Ini Dia Fungsi WhatsApp Web (Ternyata Bermanfaat Lho)

Sudah tahu pastinya ya? Kalau selain fungsinya untuk Chatting, WhatsApp juga punya banyak sekali fitur-fitur lain yang menarik. Misalnya Membuat Link Di WA Untuk Dibagikan, hingga Mengetik Tulisan Arab.

Walau fiturnya banyak, tidak semua orang sudah tahu secara keseluruhan. Apalagi untuk fitur-fitur lain yang tersembunyi.

Salah satu yang ada di WhatsApp adalah WA Web. Fitur ini bisa kita lihat pada menu Setelan WhatsApp dibagian kanan atas. Disana tertulis “WhatsApp Web”.

Ternyata, masih banyak juga loh orang-orang yang masih belum tahu fungsinya.

Fungsi WhatsApp Web Di Setelan

Fungsi WhatsApp Web

WhatsApp Web adalah sebuah fitur WA yang memungkinkan kita bisa melakukan sinkronisasi antara HP dengan Komputer atau Laptop, melalui Browser. Sehingga kalau mau Chatting, nggak perlu lewat HP lagi.

Seperti yang saya bilang tadi, belum begitu banyak orang yang tahu fungsi dari WA Web ini.

Salah satu alasannya ialah karena memang fitur ini agak jarang dipakai. Apalagi sebagian besar orang lebih suka memakai WhatsApp langsung di HP.

Tapi untuk sebagian orang lainnya, WhatsApp Web adalah fitur yang bermanfaat, karena terkadang bisa membuat waktu jadi lebih efisien.

Saya sendiri juga sering memakai fitur ini.

Kelebihan Memakai WhatsApp Web

Hemat Waktu : Untuk yang pekerjaannya banyak didepan Komputer, misalnya mengetik, membuat dokumen dan lain sebagainya, WhatsApp Web bisa membuat waktu menjadi lebih efisien, karena tidak perlu repot-repot buka HP lagi.

Mengetik Lebih Cepat : Mengetik menggunakan Keyboard Komputer memang  relatif lebih mudah dan cepat. Beda dengan di HP yang kadang-kadang suka typo.

Penggunaan Ringan : WA Web adalah Aplikasi yang berdasarkan sebuah situs. Kita bisa membukanya lewat Browser, jadi bisa dikatakan sangat ringan dan hemat kuota. Tapi ada juga kok versi Aplikasinya.

Mengirim File Dari Komputer : Contoh sederhananya ketika mengetik. Anda bisa mengirimkan dokumen ke rekan kerja langsung melalui WhatsApp Web tanpa memakai Email. Tentu saja termasuk juga File-File lainnya seperti Foto, Video dan lain-lain.

Tidak Perlu HP : Dan manfaat paling dasar memakai WhatsApp Web tentu kita nggak perlu HP. Asalkan satu, kita sudah login WA Web sebelumnya.

Cara Menggunakan WhatsApp Web

Cara menggunakan WhatsApp Web sangatlah mudah. Yang pertama harus disiapkan tentu sebuah Laptop atau Komputer, dan HP dengan akun WhatsApp.

Kemudian pastikan Komputer sudah terinstall Aplikasi Browser. Bisa pakai apa saja yang Anda suka.

Untuk cara memakainya, silakan ikuti langkah-langkah berikut :

Langkah 1 : Pertama buka Browser di Komputer → Lalu kunjungi situs Web.WhatsApp.com

Cara Memakai WA WEB

Langkah 2 : Setelah itu buka Aplikasi WhatsApp di HP Anda → Ketuk menu kanan atas → Lalu pilih WhatsApp Web :

Setelan WA

Langkah 3 : Nanti disana akan muncul kamera untuk Scan Barcode. Arahkan kamera HP ke Barcode yang terdapat di situs WhatsApp Web (Komputer).

Scan Kode QR

Langkah 4 : Kalau sudah, maka Anda akan mendapati tampilan chat WhatsApp. Disini WhatsApp Web bisa langsung dipakai.

Tampilan Chat WA

Mudah kan? Hanya empat langkah. Kalau ada masalah, Anda bisa coba tips-tips berikut ini :

  • Pastikan Internet lancar. Kalau nggak biasanya prosesnya gagal
  • Bersihkan kamera kalau proses scanning Barcode gagal
  • Tutup WhatsApp di HP → Tutup WhatsApp Web → Lalu scan lagi Barcode kalau sebelumnya masih gagal
  • Tips lainnya bisa coba Restart HP / Laptop

Jangan lupa pakai WhatsApp versi terbaru. Ini lumayan berpengaruh. Karena setiap beberapa waktu WhatsApp selalu merilis pembaruan.

PS : WA Web bisa juga diakses lewat Aplikasi. Coba kunjungi Halaman Ini. Pilih untuk Windows / Mac.

Menggunakan WA Web Tanpa Barcode?

Gimana kalau mau memakai WA Web tanpa barcode? Proses scanning Barcode bisa dibilang merupakan salah satu syarat untuk mengakses WA Web.

Disini nggak sedikit orang yang penasaran, bisa nggak sih kalau proses scan Barcode tersebut dilewati?

Nah, untuk hal ini sebenarnya ada trik tersendiri. Namun kalau saya jelaskan disini bisa panjang. Anda bisa coba baca langsung Cara Memakai WhatsApp Web Tanpa Barcode (Work).

Akhir Kata

Demikian bahasan tentang fungsi WhatsApp Web. Buat yang sebelumnya nggak kepikiran untuk memakai fitur ini, lebih baik coba saja. Sangat membantu kok.

Oh ya, secara tampilan dan fungsi chat sebagian besar sama. Baik itu chat grup maupun chat orang juga sama. Untuk fitur seperti kirim file, rekam mic, melihat info kontak juga ada.

Bedanya disini kita nggak bisa lihat status dan mengirim pesan ke kontak yang baru (Harus manual dulu lewat HP). Tapi mungkin bisa kalau kedepannya ada pembaruan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like