Cara Mengubah Foto Jadi Lingkaran

Cara membuat gambar lingkaran

Ada kalanya di mana kita mungkin membutuhkan gambar atau foto berbentuk lingkaran. Entah itu hanya iseng untuk di-upload ke media sosial, hingga kebutuhan seperti logo perusahaan.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana sih cara membuat foto berbentuk lingkaran ini? Terus, bisa nggak kalau dibuat dari foto yang awalnya berbentuk persegi, seperti kebanyakan foto pada umumnya?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, langsung saja, yuk, kita simak pembahasannya:

Cara Membuat Foto Menjadi Lingkaran

Saat ingin membuat foto menjadi lingkaran, setidaknya ada 2 metode yang bisa kita lakukan, yaitu:

  • Membuat gambar dari awal, yang mana langsung didesain membentuk lingkaran.
  • Mengedit foto atau gambar yang tadinya persegi, menjadi berbentuk lingkaran.

Untuk yang dari awal memang sudah didesain membentuk lingkaran, ini mungkin hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah paham teknik editing atau desain saja.

Akan tetapi, jika Anda ingin mengedit foto atau gambar menjadi lingkaran, ini bukanlah suatu hal yang sulit.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas metode yang kedua, yaitu mengeditnya dari foto persegi yang sudah ada. Alasannya, metode kedua ini dirasa lebih mudah, sehingga bisa diterapkan oleh siapa saja.

Baca juga: Cara Mengganti Background Foto Dengan Paint

Persiapan

Perlu diketahui sebelumnya, di sini kita akan menggunakan proses cutting (memotong) foto.

Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan sebuah bahan gambar atau foto tertentu, yang ingin Anda edit bentuknya menjadi lingkaran. Resolusinya bebas, tapi direkomendasikan menggunakan yang agak besar supaya nggak pecah.

Sedangkan untuk alat untuk mengeditnya, di sini saya akan menggunakan 2 software, yakni Adobe Photoshop dan Microsoft Word (versi 2007).

Sengaja saya gunakan 2 software, supaya Anda bisa memilih yang sekiranya lebih mudah untuk diterapkan, juga sebagai alternatif jika Anda tidak memiliki salah satu dari kedua software tadi.

Langsung saja, kita masuk ke tutorialnya:

1. Menggunakan Adobe Photoshop

Tutorial pertama, kita akan mulai dengan menggunakan software Adobe Photoshop, di mana tool yang kita pakai di sini adalah fitur crop.

Buat Anda yang belum tahu, selain bisa digunakan untuk memotong gambar dalam bentuk persegi, crop tool dari Photoshop ini bisa kita gunakan untuk memotong dalam bentuk lingkarang juga, lho.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Pertama, silakan buka terlebih dahulu aplikasi Adobe Photoshop di PC atau laptop Anda.

Langkah 2: Setelah aplikasi terbuka, selanjutnya silakan cari dan buka gambar yang Anda inginkan. Caranya klik File > Open.

Buka gambar Photoshop

Langkah 3: Jika sudah, sekarang pilih Eliptical Marquee Tool.

Oh ya, tool ini merupakan salah satu variasi dari Marquee Tool. Memang tidak terlihat di icon utama, sih. Jadi, untuk melihatnya, Anda cukup klik kanan saja di icon tersebut, maka akan nampak pilihannya di sana.

Biar lebih terbayang, coba cek gambar berikut:

Tool

Nah, dengan memakai tool ini, kita bisa menyeleksi foto dalam bentuk lingkaran.

Langkah 4: Silakan buat lingkaran pada foto sesuai keinginan. Mungkin objek utama, atau objek lainnya yang ingin Anda jadikan bentuk lingkaran.

Usahakan teliti agar rapi hasilnya, ya.

Crop bentuk lingkaran

Langkah 5: Selanjutnya, klik Ctrl + X (cut). Nanti gambarnya akan hilang seperti ini:

Gambar telah di cut

Langkah 6: Silakan buat lembar baru lagi, cukup dengan klik Ctrl + N saja.

Untuk ukurannya bebas. Anda juga bisa mengatur background-nya, apakah ingin transparan atau berwarna putih. Saran saya atur menjadi transparan.

Pengaturan lembar baru

Langkah 7: Saat berada di tab lembar baru, silakan Anda klik Ctrl + V (paste) di sana. Maka, secara otomatis gambar yang tadi di crop akan muncul.

Membuat foto lingkaran photoshop

Langkah 8: Sekarang foto Anda sudah berubah menjadi lingkaran. Selanjutnya, Anda bisa menyimpannya. Caranya klik Ctrl + Shift + S > Pilih format gambar, nama, dan folder penyimpanan yang diinginkan > Lalu Save.

Format gambar

Mudah bukan?

Nah, cara ini juga sebenarnya tidak jauh beda dengan yang ada pada artikel cara membuat kotak, lingkaran, dan segitiga. Bedanya, di sini kita hanya memakai tool untuk memotongnya saja.

Dengan cara ini, Anda bisa memotong foto Anda menjadi bentuk lingkaran seperti yang Anda inginkan. Yang terpenting, pastikan Anda teliti saat menyeleksi objek supaya rapi hasilnya.

Baca Juga: Cara Mengetahui Ukuran Foto Dengan Mudah

2. Memakai Aplikasi Office Word

Nah, selanjutnya kita bahas menggunakan aplikasi Office Word.

Di Word, ada yang namanya tool Picture Shape. Fungsinya ialah untuk mengubah gambar ke berbagai bentuk, mulai dari kotak, tanda panah arah, sampai bentuk berlian pun ada.

Yang perlu diingat, cara ini khusus untuk Anda yang ingin memasukkan foto tersebut ke dalam dokumen saja. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot lagi mengeditnya terlebih dahulu di luar Word.

Caranya seperti berikut:

Langkah 1: Buka terlebih dahulu aplikasi Office Word di PC atau laptop Anda. Di tutorial ini, saya menggunakan versi 2007. Jika beda versi, silakan disesuaikan saja, ya.

Langkah 2: Masukkan gambar yang ingin Anda edit ke dalam kertas. Caranya, pada tab Insert > Klik Picture.

Menambah gambar di Word

Langkah 3: Klik gambar yang telah dimasukkan tadi > Masuk ke tab Format > Pilih Picture Shape > Lalu pilih bentuk oval:

Crop Foto Jadi bulat di Word

Langkah 4: Terakhir, Anda tinggal mengatur sudut-sudut gambarnya saja, sampai berbentuk bulat sempurna, seperti pada gambar berikut:

Membuat foto lingkaran di Word

Nah, kurang lebih seperti itulah caranya.

Perlu diingat, bahwa tutorial ini sifatnya tidak mengikat, ya. Anda bisa mencoba beberapa pengeditan lain, seperti mengatur rasio gambar, sampai menemukan bentuk yang pas.

Sebab, di sini saya hanya menjelaskan teknik dasarnya saja. Silakan Anda kembangkan lagi.

Baca Juga : Aplikasi Gabung Foto Tanpa Garis, Kekinian!

Akhir Kata

Untuk membuat foto berbentuk lingkaran atau bulat, ternyata tidak sulit, ya? Hanya dengan menggunakan salah satu dari dua cara di atas, maka foto seperti itu sudah bisa dibuat.

Kedua cara ini juga sudah saya tes sendiri dan berhasil tanpa masalah. Selain itu, Anda juga bisa mencari cara lain lagi untuk melakukannya. Sebab, ada banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk membuat foto semacam ini.

Jika ada yang ingin ditanyakan, Anda bisa mengirimkannya lewat kolom komentar di bawah. Nanti saya jawab.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like