya. Jadi, Anda bisa memilih aplikasi mana saja sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kalau ada rekomendasi lain, silakan kirim saja lewat kolom komentar di bawah. Mungkin lain waktu akan saya tambahkan ke daftar ini.

Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like