Komputer Tiba-Tiba Mati Sendiri? Ini Dia Cara Mengatasinya

Komputer Mati Sendiri Secara Tiba-Tiba Waktu Dipakai – Saya yakin, ini adalah masalah yang lumayan sering dialami para pengguna PC. Terutama bagi mereka yang PCnya sudah berumur lama.

Sebenarnya buat saya pribadi nggak begitu ganggu sih. Tapi bisa gawat juga, kalau masalahnya muncul tepat waktu saya lagi ada kerjaan (Ngetik misalnya). Alhasil, sudah pasti jadi nggak kesimpan.

Persis juga kalau lagi main Game. Well, bisa-bisa nggak kesimpan Gamenya. Atau kalau Online, wah bisa bikin status turun hehe..

komputer mati hidup berulang ulang

Untuk penyebabnya sendiri ada lumayan banyak. Bisa dari Komponen, dan bisa juga dari Sistem operasi. Lengkapnya kita bahas dibawah saja ya..

Penyebab Komputer Suka Mati Sendiri Secara Tiba-Tiba

Sistem Operasi Bug : Ini bisa jadi karena Anda salah menginstall Aplikasi atau Driver tertentu. Efeknya lumayan berpengaruh lho.

Sistem Tidak Stabil : Sistem bisa saja tidak stabil saat dipakai. Memang sih nggak begitu masalah, namun jika sudah Crash, biasanya Komputer akan tiba-tiba mati.

RAM Rusak : Hubungannya sama Bluescreen sebenarnya. Namun bukan Restart yang terjadi, melainkan Komputer langsung shutdown.

VGA Rusak : Saya pernah mengalami ini sebelum VGA rusak (No Display). Salah satu cirinya, PC saya kadang suka tiba-tiba mati. Padahal cuma dipakai dengar lagu.

Processor Terlalu Panas : Jadi gini lho, di Motherboard itu terdapat limitasi suhu, yang menjaga Processor agak tidak kepanasan. Nah, kalau limitasi tersebut terlewati, maka Komputer akan otomatis mati sendiri.

Power Supply : Dan tentu saja yang paling pengaruh itu ada di Power Supply (PSU). Entah itu karena kurang sesuai dengan spek, atau kualitasnya kurang bagus.

Singkatnya itu saja sih. Untuk pembahasan lengkapnya saya pisah saja, supaya Anda nggak perlu pusing membacanya.

Baca Juga : Memperbaiki Komputer No Signal? Bisa.. Ini Caranya

Cara Mengatasi Komputer Tiba-Tiba Mati Sendiri Waktu Sedang Dipakai

Well, jujur saja, memang akan mudah mengatasi masalah ini kalau kita tahu asal masalahnya. Tapi seperti yang Anda tahu, pasti susah kan cari penyebabnya?

Nah, karena itu sekalian saja.. Kita bahas cara mengatasinya dibawah ini satu-satu. Dijamin Komputer Anda bisa jadi normal lagi.

1. Periksa Terlebih Dahulu Power Supply

Mengecek Power Supply

Pertama saya bahas ini dulu. Karena penyebab inilah yang paling umum muncul, kalau kita lagi membahas tentang PC yang suka mati waktu dipakai.

Seperti yang saya bilang tadi, umumnya ada dua hal masalah penyebab dari PSU ini. Pertama karena PSU kurang bagus, kedua karena tidak sesuai Spek, alias kurang daya.

Untuk PSU kurang bagus, maksud saya ialah PSU yang dipakai kurang sesuai dengan Komponen PC. Misalnya, kita pakai AMD Ryzen Threadripper.. Well PSUnya juga otomatis harus berkualitas tinggi.

Sedangkan untuk masalah kurang daya, setiap komponen PC memiliki kebutuhan power masing-masing. Dan disini Output daya PSU harus diperhatikan, jangan sampai kurang dari kebutuhan komponen.

Untuk mengatasi hal ini mudah saja. Pertama, silakan cek ulang kebutuhan daya dari Komputer. Kedua, lanjut beli PSU berkualitas sesuai dengan spek yang dipakai.

Ganti PSU lama dengan yang baru (Barangkali rusak). Dijamin Komputer Anda bakal normal kembali.

2. Perhatikan Masalah Overheat Processor

Komputer tiba tiba mati waktu main game

Limitasi suhu Processor ini beda-beda ya.. Ada yang 80C sampai diatas 100C. Pertanyaannya, apakah Komputer Anda sudah melewati limitasi suhu tersebut? Ini penting sekali di cek.

Caranya gimana min? Well gampang saja. Coba gunakan Aplikasi Core Temp atau HWMonitor. Kemudian periksa suhu Processor ketika lagi Full Load 100% (Coba pakai main Game).

Nah, kalau suhunya memang panas (Diatas 80C), berarti bisa jadi ini penyebabnya. Untuk cara mengatasinya, lakukan 3 hal berikut :

Lakukan Penggantian Thermal Paste Processor : Di Processor, cairan yang biasa disebut Thermal Paste. Fungsinya untuk menghantarkan panas, antara Processor dan FAN Pendingin.

Ini perlu diperhatikan. Karena dalam jangka waktu tertentu, Thermal Paste tersebut bisa kering, membuat penghantaran panas terganggu, yang akhirnya membuat Processor jadi panas.

Solusinya, silakan lepas HSF dari Processor Komputer Anda > Bersihkan Thermal Paste lama > Lalu pasang kembali.

Periksa HSF Rusak : HSF artinya Heatsink FAN ya (Fan Pending Processor). Nah, rusak yang saya maksud disini, ialah putaran kipas yang tidak normal, atau memang nggak bekerja sama sekali.

Singkat saja. Ada cara mudah untuk mengatasi masalah ini. Yakni dengan mencoba membersihkan debu pada kipas. Biasanya cukup Efektif.

Periksa juga putaran RPM kipasnya (Bisa pakai Software). Jangan sampai dibawah <1000 RPM kecuali tidak dalam keadaan Full Load. Atau kalau mau coba setting secara manual RPM lewat BIOS.

Bersihkan Debu Casing : Namanya debu di Casing Komputer itu memang bisa muncul dalan jangka waktu pemakaian tertentu.

Debu ini tentunya bisa berpengaruh terhadap perputaran angin (Airflow istilah kerennya sih). Sehingga membuat suhu keseluruhan komponen jadi lebih panas.

Solusinya jelas dengan membersihkan debunya. Coba pakai kuas dan kompressor udara. Pasang juga Dust Filter di bagian tertentu untuk mengurangi debu yang masuk.

3. Periksa Tombol Power Komputer Anda

Periksa Tombol Power Komputer

Terdengar sepele memang. Tapi saya pernah mengalaminya sendiri, jadi saya pikir mesti dibahas juga disini.

Jadi gini, untuk menyalakan Komputer, kita harus menekan tombol Power terlebih dahulu. Nah, pada tombol ini terdapat sambungan kabel yang terhubung ke Motherboard.

Yang jadi masalah, ialah ketika kabel tersebut putus serta tidak sengaja tersambung satu sama lain. Ini bisa membuat Komputer jadi mati sendiri, dalam waktu yang acak.

Solusinya nggak sulit. Periksa kabel Power casingnya. Kalau ada yang putus, coba betulkan dengan cara menyambungnya kembali.

4. Scan Antivirus

Scan Virus Komputer

Masalah virus memang acak munculnya. Tapi kalau sudah ada, Komputer akan jadi mengalami masalah tertentu, salah satunya bisa mati sendiri.

Nggak percaya? Penjelasan singkatnya, sebenarnya ini berhubungan dengan masalah Crash pada sistem.

Tapi biasanya hanya ada pada virus yang berjalan dalam jumlah yang sangat banyak (Malware dan sejenisnya).

Untuk mengatasinya gampang-gampang sulit. Tapi salah satu solusi yang bisa dipakai, yakni dengan melakukan scanning. Biasanya virus bisa dihapus.

5. Reinstall Windows Komputer Anda

Reinstall Sistem

Untuk mengatasi Sistem tidak stabil, ada banyaak sekali cara-cara yang bisa Anda lakukan. Contohnya seperti melakukan optimalisasi.

Sayangnya, melakukan optimalisasi ini kadang berhasil kadang nggak. Ya kurang lebih presentasenya sekitar 74%.

Untuk itulah, saya pikir solusi paling tepat ialah dengan menginstall ulang Windows. Tanpa optimalisasi, dijamin Sistem akan jadi normal kembali.

Caranya gimana? Well, kalau yang ini silakan searching ya.. Kalau dibahas disini saya pikir pasti bakal panjang sekali.

6. Periksa RAM Komputer

Mengecek RAM

RAM memang merupakan komponen yang jarang rusak. Tapi kalau sudah rusak, RAM bisa mendatangkan masalah tertentu, seperti Komputer mati sendiri, biasanya ketika booting.

Tapi seenggaknya Anda bisa sedikit tenang. Karena masalah RAM ini kebanyakan bisa teratasi, dengan menggunakan cara berikut..

Lepas RAM dari Komputer > Bersihkan kuningannya > Kemudian pasang kembali dengan benar.

Mudah kan?

7. Periksa VGA

Mengecek VGA Normal Atau Tidak

Ada beberapa hal yang terjadi ketika VGA rusak. Selain masalah umum seperti Artefak atau No Display, kerusakan ini juga bisa membuat komputer mati sendiri, utamanya saat main game

Well, untuk itulah saya pikir Anda harus mengecek VGA Komputer Anda. Apakah normal atau tidak? Anda bisa menggunakan Aplikasi semacam Furmark untuk mengetesnya.

Lengkapnya bisa dibaca di Cara Mengetahui VGA Normal Atau Tidak.

8. Periksa Motherboard

Mengecek Motherboard

Sejujurnya inilah yang paling sulit, kalau dibanding komponen-komponen yang saya bahas sebelumnya.

Motherboard ini kalau rusak, pengaruhnya cukup tinggi. Tapi, sayangnya cirinya terkadang susah dilihat.

Untuk solusi dari hal ini, saya pikir Anda harus mencoba memindahkan semua komponen Komputer Anda ke Motherboard lain.

Dengan catatan, Anda sudah melakukan semua langkah yang telah saya bahas sebelumnya.

Penutup…

Mengatasi Komputer tiba-tiba mati sendiri memang agak sulit. Mencari penyebabnya, hingga solusi memperbaikinya terkadang butuh waktu lama, serta membutuhkan juga nggak sedikit biaya (Terutama kalau ada komponen yang harus diganti).

Tapi seenggaknya saya harap, pembahasan diatas sudah cukup menjelaskan Anda bagaimana caranya untuk mengatasi hal ini.

Ada pertanyaan seputar hal ini, jangan ragu untuk mengirimkan pertanyaan tersebut dengan memakai kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like