(+Contoh) Arti Up Dalam Jual Beli Online | Facebook, Instagram

Pernahkah Anda lagi Browsing di untuk mencari dan membeli barang di Facebook, Instagram atau mungkin WhatsApp, lalu menemui istilah-istilah yang belum pernah didengar sebelumnya?

Contoh sederhananya PM, WM, Seller, Buyer, VC dan lainnya. Semuanya terutama dalam jual beli online istilah-istilah tersebut banyak sekali muncul.

Itu hanyalah contoh.. Disini ada lagi istilah lain yang disebut UP.

Biasanya kata UP ini sering sekali muncul di komentar-komentar post jual beli di Facebook atau Instagram. Pertanyaannya, apa sih artinya?

Let me explain it :

Arti up dan contohnya

Sekilas mungkin Anda sudah tahu ya, bahkan yang nggak paham bahasa Inggrs sekalipun, bahwa kalau diterjemahkan, arti dari up adalah Naik atau Atas.

Kalau nggak percaya ini screenshots dari Google Translate :

Walau kalau diterjemahkan artinya bisa Naik atau Atas, tidak serta merta membuat arti UP menjadi bermakna tepat seperti itu.

Dalam konteksnya, ada beberapa arti lain dari kata UP. Terutama di Media Sosial Facebook, Instagram dan lain-lain. Berikut penjelasannya :

Selain UP, ada juga kata Testimoni. Biasanya banyak ditemui di Marketplace. Baca penjelasannya di : Ini Nih Arti Testimoni Yang Banyak Ditemui Di Forum Jual Beli Online

Arti UP Dalam Jual Beli Online (Facebook, Instagram)

UP Kiriman Media Sosial

UP kalau diterjemahkan dari bahasa Inggris artinya memang Naik atau Atas. Tapi kalau di Facebook, Instagram dan media sosial lain sejenis, arti UP adalah Atas, namun maknanya menunjuk posting diatas komentar.

Ada tiga kemungkinan orang menulis kata UP di komentar sosial media :

  • Kalau komentar UP ditemukan di posting jual beli online, biasanya komentar tersebut bertujuan untuk meramaikan Posting agar tidak tenggelam tertimpa kiriman-kiriman baru dari orang lain.
  • UP juga bisa diartikan sebagai Nanti Dulu atau Nggak Jadi Beli. Biasanya komentar muncul setelah negosiasi batal.
  • Ada juga istilah UP yang dipakai hanya untuk meramaikan posting, agar tidak hilang tenggelam karena kiriman-kiriman baru orang lain. Namun diluar konteks jual beli online.

Semoga sudah ada bayangan. Kalau belum paham, lanjut aja baca ke contohnya :

1. Contoh UP Dalam Posting Jual Beli Online

Apa Sih Arti UP Internet

Tadi saya sempat bilang, biasanya UP di posting jual beli online dipakai untuk meramaikan kiriman.

Tujuannya yakni agar postingan tersebut bisa selalu terlihat oleh calon-calon pembeli yang kebetulan lagi Browsing di media sosial.

Selain meramaikan, juga bisa ditujukan supaya seolah-olah kiriman tersebut masih aktif, atau barangnya belum laku. Misalnya seperti ini :

Contoh ‘UP’ Pertama

Selain bertujuan agar kiriman bisa dilihat calon pembeli atau terlihat aktif, komentar UP juga bisa berfungsi agar kiriman tidak tenggelam efek posting baru dari orang lain.

Lengkapnya akan saya jelaskan di akhir. Lanjut dulu ke dua arti UP lainnya :

2. UP Karena Gagal Negosiasi

Contoh Pengertian UP Olshop

Waktu orang mau membeli sesuatu di media sosial, entah itu Facebook, Instagram dan lainnya, pasti bakal masuk dulu ke tahap negosiasi kan?

Contoh menawar harga. Atau hanya sekedar menanyakan kondisi barang apakah masih bagus, normal atau tidak.

Seperti yang diketahui, kalau negosiasi sukses, pastinya akan berlanjut ke Transaksi. Nah, gimana kalau batal?

Biasanya orang tersebut akan langsung membatalkannya. Nah, kata UP ini bisa dipakai misalnya seperti ini :

Sederhananya kalau saya artikan sih kurang lebih sama dengan Nggak Jadi atau Nggak Mau atau Batal dan lain-lain sejenisnya.

Komentar-komentar sejenis ini mudah kok ditemui. Saya jelaskan disini supaya nggak ketukar dengan Arti kata UP yang pertama tadi.

3. UP Pada Kiriman Biasa

Arti UP WhatsApp

Diluar bahasan Jual Beli online, pada kiriman biasa kata UP juga banyak ditemukan. Coba cari kiriman akun Instagram yang followernya banyak.

Atau coba masuk ke grup Facebook, disana pasti ada beberapa kiriman yang ada komentar “UP“.

Untuk tujuannya ini agar kiriman tidak tenggelam karena orang lain juga mengirim posting lain.

Atau bisa juga karena belum ada komentar balasan meskipun kiriman sudah diposting dalam waktu yang lama. Tujuannya agar kiriman masih terlihat aktif (Biasanya model kiriman pertanyaan banyak yang seperti ini).

Contohnya begini :

Up diluar konteks jual beli online

Udah kenyang dan paham apa itu UP, kita bahas lagi.. Kenapa kiriman harus di UP?

Kenapa kiriman harus di ‘UP’?

Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya, apa maksud dari kiriman yang tertimpa oleh kiriman lain sehingga mesti di UP?

Maksud dari kiriman tertimpa itu seperti ini :

Contohnya di grup jual beli Facebook. Pasti banyak orang-orang yang mengirimkan banyak posting baru setiap harinya. Apalagi untuk grup dengan jumlah anggota mencapai ribuan bahkan ratusan ribu :

Kiriman grup

Kenapa harus di UP? Karena di media sosial seperti Facebook, terdapat fitur sortir yang memungkinkan hanya kiriman populer yang ditampilkan ke orang-orang yang satu grup.

Jadi semakin banyak komentar, semakin besar pula kemungkinan kiriman tersebut muncul di beranda orang-orang. Begitulah kira-kira.

Bahkan kiriman lama yang diposting beberapa tahun lalu saja bisa muncul kembali di beranda ketika ada orang lain memberi komentar pada kiriman tersebut. Misalnya begini :

Kiriman 2017

Kiriman itu muncul di beranda Facebook saya. Bisa dilihat tanggal postingnya, dibuat tahun 2017. WOW, entah berapa tahun.. Tapi sudah lama sekali kan?

Ini bisa pakai logika sederhana juga loh. Kalau kiriman lama dari tahun 2017 saja bisa muncul lagi di beranda ketika di UP.

Apalagi untuk kiriman-kiriman yang hanya baru dikirim beberapa menit, jam atau hari?

Baca Juga : Ini Dia Arti Ping, TC, PC Dan Istilah Lainnya Di WhatsApp

Kesimpulan

Penjelasan dasar diawal sudah. Sekarang masuk ke kesimpulan ya.. Jadi begini :

UP di Facebook atau Instagram, terutama pada Jual Beli Online artinya Atas. Tujuannya yakni untuk membuat kiriman tidak hilang efek terlalu lama didiamkan dan tertimpa kiriman lain.

Selain jual beli online, ini juga berlaku pada kiriman biasa. UP juga memiliki makna Batal. Terutama dalam negosiasi.

Contoh makna batal, berarti arti UP bisa Nggak Jadi, atau Batal saja, atau Nggak Cocok dan lain-lain.

(UPDATE) Arti UP Di WA

Sedikit pembaruan. Selain di Facebook dan Instagram, belakangan UP juga biasa dipakai di Aplikasi Chatting WhatsApp.

Disini ada dua kemungkinan :

  • Untuk menghilangkan chat yang dikirimkan seseorang. Misalnya kita tulis dan kirim pesan “UP” dalam jumlah banyak. Maka pesan lama akan hilang kan?
  • Dan satu lagi sama seperti yang kita bahas sebelumnya pada poin pertama.

Penutup…

Demikian penjelasan apa itu UP di jual beli online, terutama di media sosial (FB dan IG). Istilah ini sebenarnya sudah lama sekali ada. Dulu orang-orang kalau jual beli di internet salah satunya biasa pergi ke forum Kaskus.

Nah, di Kaskus ini kalau di Thread, kata UP banyak ditemui. Dan semakin kesini waktu sosial media menjadi populer, kata UP juga jadi banyak dipakai orang-orang.

Ada lagi nggak ya arti kata UP yang lain? Kalau ada, mohon beri tambahan lain dibawah ya.

BTW selain UP saya juga sempat membahas soal COD. COD ini banyak dipakai juga sebagai salah satu istilah jual beli. Silakan baca penjelasannya di Arti COD.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like