Cara Mudah Mengisi List (Daftar / Absen) di WhatsApp

Cara Isi List di WhatsApp

Di Indonesia, hampir semua orang memakai WhatsApp sebagai aplikasi chatting mereka. Tidak hanya dipakai untuk percakapan pribadi, WhatsApp juga sering dipilih untuk membuat chatting grup.

Bicara soal grup WhatsApp, salah satu hal yang sering dilakukan di grup WA adalah mengisi list. Terutama pada grup-grup hobi maupun kelas.

Kalau Anda masuk ke grup jenis ini, dan pernah melihat list WA tapi belum tahu cara untuk mengisinya, berikut akan saya jelaskan.

Cara Mengisi List di WhatsApp

Sebelum panduannya dijelaskan, Anda harus tahu dulu kalau sebenarnya grup WhatsApp belum memiliki fitur untuk mengisi list secara otomatis.

Oleh karena itu, kalau Anda diminta untuk mengisi list, maka mau tidak mau harus dilakukan secara manual. Umumnya dengan melakukan copy paste pesan list tersebut.

Berikut pembahasannya. Silakan disimak.

1. Buka Grup WhatsApp

Buka Dulu Grup WhatsApp

Langkah pertama yang harus Anda lakukan, tentunya ialah membuka aplikasi WhatsApp terlebih dulu. Setelah WhatsApp terbuka, langsung saja cari grup yang menyuruh Anda untuk mengisi list.

2. Salin Pesan List

Salin Pesan List Terakhir WA

Kalau sudah, ketuk dan tekan pesan dari orang sebelumnya yang sudah mengisi list. Setelah itu, akan muncul beberapa opsi dibagian taskbar WhatsApp.

Anda bisa langsung memilih icon copy untuk menyalin pesan tersebut. Selanjutnya, pastikan muncul notifikasi Pesan Disalin untuk memastikan proses copy berhasil.

3. Paste Pesan List

Isi Pesan List

Setelah disalin, pastepesan list di kolom chat. Kemudian isikan nama Anda atau informasi yang diperlukan untuk mengisi list tersebut.

Karena di panduan ini saya ingin mengisi list absensi, maka saya harus mencantumkan nama atau ID yang dimiliki.

Setelah itu, ketuk icon Send untuk mengirim pesan list ke grup WhatsApp.

4. Pastikan Pesan List Terkirim

Pastikan Pesan List WA Terkirim

Pastikan pesan list yang Anda kirim berhasil terkirim. Cara memastikannya, Anda bisa melihat icon centang di pesan yang Anda kirim.

Kalau yang muncul icon Jam, segera perbaiki koneksi internet Anda. Supaya pesan list yang Anda kirim tidak tertimpa oleh anggota grup lainnya.

Baca Juga: Cara Mengubah Foto Profil WhatsApp Jadi Full

Tips Saat Mengisi List di WhatsApp

Saat mengisi list di WhatsApp, terkadang ada banyak kesalahan yang ditimbulkan. Paling umum terjadi, ialah nomor urut dari list tersebut menjadi tidak berurutan bahkan ada pesan yang tertimpa.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa cek beberapa tips berikut:

1. Jangan Isi List Saat Seseorang Sedang Mengetik

WhatsApp memiliki fitur yang memungkinkan Anda mengetahui kalau orang lain sedang mengetik. Fitur ini juga bisa Anda lihat di grup.

Nah kalau ada yang sedang mengetik, sebaiknya Anda tunggu dulu sampai anggota tersebut selesai mengisi list. Tujuannya, supaya pesan list yang Anda isi tidak tertimpa pesan dari anggota tersebut.

2. Perbaiki List Kalau Urutannya Salah

Kalau ada kesalahan (umumnya menjadi tidak berurutan), Anda bisa perbaiki terlebih dulu sambil mengisi list.

Hal ini bertujuan supaya anggota yang belum mengisi list, nantinya tidak bingung dengan urutan daftarnya.

3. Salin Pesan List Terakhir

Selanjutnya Anda juga wajib menyalin pesan list yang paling terakhir. Karena kalau Anda menyalin pesan list bukan yang terakhir, tentunya akan membuat ada anggota yang tertimpa daftarnya.

Sehingga mereka harus mengisi list ulang kembali.

4. Isi List Dengan Cepat

Tidak semua orang paham mengisi list. Terkadang mereka tidak menghiraukan kalau ada anggota yang sedang mengetik untuk mengisi list di grup.

Maka dari itu, sangat disarankan supaya Anda bisa mengisi list dengan cepat. Hal ini bertujuan supaya data Anda tidak tertimpa dan meminimalisir kesalahan urutan dari pesan list tersebut.

Baca Juga: Cara Logout Akun WhatsApp Tanpa Menghapusnya

Akhir Kata

Sederhananya, Anda bisa mengisi list di WhatsApp dengan menyalin pesan list terakhir. Kemudian menempelkannya di kolom chat dan mengisikan nama atau informasi yang diperlukan di pesan list.

Kalau sudah, Anda tinggal kirim. Jangan lupa juga untuk mengikuti tips-tips mengisi list yang sudah saya berikan di atas untuk meminimalisir terjadinya kesalahan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like