Aplikasi Edit Foto Windows 10

Aplikasi Untuk Edit Foto Windows 10
Sebelumnya, saya sudah pernah membagikan artikel yang membahas tentang aplikasi edit video terbaik untuk Windows 10.

Mengingat kebutuhan edit foto yang notabene jauh lebih tinggi dibandingkan edit video, di sini saya juga akan coba membagikan aplikasi photo editing terbaik untuk Windows 10.

Untuk mempersingkat waktu, yuk langsung saja kita masuk ke pembahasannya:

Aplikasi Foto Editor Terbaik Windows 10

Aplikasi edit foto di Windows 10, sebenarnya ada banyak sekali jumlahnya. Selain itu, biasanya softwaresoftware edit foto juga sudah mendapat kompatibilitas penuh dengan Windows 10.

Akan tetapi, untuk Anda yang merupakan pengguna Windows 10, mungkin akan sedikit kebingungan, aplikasi edit foto apa sih yang paling bagus untuk sistem operasi ini.

Ditambah lagi, terkadang fitur-fitur dari aplikasi yang diinstal juga kurang lengkap, atau malah user interface-nya yang bikin pusing.

Apalagi kalau size-nya besar. Kalau yang pakai WiFi cepat sih, mungkin nggak masalah. Tapi kalau pakai kuota internet dan koneksinya lambat, ini kan bikin rugi juga.

Nah, untuk itu, berikut ini saya rangkum aplikasi-aplikasi edit foto terbaik untuk Windows 10. Semoga saja bisa membantu Anda yang hobi edit foto khususnya, mulai dari pemula sampai eunthusiast.

Selain Edit Foto Ada Juga Aplikasi Kompress Foto – Ayo Diklik!

 1. Adobe Photoshop

Adobe Photo Editor

Yang pertama, tentunya Adobe Photoshop, dong. Aplikasi ini sama sekali nggak boleh dilewatkan. Adobe Photoshop, kalau saya baca dari Wikipedia, aplikasi ini dirilis tahun 1990, alias sudah lebih dari 20 tahun yang lalu.

Adobe Photoshop adalah sebuah aplikasi photo editing yang memiliki banyak sekali fitur.

Banyaknya fitur-fitur tersebut, membuat aplikasi ini sering sekali digunakan oleh beragam kalangan. Mulai dari pengguna komputer biasa, sampai developer atau editor profesional.

Bagus tidaknya penggunaan Adobe Photoshop ini tergantung skill yang dimiliki oleh penggunanya, karena banyaknya tools serta effect yang bisa dimanfaatkan saat mengedit suatu gambar atau foto.

Tapi secara umum, penggunaan Adobe Photoshop ini termasuk mudah, lho. Berdasarkan pengalaman pribadi, saya sendiri pertama kali memakai Adobe Photoshop sejak umur 8 tahun.

Waktu itu saya hanya memberi efek blend sederhana, seperti menggabungkan wajah dengan buah.

Untuk versi Adobe Photoshop tentu saja selalu mendapat pengembangan. Anda bisa searching lagi mengenai versi terbarunya untuk mendapatkan informasi teraktual.

Memperkecil File JPG – Salah Satu Teknik Editing di Photoshop

2. Paint

Paint Windows

Loh, kok Paint? Bukannya paint itu aplikasi buat gambar di Windows, ya?

Saya memutuskan untuk memasukkan Paint di sini, karena Paint juga sebenarnya bisa dipakai untuk keperluan edit foto ringan, lho.

Di Paint, Anda bisa melakukan cropping foto, memberi warna foto, memberi font, mengubah resolusi, dan menyimpannya ke beragam format.

Dari segi interface, Paint ini sangat simpel, Ditambah lagi, aplikasi ini juga sudah ada dari bawaan Windows 10 itu sendiri. Sehingga, Anda tidak perlu repot-repot mengunduhnya lagi dari internet.

Saya pribadi biasanya menggunakan Paint ketika ingin mengedit hasil tangkapan layar Windows (screenshot), atau keperluan crop foto. Sebab, loading-nya ringan dan tidak memakan waktu.

Karena aplikasi ini bawaan Windows, sudah pasti Paint work di Windows 10.

Ketahui Yuk! Perbedaan Antara JPG dan PNG

3. GIMP

GIMP

Selanjutnya, GIMP. Walaupun namanya tidak setenar Adobe Photoshop di kalangan pengguna komputer dan laptop, tapi GIMP ini tidak boleh dipandang sebelah mata.

GIMP (GNU Image Manipulaton Program) adalah program untuk manipulasi gambar. Aplikasi ini memiliki fungsi yang mirip dengan Adobe Photoshop. Tapi aplikasi ini memiliki lisensi gratis, sedangkan Photoshop berbayar.

GIMP juga mendukung hampir seluruh format foto. Bahkan, GIMP juga mendukung format PSD (Format Standar Photoshop).

Secara fitur, GIMP memiliki fitur yang cukup lengkap untuk keperluan editing ringan sampai agak berat. Anda bisa melihat sendiri di Youtube fitur-fitur apa saja yang dimiliki GIMP ini.

GIMP juga sangat disukai oleh kalangan editor. Dikarenakan sifatnya yang open source dan gratis, ditambah lagi GIMP juga support beragam sistem operasi, termasuk Windows dan Linux.

GIMP ini sudah saya cek dan bekerja dengan baik di Windows 10.

4. Adobe Lightroom

Adobe

Selain Photoshop, Anda juga tidak boleh melewatkan Adobe Lightroom.

Adobe Lightroom merupakan salah satu varian editor foto selain Photoshop dari Adobe. Aplikasi ini biasa digunakan untuk memainkan warna pada gambar atau foto, sehingga jadi terlihat lebih cantik.

Untuk fiturnya sendiri, ada beberapa perbedaan mencolok dari Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom. Namun, kalau dibahas di sini, akan terlalu panjang pembahasannya. Silakan cari saja perbedaannya di Google, ya.

Dari segi kompatibilitas, Adobe Lightroom ini sudah saya cek dan berfungsi dengan normal di Windows 10.

5. Paint.NET

paint net

Paint.NET ini bukan Paint bawaan Windows, ya.

Paint.NET adalah aplikasi editing ringan dengan size kecil dan memiliki fitur yang cukup lengkap. Aplikasi ini bisa saya bilang cukup cocok untuk pengguna yang masih awam dengan dunia pengeditan, tapi ingin mendapatkan fitur yang memadai.

Dari segi tampilan, Paint.NET memiliki interface yang mirip dengan Adobe Photoshop. Tampilannya di dominasi dengan warna putih, dan pada bagian kiri aplikasi terdapat toolstools untuk keperluan mengedit.

Paint.NET ini memiliki 2 versi, yaitu gratis dan berbayar. Untuk perbedaan fiturnya, saya sendiri juga kurang tahu.

Untuk versi berbayar, Anda bisa membeli dan mengunduhnya lewat Windows Store bawaan Windows 10. Sedangkan untuk versi gratisnya, Anda bisa mengunduhnya langsung di situs resminya.

Aplikasi Paint.NET versi gratisnya, sudah saya cek dan terbukti bekerja di Windows 10.

6. Corel PaintShop Pro

Corel Photo

Corel, kalau mendengar namanya pasti terbayang Corel Draw bukan? Corel PaintShop Pro adalah software editor foto yang memiliki banyak sekali fitur di dalamnya. Aplikasi ini juga sudah cukup terkenal di kalangan foto editor, lho.

Corel PaintShop Pro ini memiliki beragam plugin yang menghasilkan efek keren, cantik, dan menarik, sehingga patut dicoba.

Sama halnya dengan Adobe Photoshop, untuk memakai Corel PaintShop Pro ini, Anda harus mempelajarinya terlebih dahulu, agar paham dan bisa menggunakan seluruh fitur yang ada.

Aplikasi ini pastinya sudah support Windows 10. Tapi aplikasi ini memiliki sistem requirements. Jadi, pastikan PC/laptop Anda memiliki spesifikasi yang sudah mendukung untuk menjalankannya.

System Requirements:

  • Windows 10, Windows 8/8.1, Windows 7 32 bit / 64 bit dengan update terbaru.
  • Processor Intel atau AMD 1.5 GHz (atau lebih cepat) yang sudah support SSE2 (rekomendasi dual core ke atas).
  • Minimal RAM 2GB. Rekomendasi 4GB.
  • Disk kosong min 1 GB. Rekomendasi 2 GB.
  • Layar minimal resolusi HD (1280 x 768 resolution dengan color 16-bit). Rekomendasi 1366 x 768 dengan color 24-bit (atau ke atas).
  •  Driver VGA terbaru.

Tertarik mencobanya?

7. Affinity Photo

Affinity Photo

Terakhir Affinity Photo. Bagi sebagian orang, Affinity Photo ini mungkin masih belum dikenal layaknya aplikasi-aplikasi sebelumnya. Tapi, Affinity Photo ini sudah cukup populer di kalangan photo editor.

Fitur yang diberikan cukup lengkap, ditambah lagi harganya yang relatif jauh lebih murah dibanding aplikasi sejenisnya, membuat aplikasi ini jadi cukup populer.

Aplikasi ini bahkan sudah di rekomendasikan oleh editor dari situs tomsguide.com yang notabene adalah salah satu situs teknologi terbesar di dunia.

Anda bisa mengunduh aplikasi ini langsung lewat situs resminya dengan harga $49.99. Harga tersebut sudah cukup murah untuk seukuran aplikasi edit foto yang biasanya dibanderol mencapai jutaan rupiah.

Akhir Kata

Wah, ternyata banyak sekali rekomendasi aplikasi edit foto yang bisa dijalankan di Windows 10, ya? Bahkan tentunya masih ada aplikasi lain yang belum masuk ke dalam daftar di atas.

Ketujuh aplikasi yang saya rekomendasikan di atas, saya harap bisa membantu Anda yang ingin mengedit foto dan sedang bingung mencari aplikasi terbaik untuk memulainya.

Beberapa aplikasi di antaranya, mungkin harus disesuaikan dan dipelajari terlebih dahulu penggunaannya, seperti Photoshop, Lightroom, dan sebagainya, karena banyaknya fitur yang tersedia.

Jadi, kira-kira, Anda tertarik menggunakan aplikasi yang mana? Pilihannya kembali kepada Anda masing-masing. Silakan dipilih sesuai kebutuhan Anda saja, ya.

Sekali lagi, semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Saya tunggu karya seni dari photo editing Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like