Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI

Cara Melacak HP Dengan IMEI

Apa yang sebaiknya dilakukan pertama kali ketika HP kita hilang atau dicuri? Yup, dilacak tentunya.

Ada banyak sekali metode lacak HP saat ini. Kita bisa melacak HP dengan IMEI, menggunakan email, hingga melalui nomor HP.

Nah, melacak dengan IMEI adalah salah satu metode yang bisa diterapkan. Namun yang jadi pertanyaan, apakah cara ini cukup efektif untuk menemukan HP kita kembali?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Leskompi.com akan membahasnya di sini.

Apa Itu IMEI?

Sebelumnya, mungkin di antara kita banyak yang bertanya-tanya, tentang apa sih IMEI itu? Banyak orang yang telah mendengar istilah ini, namun belum paham arti secara tepatnya.

Jadi singkatnya, IMEI adalah sebuah nomor yang telah ditanamkan oleh pabrikan sebagai identitas dari sebuah HP. Di dalamnya terdapat data dari HP yang dipakai, dan setiap perangkat tentunya punya nomor IMEI yang berbeda-beda.

IMEI ini erat kaitannya dengan jaringan. Di mana kalau hilang, maka HP tidak akan bisa terhubung ke internet sama sekali.

Baca juga: Cara Melacak HP Hilang Menggunakan email | 100% Work!

Bisakah HP yang Hilang Dilacak Menggunakan IMEI?

Nomor IMEI HP
Contoh Nomor IMEI Pada HP.

Apakah IMEI bisa dilacak? Saya ingin memberikan informasi yang 100% akurat untuk Anda di sini. Jadi, setelah beberapa waktu mencari, saya bisa menyimpulkan bahwa sebenarnya IMEI itu bisa dilacak.

Tapi, ada yang perlu digaris bawahi di sini. Walau kita bisa melacak HP menggunakan IMEI, tapi ini hanya bisa dilakukan pihak tertentu saja.

Misalnya pihak operator jaringan. Mereka bisa melacak nomor IMEI dengan cara mencari melalui database mereka. Dengan menggunakan tower BTS yang saat ini memang sudah tersebar hampir merata di seluruh wilayah Indonesia.

Tapi sayangnya, di Indonesia saat ini masih belum umum. Biasanya hanya bisa dilakukan oleh pihak tertentu, dan dengan urgensi tertentu saja.

Jadi, kalau Anda pernah melihat aplikasi pelacak HP dengan IMEI, kemungkinan aplikasi tersebut tidak akan berfungsi dengan semestinya.

Nah, kalau penasaran dari mana saya bisa tahu informasi ini, sejujurnya saya pribadi sudah tahu sejak lumayan lama. Baik dari berita, maupun dari forum-forum teknologi yang telah saya ikuti selama bertahun-tahun.

Contoh artikel yang pernah menulis hal ini adalah CNN. Artikelnya bisa dibaca di Cara Operator Lacak HP Lewat IMEI.

Cara Melacak HP yang Hilang dengan IMEI

Melacak HP

Jika Anda ingin melacak HP yang hilang dengan IMEI, satu-satunya cara hanyalah dengan meminta bantuan dari yang pihak berwajib.

Karena mereka memiliki bagian ahli, serta alat-alat khusus khusus yang dibutuhkan untuk memungkinkan HP bisa terlacak.

Tapi, tentu Anda juga harus mengetahui nomor IMEI-nya terlebih dahulu. Caranya bisa cek lewat kardus HP yang hilang tersebut.

Baca Juga: Penyebab GPS HP Android yang Tidak Akurat dan Cara Mengatasinya

Adakah Solusi Lainnya untuk Melacak HP?

Tentu saja ada. Pembahasan di sini adalah tentang Android, di mana sistem operasi ini merupakan produk milik Google.

Nah, untungnya Google sendiri telah menyediakan satu aplikasi pelacak, yang bernama Google Find My Device.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengetahui posisi HP secara akurat, lengkap dengan nama kota, daerah, bahkan nama jalan.

Untuk menggunakan fitur pelacak dari Google ini, Anda perlu email yang digunakan untuk login di HP yang hilang tersebut. Selanjutnya, untuk cara lacaknya seperti ini:

1. Pertama, silakan akses terlebih dahulu situs Find My Device. Rekomendasi saya lewat komputer atau laptop, supaya lebih nyaman.

2. Setelah itu, masuk menggunakan email dari HP yang hilang tadi.

Login Ke Find My Device

3. Nah, di sini HP Anda akan terlihat posisinya. Zoom jika ingin melihatnya lebih jelas.

Mengecek Posisi HP

4. Di Find My Device ini, kita juga bisa mengetahui nomor IMEI dari HP yang hilang tersebut (supaya lebih akurat).

Nomor IMEI Android Hilang

Cara ini sebenarnya sudah pernah saya tulis di Cara Lacak HP Menggunakan Email (Gmail). Silakan kunjungi halaman tersebut (link-nya ada di bagian atas artikel ini). Di sana pembahasannya jauh lebih lengkap.

Oh ya, jika Anda mencari tutorial melacak IMEI dengan GPS, kebanyakan hasilnya juga akan merekomendasikan cara ini.

Cara Menghapus Data HP yang Hilang

Hapus Data HP

Ini sebagai tambahan jika HP Anda tidak bisa ditemukan, dan Anda punya inisiatif untuk membeli HP baru.

Di sini sebaiknya kita harus menghapus terlebih dahulu seluruh data dari HP yang hilang tersebut.

Hal ini cukup penting dilakukan. Tujuannya agar privasi Anda bisa terjaga. Apalagi jika di dalamnya banyak data-data yang menurut Anda penting.

Untuk caranya, Anda bisa menggunakan lagi aplikasi Find My Device tadi.

  1. Cukup buka situs Find My Device lagi.
  2. Kemudian cek pada bagian menu yang ada di sebelah kiri. Di sana ada opsi Hapus Data. Silakan klik opsi tersebut.
  3. Dengan begitu, maka seluruh data HP akan terhapus secara permanen. Mirip opsi reset, tapi ini versi jarak jauhnya.
  4. Untuk contohnya, bisa lihat gambar di atas.

Tips Supaya HP Bisa Dicari Sewaktu Hilang

Lacak Posisi HP Dengan IMEI

Kesalahan sebagian besar pengguna Android, adalah tidak mengatur beberapa opsi yang wajib di-setting, guna mengantisipasi kemungkinan HP hilang sewaktu-waktu.

Nah, walau saya sudah pernah membahas hal ini, tidak ada salahnya untuk ditulis lagi. Terutama untuk Anda yang baru mengunjungi Leskompi.

Berikut tipsnya:

  • Selalu Nyalakan GPS: Mungkin 80% HP Android keluaran baru sekarang sudah ada fitur GPS-nya. Fitur ini akan sangat membantu untuk menemukan posisi HP secara akurat. Caranya cek di Settings > Locations > GPS. Nyalakan di sana.
  • Nyalakan Koneksi Internet Anda: Koneksi internet wajib selalu menyala, ya. Karena itu, tetap aktifkan data seluler (internet dari kartu SIM) sekalipun Anda biasanya lebih sering menggunakan WiFi.
  • Backup Data Secara Berkala: Jika HP hilang, sebagian besar data yang ada tidak bisa dikembalikan lagi. Makanya di Device Manager hanya ada opsi reset saja. Karena itu, saya sarankan untuk senantiasa lakukan backup data berkala. Seminggu sekali misalnya.
  • Kunci HP Anda: Metode pelacakan HP, baik memakai IMEI seperti tadi atau lainnya, mengharuskan HP tetap aktif. Sebagian besar HP sekarang baterainya sudah non-removable. Oleh karenanya, Anda hanya perlu mengunci HP saja -dengan pola atau fingerprint– agar tidak bisa dimatikan.
  • Selalu Jaga HP Anda: HP hilang biasanya terjadi akibat lupa atau kurang kehati-hatian. Mulai sekarang, tetap jaga HP agar tetap aman. Jangan simpan sembarangan.

Dan lain-lain tentunya.

Ini sebagai saran saja. Anda nggak perlu menerapkan semua tips tersebut kok, meski sebaiknya dilakukan. Semuanya kembali lagi ke pemakaian masing-masing.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan GPS HP Android (Semua Tipe HP)

Penutup

Demikian informasi tentang cara melacak HP dengan IMEI.

Artikel ini saya tulis untuk menjawab pertanyaan Anda yang sedang mencari topik serupa. Karena saya sendiri sudah pernah mengalami kehilangan HP, dan selain rugi di hati, juga rugi di kantong. Hehe.

Sekali lagi, saya hanya ingin memberikan informasi yang akurat, serta solusi yang bisa diberikan.

Kesimpulannya, karena lacak lewat IMEI belum bisa kita terapkan, maka saya hanya bisa berikan solusi lain, yakni dengan menggunakan aplikasi Find My Device.

Untuk kurang lebihnya mohon maaf. Kalau ada yang ingin ditanya, langsung saja kirimkan lewat kolom komentar yang tersedia di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like