Cara Menghapus Riwayat Panggilan di Instagram (Permanen)

Cara Hapus Riwayat Panggilan Instagram

Instagram kebanyakan digunakan seperti sosmed pada umumnya. Selain itu, Instagram tidak jarang juga dipakai untuk chatting.

Nah, bukan itu saja, sekarang ini fitur panggilan juga sudah populer di Instagram. Anda bisa menelepon bahkan melakukan video call dengan teman di Instagram.

Kalau Anda sudah terbiasa menggunakan fitur panggilan ini, pastinya Anda tahu kalau Instagram akan meninggalkan riwayat panggilan.

Apa itu Riwayat Panggilan Instagram?

Riwayat panggilan Instagram adalah sebuah history daftar penelepon atau saat Anda menelepon seseorang di aplikasi Instagram.

Singkatnya, setiap ada panggilan atau selesai Anda melakukan panggilan di Instagram, riwayatnya akan tersimpan. Umumnya riwayat ini bisa Anda lihat di fitur Direct Message (DM) Instagram.

Sayangnya di fitur DM ini, baik itu pesan maupun riwayat panggilan di Instagram tidak bisa Anda hapus secara satu per satu.

Melainkan Anda harus menghapus pesan secara keseluruhan semua pesan di DM dengan teman di Instagram supaya riwayat panggilan juga terhapus.

Cara Menghapus Riwayat Panggilan di Instagram

Seperti yang sudah saya jelaskan, kalau riwayat panggilan di Instagram ini tidak bisa Anda hapus. Kecuali kalau Anda menghapus pesan teman di Instagram secara keseluruhan.

Buat yang memang ingin menghapusnya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka Direct Message Instagram

Buka Menu DM Instagram

Langkah pertama, Anda harus membuka aplikasi Instagram terlebih dulu. Setelah masuk ke halaman awal Instagram, Anda bisa mengetuk icon Direct Message di bagian atas.

Sedikit catatan, di panduan ini, saya sudah memakai Instagram versi terbaru. Kalau sekiranya ada perbedaan tampilan, Anda bisa coba perbarui Instagram terlebih dulu.

2. Buka Pesan Dari Seseorang

Tekan Pesan di Akun Instagram

Kalau sudah, silakan cari pesan dari seseorang yang ada riwayat panggilannya. Kemudian Anda bisa tekan pesan tersebut untuk memunculkan beberapa perintah menu.

Baca Juga: Cara Mengetahui Terakhir Dilihat di Instagram

3. Hapus Pesan Instagram

Opsi Hapus Pesan Instagram

Selanjutnya beberapa perintah menu di Instagram akan muncul di bagian bawah. Karena Anda ingin menghapusnya, silakan langsung saja pilih opsi Hapus.

4. Konfirmasi Hapus Pesan

Konfirmasi Hapus Pesan Instagram

Nantinya akan muncul kotak dialog konfirmasi dengan pesan “Hapus Obrolan Secara Permanen?” di layar HP Anda.

Anda bisa mengetuk opsi Hapus lagi untuk mengkonfirmasi penghapusan pesan dan riwayat panggilan di Instagram.

Setelah mengkonfirmasi penghapusan tersebut, nantinya pesan Anda dengan teman di Instagram akan menghilang.

Oh iya, kalau sekiranya ada riwayat panggilan dari pesan yang berbeda, Anda bisa ulangi cara ini untuk menghapusnya.

Baca Juga: Cara Copy Link (Tautan) di Instagram

Catatan Penghapusan Riwayat Panggilan Instagram

Untuk Anda yang ingin menghapus riwayat panggilan, Anda harus pastikan sudah benar-benar yakin. Karena yang Anda hapus, bukan hanya riwayat panggilan saja.

Melainkan keseluruhan pesan (DM) Anda dengan teman di Instagram juga akan ikut terhapus. Ada baiknya, kalau punya pesan penting Anda bisa screenshoot terlebih dulu sebelum menghapusnya.

Karena kalau Anda sudah mengkonfirmasi penghapusan, pesan yang dihapus tadi tidak akan bisa dikembalikan lagi.

Termasuk juga kalau ada media-media seperti gambar, link dan lainnya yang ada pada suatu pesan. Media-media tersebut akan ikut hilang juga saat Anda hapus.

Akhir Kata

Untuk tutorial yang jelaskan di sini, dilakukan langsung melalui aplikasi Instagram di HP. Untuk Anda yang menggunakan Instagram versi situs di PC atau laptop, kurang lebih langkah-langkahnya sama.

Kalau ada yang masih bingung, atau Anda punya pertanyaan tertentu, silakan langsung saja tulis dan kirimkan melalui kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like