Cara Melihat Terakhir Dilihat di Instagram Dengan Mudah

Cara Lihat Last Seen Instagram

Buat Anda yang sering menggunakan Instagram, pastinya pernah melihat kapan terakhir teman Anda di IG online. Terutama untuk Anda yang sering chattingan lewat Instagram.

Waktu yang ditampilkan, biasanya dalam bentuk teks dan memberikan informasi online beberapa jam yang lalu. Sederhananya, mirip seperti fitur last seen yang ada di WhatsApp.

Terkait fitur ini, mungkin ada yang belum tahu bagaimana cara untuk melihatnya. Maka dari itulah, melalui pembahasan ini, saya akan menjelaskan cara untuk melihat terakhir dilihat di Instagram secara lengkap.

Cara Melihat Terakhir Dilihat di Instagram

Kalau Anda baru memakai Instagram, Anda bisa melihat fitur ini dengan membuka DM (Direct Message). Kemudian cari teman yang bisa Anda kirimkan pesan, nantinya teks terakhir dilihat akan muncul.

Berikut lebih lengkapnya:

1. Pertama, silakan buka Instagram dan ketuk icon DM (Direct Message).

2. Selanjutnya, cari kontak yang ingin dilihat kapan terakhir online-nya.

Pilih Akun IG di DM

3. Kalau sudah, notifikasi teks terakhir online akan muncul di bawah nama pengguna Instagram. Contohnya di panduan ini, kontak yang saya hubungi aktif sekitar 6 menit yang lalu.

Cek Kapan Terakhir Online di IG

Catatan: Untuk yang sedang online, biasanya akan muncul tanda bulat hijau di bagian foto profil pengguna Instagram.

4. Selesai.

Fitur terakhir dilihat ini bisa muncul di semua akun Instagram yang mengaktifkannya.

Jadi tidak harus Anda follow dulu, melainkan yang tidak diikuti juga bisa dilihat kapan terakhir online-nya.

Kecuali kalau akun lain tidak mengaktifkan fitur terakhir dilihat ini. Atau akun yang ingin dilihat sudah memblokir Anda, sehingga notifikasi dari fitur ini juga tidak akan muncul.

Cara Agar Tidak Terlihat Online Di Instagram

Fitur terakhir dilihat ini sudah di-setting secara default supaya aktif. Tapi kalau Anda tidak ingin orang lain tahu kapan Anda terakhir online, fitur ini masih bisa diatur untuk dimatikan.

Cara lebih jelasnya, seperti berikut:

1. Pertama masuk ke tab Profil Instagram dan ketuk icon More Options.

2. Selanjutnya pilih menu Pengaturan.

Pilih Pengaturan IG

3. Cari pengaturan Privasi.

4. Setelah itu, silakan ketuk opsi Status Aktivitas.

Ketuk Menu Status dan Aktivitas

5. Pada bagian Tampilkan Status Aktivitas, silakan matikan opsinya dengan menggeser toggle ke kiri.

Nonaktifkan FItur Tampilkan Status Aktivitas

6. Selesai.

Setelah diatur, Anda bisa lihat dengan memakai akun lain. Apakah fitur terakhir dilihat ini masih aktif di akun utama Anda atau tidak.

Oh iya, sebagai tambahan. Kalau mematikan fitur ini, maka Anda juga jadi tidak bisa melihat status aktivitas dari akun teman Anda.

Baca Juga: Cara Menggunakan Fitur Close Friends Instagram

Bisakah Instagram Melihat Kapan Terakhir Pesan Dibaca?

Cek Kapan Pesan Dibaca Instagram

Selain bisa melihat kapan terakhir teman Anda online, Instagram juga menyediakan fitur untuk mengetahui kapan pesan dibaca.

Contohnya seperti gambar di atas, dimana saya mencoba mengirimkan pesan. Kemudian Ketika dibaca, akan muncul notifikasi “Baru Saja Dilihat.”

Kalau pesan sudah dibaca sejak lama, nanti pesannya juga mengikuti saat waktu pesan itu dibuka. Tapi biasanya hanya menampilkan harinya saja.

Baca Juga: Cara Mengecek Draft Postingan di Instagram

Akhir Kata

Itulah cara untuk melihat kapan terakhir dilihat di Instagram. Termasuk juga pembahasan mengenai bagaimana cara menonaktifkan fitur terakhir dilihat yang ada di Instagram.

Fitur Instagram ini bisa Anda atur sesuai keinginan. Kalau semisal Anda ingin menjaga privasi, Anda bisa menonaktifkan fitur ini lewat panduan sebelumnya.

Kalau Anda punya pertanyaan terkait fitur terakhir dilihat di Instagram ini, silakan tanyakan langsung ke saya dengan mengisi kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like