Cara Menerima Barang Lewat JNE

Cara Menerima Paket Barang JNE

Seperti yang kita ketahui, di Indonesia sudah ada beberapa pilihan jasa ekspedisi pengiriman. Jika Anda sering berbelanja online, pastinya sih nggak akan asing lagi dengan ekspedisi-ekspedisi tersebut.

Contohnya JNE. Kalau di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, dan lain sebagainya, JNE termasuk salah satu jasa pengiriman yang banyak dipilih.

Alasannya, mungkin karena JNE memang sudah lama ada, sehingga dipercaya punya pengalaman dan sistem yang baik.

Bicara soal JNE, Anda yang baru coba-coba belanja online dan memilih ekspedisi ini, biasanya masih punya banyak pertanyaan kan?

Misalnya, “bagaimana sih cara menerima barang lewat JNE?”, seperti yang akan kita bahas di sini.

Cara Menerima Barang Lewat JNE

Terima paket barang Dari JNE

Menerima barang dari JNE sebenarnya sangat sederhana. Tapi sebelum itu, coba deh kenali dulu proses pengiriman barang lewat JNE, secara garis besarnya:

  • Penjual Mengirim Barang: Katakan di sini Anda baru berbelanja online. Proses pertama yang dilakukan, adalah seller mengirim barang yang Anda pesan terlebih dahulu ke kantor JNE.
  • Barang Dibawa ke Gudang Kota Asal: Kemudian barang dari kantor JNE akan dibawa ke gudang. Di sana barang akan disesuaikan untuk dimasukkan ke dalam jalur pengiriman ke kota tujuan.
  • Barang Dikirim ke Kota Tujuan: Setelah dari gudang, maka barang akan mulai memasuki proses utama, yakni dikirim ke kota tujuan.
  • Barang Sampai ke Gudang Kota Tujuan: Barang sampai di kota tujuan. Namun sebelum diteruskan ke penerima, barang akan disimpan terlebih dahulu di gudang kota tujuan untuk dicek kembali detail alamatnya.
  • Kurir Akan Membawa Barang Anda: Proses terakhir, kurir akan membawa barang tersebut ke alamat tujuan, yang berarti merupakan tempat tinggal Anda.

Sisanya, kita hanya perlu menunggu kurir saja. Kemudian setelah kurir datang, maka Anda bisa langsung menerima barangnya.

Oh ya, untuk cara terima paketnya sendiri nggak merepotkan, kok. Anda kadang hanya langsung menerima paket saja, atau kadang juga harus memberi tanda tangan sebagai bukti terima paket.

Simpel banget kan?

Mengambil Langsung Paket ke Kantor JNE

Terima Barang Langsung Di Kantor JNE

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk menerima paket dari JNE, Anda bisa mengambilnya langsung ke kantor JNE.

Hal ini bisa dilakukan untuk kondisi tertentu, seperti:

  • Anda ingin cepat-cepat menerima paket tersebut karena memang penting.
  • Paket tersebut tidak terkirim ke tempat tinggal Anda karena ada kesalahan penulisan alamat.
  • Dan lain-lain.

Untuk mengambilnya, pertama cek terlebih dahulu status resi Anda. Resi sendiri adalah nomor kode pelacakan yang berfungsi untuk mengetahui posisi paket berada.

Caranya seperti ini:

  1. Buka JNE.co.id.
  2. Masukkan nomor resi di kolom Lacak Kiriman.
  3. Isi kode chaptcha.
  4. Klik tombol Tracking.

Nah, Anda bisa mengambil paket Anda kalau status resi sudah menunjukkan Received At Warehouse (sudah diterima di gudang).

Anda tinggal datang saja ke kantor cabang JNE, kemudian katakan bahwa Anda ingin mengambil paket Anda dengan menyertakan nomor resi tadi dan kartu identitas (jika diminta).

Dengan begitu, maka Anda bisa langsung mendapatkan paket yang telah ditunggu-tunggu.

Oh ya, untuk mencari kantor tempat pengambilan paket, supaya Anda nggak sampai salah alamat nanti, coba deh baca dulu artikel berikut ini dulu:

Cara Mencari Kantor JNE Terdekat.

Di sana sudah saya bahas secara lengkap, lho. Selain itu, agar Anda dapat datang tepat waktu di saat kantor JNE masih buka, jangan lupa juga untuk membaca artikel ini:

Jam Kerja Kantor JNE.

Apakah Ada Biaya Tambahan Saat Menerima Paket?

Jawabannya, tidak ada.

Jadi, pada saat mengirim barang dengan JNE, maka pihak pengirim akan membayarkannya di awal. Dengan begitu, penerima tidak mengeluarkan biaya apa-apa lagi.

Yang terpenting adalah, Anda hanya perlu memastikan bahwa paket yang diterima baik-baik saja dan sesuai dengan milik Anda.

Kalau tidak sesuai bisa coba komplain.

Kalau Tinggal di Pelosok, Apakah Barang Tetap Sampai?

Jawabannya, iya.

Hanya saja dengan catatan, diantar tidaknya ke alamat Anda kembali lagi ke kurirnya, apakah bisa menjangkau tempat tersebut atau tidak, karena di resi juga bisa menunjukkan status LBA (Luar Batas Antar).

Kalau mengalami kondisi ini, solusinya bisa langsung jemput paket ke kantor cabang atau agen JNE terdekat dari tempat Anda.

Caranya sesuai dengan yang telah dijelaskan tadi.

Akhir Kata

Demikian cara menerima barang lewat JNE.

Topik ini bisa dibilang merupakan pertanyaan yang sangat mendasar. Namun saya pikir diperlukan untuk orang-orang yang baru memakai JNE, seperti buat Anda yang baru pertama kali membeli barang secara online.

Penjelasan di sini saya buat agar mudah dipahami, dan sebagian sesuai dengan pengalaman pribadi. Terus terang, saya sendiri juga sangat sering kok, memakai JNE ketika belanja di marketplace.

Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like