√ 2+ Cara Login WhatsApp Web Tanpa Scan Barcode | UPDATE 2019

Login WhatsApp Web tanpa scan barcode QR? Memang bisa? Itulah yang muncul di benak pikiran saya belakangan ini.

Oh ya, buat Anda yang belum tahu, WhatsApp web adalah salah satu fitur dari WhatsApp, dimana kita bisa membuka chat WA melalui browser, 100% tanpa perlu membuka HP sama sekali.

Fitur ini tentu saja cocok sekali buat digunakan di komputer atau laptop.

Namun untuk login WA web dengan akun yang kita miliki, kita harus terlebih dahulu melakukan scan kode QR, seperti yang pernah saya jelaskan di artikel melihat kode batang WA sebelumnya.

Dan inilah yang bikin saya penasaran, apa ada cara untuk masuk WA web ini tanpa barcode sama sekali?

Menariknya, bukan cuma saya saja, lho, yang penasaran akan hal ini.

Ada sebagian pengguna WhatsApp lain yang juga penasaran bagaimana caranya. Biasanya sih orang yang punya banyak kesibukan. Misalnya pelajar, mahasiswa, atau karyawan, khususnya yang banyak mengakses komputer atau laptop.

Karena dengan WA web, kita bisa browsing di laptop kesayangan, tanpa ribet lagi membalas chatting yang masuk di HP kita satu per satu. Baik browsing maupun balas chat, semuanya bisa via laptop saja.

Yuk, langsung saja kita lanjut ke pembahasannya.

Bisakah Kita Login WA Web Tanpa Scan Barcode?

Pertama, buat yang belum tahu, fungsi kode QR di sini adalah sebagai fitur keamanan. Tujuannya, agar hanya kita sebagai pemilik akun saja yang bisa mengaksesnya.

Jadi step untuk melakukan scan kode di sini wajib hukumnya, karena di halaman resmi WhatsApp sendiri sudah dituliskan begitu.

Gak percaya? Coba cek SS berikut:

Penjelasan langkah WA

Lalu, pertanyaannya sekarang, apakah bisa kita login WA web tanpa kode QR?

Kabar baik buat kita-kita yang penasaran, nih. Jawabannya, tentu saja bisa, namun dalam konteks tertentu.

Di sini Anda sebagai pemilik akun, setidaknya harus memegang HP untuk membuka barcode di akun WhatsApp Anda (setidaknya satu kali).

Lalu, bagaimana caranya? Berikut kita bahas:

Cara Masuk WhatsApp Web Tanpa Scan Kode QR

1. Memakai Metode Supaya Scan QR Code Tidak Muncul

Metode login di sini, ialah dengan melakukan scanning barcode akun WhatsApp yang kita miliki, ke WhatsApp web.

Dan kemudian, kita akan mencentang Tetap Masuk, sehingga posisi akun WhatsApp kita akan tetap login di komputer atau laptop nantinya. Jadi, selanjutnya Anda nggak perlu melakukan scanning barcode lagi.

Caranya begini:

  1. Pertama, buka terlebih dahulu web.whatsapp.com.
  2. Centang tetap masuk atau keep me signed in (jika menggunakan bahasa Inggris).
  3. Ambil HP Anda > Buka WhatsApp > Kemudian silakan scan kodenya.
  4. Tunggu hingga proses scanning selesai.
  5. Anda sudah sukses login ke akun WhatsApp Anda di komputer atau laptop.

Dengan memakai metode di atas, maka seperti yang saya bilang tadi, Anda tidak perlu melakukan scan kode lagi ketika ingin masuk di lain waktu, karena posisi akun WA Anda sudah login.

Yang perlu dicatat di sini, Anda disarankan jangan sampai clear cache browser yang dipakai. Karena nanti langkah-langkah tersebut harus diulang lagi dari awal.

Oh ya, selain hal tersebut, ada 3 hal lagi yang mungkin Anda butuhkan:

Pastikan koneksi internet menyala: WA web ini bekerja dengan cara sinkronisasi dengan WA yang ter-install di HP. Jadi kalau internet di HP disconnect, maka WA web tidak bisa dipakai (muncul keterangan tidak tersambung internet seperti pada gambar).

Login WA web tanpa barcode

Cara cari barcode: Di langkah atas, saya hanya bilang, “Silakan lakukan scan barcode“. Nah, kalau belum tahu, caranya sebagai berikut:

Ada di menu WA > Pilih WhatsApp Web > Klik tombol + > Lalu scan.

Mengecek barcode WhatsApp

Cara logout WA web: Sama saja seperti langkah cek barcode di atas. Hanya di menu WA web, kita tinggal pilih opsi “keluar dari semua perangkat”.

Cara keluar WhatsApp web

 Kalau ada pertanyaan lain, kirim saja lewat kolom komentar di bawah, ya.

2. Alternatif Masuk Whatsapp Web Tanpa Kode Verifikasi

Login WA di komputer atau laptop tanpa web dan tanpa scan? Memangnya bisa?

Tentu saja bisa, dong. Caranya, yakni dengan menggunakan emulator Android.

Kalau belum tahu, emulator ini adalah sebuah aplikasi, dimana kita bisa menjalankan sistem Android secara virtual di Windows yang dipakai.

Nah, intinya di sini kita akan menggunakan “Android virtual” tersebut untuk membuka WA di komputer kita, sehingga fungsi scan barcode jadi tidak ada lagi.

WA di laptop
Contoh WA di emulator Android NOX

Cara ini sudah banyak orang yang pakai (termasuk saya). Namun perlu diingat, karena cara login-nya sama seperti di aplikasi WA HP biasa, maka Anda tetap membutuhkan nomor aktif untuk verifikasi kode.

Kalau tertarik, di sini saya sudah menyiapkan sebuah artikel khusus yang bisa dibaca. “Cara memakai WhatsApp di Laptop”. Silakan cari di situs ini menggunakan fitur search, ya.

3. Adakah Cara Yang Lain?

Secara garis besar, saya hanya tahu 2 cara di atas saja. Karena seperti yang saya bilang tadi, kode QR ini fungsinya kurang lebih sebagai pengaman atau “identitas” dari akun yang kita pakai.

Sama seperti password, namun dalam bentuk kode batang unik.

Dengan demikian, kita tetap membutuhkan kode tersebut, dan sementara ini untuk metodenya paling dengan hanya menggunakan Emulator atau WhatsApp Web.

Cuma ada sedikit informasi di sini. WA Web PC itu sebenarnya bukan berbentuk situs saja, melainkan ada aplikasinya juga.

Anda bisa coba pakai Aplikasi tersebut sebagai alternatif, jika ingin mempersingkat waktu dan ingin lebih fleksibel (tanpa buka browser).

 Untuk caranya, sudah saya sertakan pada link memakai WA di Laptop sebelumnya.

Pertanyaan lain (yang Sering Diajukan)

  • Apa akun di web akan logout kalau internet HP dimatikan? Tenang saja, karena akun tidak akan logout. Jadi Anda bisa disconnect internet kapan saja Anda mau. Paling seperti yang saya bilang sebelumnya, akan muncul notifikasi “tidak tersambung”.
  • Bagaimana kalau komputer dimatikan, apa akan logout? Tidak, selama mengikuti cara tadi, khususnya di poin pertama Anda sudah mencentang tetap masuk (keep me signed in), maka WA akan tetap dalam kondisi login.
  • Apa bisa login di browser lain? Anda bebas menggunakan browser apa saja yang Anda mau. Di sini bahkan saya menggunakan 2 browser (Chrome dan Firefox). Hanya saja, Anda harus mengulangi langkah-langkah pada cara pertama di browser baru.
  • Bagaimana kalau ingin login di Komputer lain? Bisa saja, dan jawabannya sama persis seperti pertanyaan browser tadi.

Akhir Kata

Demikian, sedikit informasi tentang 2 cara login WhatsApp web tanpa scan barcode atau kode QR.

Jadi, bisa disimpulkan mudah sekali bukan? Rasanya cara tadi nggak bisa disebut sulit, deh.

Artikel ini saya buat selengkap mungkin, untuk menjawab pertanyaan para pengguna WA yang ingin masuk ke akun WhatsApp mereka via web tanpa HP.

Dan semoga ini bisa membantu Anda, terutama bagi yang penasaran, atau memang sedang membutuhkan caranya juga.

Ada pertanyaan lain? Boleh kirim melalui kolom komentar, ya. Tersedia di bawah artikel ini.

Semoga bermanfaat!

0 Shares:
8 comments
  1. tapi wa di hp apakah harus dalam kondisi aktif atau login juga? kalau wa di hp dlm keadaan logout, dan sudah pernah login wa web dg tanda tetap sign in. apakah bisa tetap buka wa web?

  2. oh iya, apakah saya bisa merestore data wa akun no hape yang lama dan sudah tidak aktif lg, ke akun wa dg nomer hp yang baru? terimakasih banyak, Maaf pertanyaan melenceng dr postingan admin

  3. Betul, memang harus dalam keadaan aktif. Karena pada dasarnya kita cuma mengakali saja biar nggak logout ^^ Kalau mau HP dalam keadaan logout, bisa coba pakai Emulator kak

  4. semua cara di atas ya simple banget. coba cariin cara kalo kasusnya seperti dibawah ya.

    (1) Kita akan pake emulator untuk menggunakan aplikasi WA. Dan menggunakan HP jadul spt nokia 3310 hanya untuk terima sms NOMOR VERIFIKASI WA. sampe disini clear kita bisa pake aplikasi WA dengan emulator.

    (2) Kasusnya kita lanjutin. Tadi kita sudah punya dan bisa menjalankan aplikasi WA di emulator. Lalu WA emulator ini akan kita koneksikan ke WA WEB. nah kalo ini caranya gimana?? mungkin ada yang tau. share yaa. makasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like