JNE Salah Kirim Alamat? Coba Beberapa Solusi Berikut

JNE Salah Alamat Kirim

Kalau kita belanja online di E-Commerce, Marketplace, situs jual beli maka kita akan diberikan beberapa opsi pengiriman. Contoh sederhana untuk jarak dekat seperti Grab, atau Gojek, dan untuk jarak jauh salah satunya JNE.

Pengiriman tersebut disesuaikan dengan lokasi penjual, adakah kantor kurirnya atau tidak. Dan satu hal pasti, JNE saat ini merupakan salah satu jasa pengiriman dengan jangkauan wilayah paling luas di Indonesia.

Untuk mendapatkan pengiriman barang, tentu kita harus memberikan informasi penjual seputar alamat tempat tinggal kita, lebih lengkapnya :

  • Nama penerima
  • Alamat penerima
  • Nomor telepon
  • Dan lainnya

Semakin lengkap tentu akan semakin baik. Dengan begitu kurir tidak akan terjadi yang namanya salah alamat kirim.

Nah, tapi inilah yang ingin saya bahas disini. Apa yang terjadi kalau JNE salah kirim paket ke alamat yang salah? Dan diterima oleh orang yang berbeda?

Memang jarang terjadi, namun tentu orang yang mengalaminya ingin sebuah pemecahan masalah.

Paket JNE Salah Alamat

Sebelumnya ada beberapa jenis masalah dari bahasan ini. Yaitu :

Proses Pengiriman JNE Alamat Salah

Ketika penjual mengirimkan barang ke kita, ia menuliskan alamat yang kurang tepat dan cenderung membuat bingung. Misalnya salah nama jalan, RT atau RW dan lain sebagainya. Ini sering sekali terjadi.

JNE Paket Sudah Diterima Orang Lain, Alamat Salah (Status Delivered)

Sedangkan yang ini paketnya sudah status delivered atau sudah terkirim. Namun yang jadi masalah adalah paket kita diterima oleh orang lain, bukan kita sendiri (Bisa karena alamatnya salah).

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Mengalami Masalah Ini?

Kalau proses pengiriman JNE masih dalam proses pengiriman, yang saya sarankan adalah menunggu. Mengapa?

Karena saya sendiri pernah beli barang online, dan sebagian diantaranya alamat yang tertulis tidak lengkap. Jalan yang kurang sesuai dan lain sebagainya.

Tapi apa yang terjadi? Paket tetap sampai dan diterima dengan baik oleh saya. Bukan tanpa alasan, karena sebagian besar kurir JNE di kota maupun desa sudah hapal jalan.

Sehingga kalau hanya beda RT, RW sedangkan parameter lainnya kurang lebih masih bisa dipahami ya tidak masalah.

Solusi JNE Salah Kirim Ke Orang Lain (Status Delivered)

Beda cerita kalau memang kurir JNE sudah mengirimkan barang kita, status delivered, namun penerima bukanlah kita sendiri atau setidaknya orang yang kita kenal, melainkan orang lain.

Untuk masalah ini ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Karena walau jarang terjadi, tidak sedikit kok orang yang sudah mengalaminya dan berbagi pengalaman soal ini.

Datangi Rumah Penerima

Kalau rumah penerima dekat dan Anda sendiri masih kenal (Tetangga misalnya), coba langsung saja datangi rumahnya. Kalau pengalaman saya sendiri, ada kok kurir yang menitipkan paket dikarenakan suatu alasan.

Salah satunya seperti karena alamat yang tidak jelas seperti tadi, atau karena memang rumah Anda kosong (Kurir sudah datang tapi tidak ada respon).

Bisa jadi tetangga Anda belum bisa mengantarkan paket Anda, jadi lebih baik coba datangi saja dulu.

Pergi Ke Kantor JNE

Kalau paket diterima oleh orang yang jauh dari lokasi tempat tinggal kita, dan Anda tidak memungkinkan untuk datang kesana, solusi lainnya tentu adalah pergi ke kantor JNE.

Disana Anda bisa komplain masalah yang sedang dialami. Paket yang harusnya diterima salah alamat.

Sehingga pihak staff akan memberikan solusinya nanti (Jangan lupa sertakan nomor resi paket sebagai identitas).

PS : Kadang ada juga paket yang dikembalikan ke gudang karena alamat salah. Barangkali termasuk paket Anda juga

Telepon Kurir

Saya pernah mendengar pengalaman seseorang yang paketnya salah diterima, ia memproses masalahnya dengan kurir.

Yup, di kantor JNE ada kemungkinan Anda diberikan informasi kontak kurir. Jadi nanti kurir yang mengantar paket Anda sendiri yang akan membantu.

Telepon Ke Customer Service

Kalau Anda tidak memungkinkan untuk datang ke kantor JNE, JNE juga saat ini telah menyediakan beberapa opsi lain untuk menghubungi mereka.

  • Lewat Email
  • Sosial Media
  • Nomor Telepon
  • Dan lainnya

Coba Anda hubungi saja lewat salah satunya (Apa saja). Jelaskan kendala Anda, sertakan nama penerima, pengirim serta nomor resi dari paket yang salah alamat tadi.

Untuk informasi kontak, nomor telepon dan sejenisnya saya pernah membahas secara lebih lengkap di Nomor Telepon JNE (Kontak Customer Service). Coba baca disana.

Tips Kedepannya Supaya Tidak Salah Alamat Lagi

Masalah paket salah kirim ini memang sepatutnya kita hindari. Apalagi kalau paket barang yang kita beli harganya mahal.

Hal pertama yang harus diperhatikan, adalah pastikan alamat yang tertera sesuai. Misalnya kalau Anda belanja di e-commerce, pastikan pengaturan akun sudah sepenuhnya benar.

Kemudian pastikan juga sellernya punya reputasi bagus, dan punya ulasan yang baik dalam pengiriman.

Dengan memperhatikan dua hal tersebut, maka kemungkinan salah alamat bisa diminimalisir secara drastis.

Akhir Kata

Begitulah sedikit pembahasan tentang JNE yang paketnya salah alamat, status delivered tapi malah diterima orang lain. Seperti yang saya bilang, ini memang jarang terjadi, namun saya harap bisa membantu Anda yang barangkali sedang mengalaminya.

Semoga bermanfaat.

Cek Resi JNE Error? Bisa Nggak Ya?

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like