√ Cara Melihat Kode Batang (QR) WhatsApp [1 Menit]

Sebagai salah satu aplikasi chatting dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia,  WhatsApp memiliki beragam fitur yang sangat bermanfaat untuk penggunanya. Salah satunya, mungkin Anda pernah melihat fungsi Scan QR Code di WhatsApp.

Jika Anda belum mengetahuinya, QR Code ini merupakan kode batang 2 dimensi yang mana memiliki bentuk unik dengan pola bervariasi. Dikenal juga dengan istilah lain, seperti barcode, kode batang, atau kode QR dalam bahasa Indonesia.

Tidak hanya WhatsApp, kode QR juga banyak digunakan oleh pihak-pihak lain dengan tujuan tertentu, karena kemampuannya yang dapat menyimpan data-data seperti URL, nomor telepon, teks, dan lain sebagainya.

Kalau Anda dulu termasuk salah satu pengguna BBM (Blakcberry Messenger), tentu tidak asing dengan kode seperti ini bukan?

Fungsi Kode QR di WhatsApp

QR Code atau kode batang, dulu waktu masih zamannya BBM (Blakcberry Messenger), ini biasanya kita gunakan untuk melakukan scanning kode pin, supaya tidak perlu repot-repot lagi memasukkan pin satu per satu.

Juga biasa digunakan oleh pihak lain -seperti yang saya singgung sedikit di atas- untuk tujuan tertentu. Misalnya menyimpan URL di dalamnya. Jadi dengan memindai kode tersebut, kita akan dibawa ke halaman website tertentu.

Lalu, apa fungsi kode QR ini di WhatsApp?

Fungsi scanning kode QR di WhatsApp ini adalah untuk membuka akun WA kita melalui WhatsApp Web di komputer atau laptop.

Dengan kode QR tersebut, kita bisa menggunakan WhatsApp tanpa menyentuh ponsel sekalipun. Sebab, kita bisa mengakses akunnya melalui laptop.

Hal ini tentu saja sangat bermanfaat dalam banyak situasi. Contohnya, ketika baterai HP sudah mau habis. Sedangkan HP dicas, Anda tetap bisa membuka WA melalui laptop, dan melakukan obrolan seperti biasa.

Ini baru sejauh yang saya tahu, ya, dan tidak pula menutup kemungkinan adanya fungsi lain mengenai kode QR di WhatsApp.

Cara Masuk ke Akun WhatsApp Dengan Nomor yang Tidak Aktif. Yuk, Dicoba!

Cara Melihat Kode QR WhatsApp di PC atau Laptop

Untuk melihat kode batang yang akan Anda scan di PC atau laptop, pertama-tama Anda harus membuka situs WhatsApp Web terlebih dahulu.

WhatsApp Web ini bisa dibuka di PC atau laptop Anda dengan menggunakan browser apa saja. Sebagai contoh, di sini saya menggunakan browser Mozilla Firefox.

Caranya nggak sulit, kok:

  • Silakan buka situs WhatsApp Web terlebih dahulu:

https://web.whatsapp.com/

  • Saat situs sudah terbuka, Anda akan mendapati kotak barcode di bagian kanan. Nah, itulah kode QR yang harus Anda scan untuk login ke WhatsApp Web.
WA WEB

Cara Mengakses WhatsApp di PC atau Laptop dengan Scan Kode Batang

Seperti yang saya bilang tadi, kode QR yang terdapat di WhatsApp Web ini adalah kode yang berfungsi sebagai metode login WhatsApp di komputer, baik PC maupun laptop.

Dengan kode QR ini, Anda tidak perlu memasukkan email, password, atau nomor HP seperti yang biasa dilakukan aplikasi-aplikasi chatting sejenisnya. Cukup arahkan kamera scanner ke kode tersebut, maka Anda akan langsung dibawa masuk ke dalam akun Anda.

Untuk proses melakukan scanning-nya, ini masih harus dilakukan dengan bantuan HP dulu, di mana HP tersebut juga harus sudah terinstal aplikasi WhatsApp, dan sudah masuk (login) ke akun Anda.

Lalu, HP Anda juga harus terhubung ke internet tentunya. Pastikan internet yang digunakan lancar dan stabil, ya.

Langsung saja, yuk, kita bahas caranya:

1. Pertama, silakan buka aplikasi WhatsApp Anda. Ingat, HP harus sudah terhubung ke internet.

2. Klik logo titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih WhatsApp Web.

3. Silakan arahkan kamera scanner yang muncul pada layar HP ke kode QR yang ada di situs WhatsApp Web (bisa dibuka di PC maupun laptop).

Cara scan kode QR WA

4. Maka otomatis, WhatsApp Web yang dibuka di PC atau laptop Anda tadi, akan langsung login dengan akun yang terdapat di HP Anda.

Baca juga: Cara Mengatasi Notifikasi WA Web Aktif (Berhasil!).

Kesimpulan

Nah, dari sedikit pembahasan mengenai kode QR WhatsApp tadi, kita bisa menyimpulkan bahwa cara menemukan kode ini sangat mudah.

Pun dengan cara menggunakannya untuk login ke WhatsApp Web. Hal ini juga tidak kalah mudahnya.

Intinya, kita hanya perlu mengakses situs WhatsApp Web saja terlebih dahulu, kemudian melakukan scanning kode yang tersedia, sehingga kita akan otomatis dibawa ke akun WhatsApp Web kita.

Ah, saya pikir ini sih sangat mudah. Bagaimana menurut Anda? Semoga Anda pun demikian, ya.

Akhir Kata

Sekian informasi singkat seputar kode QR WhatsApp. Sekarang, Anda sudah tahu fungsi dari kode QR alias kode batang WA, serta bagaimana cara memakainya.

Saya sendiri sebenarnya sudah mengetahui fungsi dari kode QR ini sejak lama. Hanya saja, baru-baru ini mulai sering menggunakannya.

Dengan adanya artikel yang saya tulis ini, saya harap bisa membantu Anda yang ingin mengetahui seputar kode QR WhatsApp, ingin menggunakan WA tanpa HP, dan atau ingin login WA di perangkat lain selain HP seperti komputer misalnya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, ya.

0 Shares:
2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like