√ (+Penyebab) 7 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Kirim Foto

Saat chatting menggunakan aplikasi WhatsApp, kita tak melulu bicara soal teks polos semata. Terkadang, kita juga perlu mengirim media seperti foto di saat-saat tertentu.

Misalnya, ketika harus memberikan suatu informasi yang tidak bisa dituliskan lewat kata-kata.

Cara mengirim gambar atau foto di WhatsApp sendiri bisa dikatakan sangat mudah. Kita hanya perlu menekan logo kamera pada jendela chat WhatsApp, kemudian pilih file mana yang diinginkan.

Normalnya sih memang seperti itu. Tapi, pernahkah Anda mengalami masalah dimana WhatsApp tidak bisa kirim foto?

Ada beberapa pengguna yang sempat menanyakan hal ini. Bahkan, selain tidak bisa mengirim, WhatsApp mereka juga ternyata tidak bisa menerima kiriman foto atau gambar dari orang lain.

Apa yang menyebabkan masalah ini sebenarnya tidak begitu banyak, di antaranya:

  • Internet Anda Lambat: Saat kita mengirim foto di WhatsApp, internet akan berubah mode dari download menjadi upload. Yang perlu diketahui, rata-rata kecepatan upload ini lebih lambat ketimbang download.
  • Internet Tidak Stabil: Walaupun kecepatan internet kita cepat, proses upload foto bisa saja gagal, kalau koneksi yang dipakai tidak stabil. Misalnya tiba-tiba disconnect sendiri di tengah perjalanan.
  • Tanggal Belum Diatur dengan Benar: Setting waktu HP, harus diatur dengan benar, agar tidak muncul suatu masalah (error). Seperti masalah tanggal WA yang tidak akurat atau masalah saat proses kirim foto seperti yang dibahas kali ini.
  • Akses Penyimpanan Belum Diizinkan: Akses izin WhatsApp ini harus diatur juga, agar bisa berjalan dengan baik. Khusus foto, WhatsApp perlu mendapat izin mengakses penyimpanan.

Umumnya dan yang paling utama, penyebab dari masalah ini hanya itu saja, sih. Nanti akan saya bahas lagi sisanya di bawah, sekaligus bagaimana cara untuk mengatasinya.

Silakan disimak.

PS: Bahasan ini khusus untuk mengatasi tidak bisa kirim foto WA. Untuk pesan pada umumnya, bisa baca Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Kirim Pesan.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Kirim Foto

1. Cek Koneksi Internet Anda

Mengecek Internet
Cek Internet di Fast.com

Seperti yang saya bilang tadi, kecepatan upload pada koneksi internet, biasanya jauh lebih lambat ketimbang kecepatan download. Bahkan, perbedaannya bisa sampai 60%, lho.

Apa yang terjadi jika internet Anda lambat?

Hal yang mungkin terjadi adalah kecepatan download masih bisa berjalan, tapi kecepatan upload bisa-bisa malah tidak berfungsi, karena jauh lebih lambat kecepatannya.

Dengan begitu, proses unggah foto ke WhatsApp akan terganggu.

Tidak ada patokan pasti berapa kecepatan minimal upload agar gambar bisa diunggah ke WhatsApp. Tapi kalau bisa, saya sarankan minimal 0.75 mbps.

Caranya ceknya gimana? Anda bisa coba kunjungi situs pengecek kecepatan internet seperti Fast.com atau Speedtest.net.

2. Jangan Langsung Kirim Banyak Foto

Kirim Foto Satu Satu

Jika Anda mengirim banyak foto di chat WhatsApp sekaligus, maka secara otomatis akan membuat proses upload berjalan terus-menerus (masih berhubungan dengan masalah koneksi internet).

Dengan begitu, secara tidak langsung proses upload akan semakin berat, sehingga terasa tidak beres-beres.

Nah, untuk itu direkomendasikan kirim satu per satu saja fotonya.

Kenapa? Tujuannya agar koneksi tidak terlalu terbebani, apalagi kalau dalam kondisi lambat koneksinya.

Coba kirim gambarnya satu dulu. Jika sudah berhasil, silakan kirim gambar yang lain lagi. Hal ini lebih efektif daripada kirim banyak foto sekaligus, tapi malah gagal akhirnya.

3. Periksa Izin Akses Penyimpanan

WhatsApp Tidak Bisa Kirim Gambar

Untuk mengirim foto, kita harus mengunggahnya terlebih dahulu ke WhatsApp. Nah, darimana sumber foto tersebut berasal? Tentu saja dari penyimpanan HP kita.

Perlu Anda ketahui, untuk sebagian besar HP dengan sistem operasi Android terbaru, WhatsApp membutuhkan izin khusus supaya bisa mengakses penyimpanan.

Jika tidak, maka proses pengiriman foto akan gagal, atau kita tidak bisa memilih foto sama sekali (terlihat kosong atau blank).

Anda bisa mengecek izinnya melalui Setelan > Aplikasi > WhatsApp > Izin > Centang pada opsi Penyimpanan.

Kalau sudah, coba kirim lagi foto yang diinginkan.

Oh ya, secara default pada sebagian HP, izin akses ini biasanya hanya untuk memori internal saja. Jadi, kalau Anda menyimpan foto di kartu memori, silakan pindahkan terlebih dahulu, ya.

4. Setting Visibilitas Media

Visibilitas Media WhatsApp

Pada tahun 2018 lalu, WhatsApp meluncurkan sebuah update baru bernama visibilitas media.

Jika kita menonaktifkannya, maka semua konten yang ada di galeri akan hilang atau tidak terlihat. Hal ini tentunya akan berpengaruh saat kita ingin mengirimkan foto.

Silakan aktifkan fitur ini terlebih dahulu. Caranya:

Buka WhatsApp > Buka menu > Tekan Setelan > Masuk ke pengaturan Chat > Aktifkan Visibilitas Media.

Cara ini saya dapatkan di Quora, ketika ada pengguna yang menanyakan kenapa foto tidak muncul di galeri saat kita ingin mengirimnya melalui WhatsApp.

5. Setting Tanggal dan Waktu HP

Cek Tanggal Waktu HP

Pengaturan waktu ini harusnya sudah otomatis, saat Anda memasukkan kartu SIM kedalam HP. Tapi bisa saja, entah karena bug atau apa, setelannya berubah jadi tidak akurat.

Ketidak-akuratan yang dimaksud di sini misalnya, sekarang tanggal 18, tapi di HP malah menunjukkan tanggal 15. Atau bisa juga berbeda bulan, bahkan tahun.

Ini bisa berdampak kepada WhatsApp yang menjadi tidak berfungsi dengan baik, termasuk menjadi sumber masalah saat ingin mengirim gambar.

Untuk cara mengatur ulang pengaturannya, caranya:

Cek di Setelan > Tanggal dan Waktu > Centang setting Zona Waktu Otomatis.

6. Clear Cache WhatsApp

Hapus Cache WhatsApp

Karena masalah ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, bukan tidak mungkin terjadi karena hal lain yang belum saya sebutkan tadi.

Misalnya, WhatsApp mungkin mengalami error pada cache-nya.

Karena itu, dengan menghapus cache ini, diharapkan bisa mengatasi masalah tersebut.

Cara menghapus cache tidak sulit, kok.

Buka Setelan > Aplikasi > WhatsApp > Hapus Cache.

Atau kalau tidak ada:

Cek pada Aplikasi > WhatsApp > Penyimpanan > Hapus Cache.

7. Reinstall WhatsApp

Reinstall WhatsApp

Sama seperti cara mengatasi WhatsApp error lain yang pernah dibahas di situs ini, opsi reinstall juga harus dicoba jika Anda telah menerapkan semua solusi sebelumnya, namun masih belum berhasil.

Melakukan reinstall WhatsApp, berarti sama dengan mengganti data-data WhatsApp menjadi baru dan segar kembali. Bahkan jika tersedia, WhatsApp akan menjadi lebih update fiturnya.

Anda bisa menghapus WA seperti biasa, kemudian meng-install-nya lagi melalui Playstore.

Jika WhatsApp Gangguan (Tambahan)

WhatsApp tidak bisa mengirim foto juga bisa disebabkan karena sedang gangguan (down). Hal ini bisa terjadi, lho, walaupun memang nggak begitu sering terjadi.

Saat gangguan seperti ini, biasanya ada fitur-fitur WA yang menjadi tidak aktif. Misalnya tidak bisa kirim pesan, menerima gambar, tidak bisa mengirimkan foto, dan lain-lain.

Coba baca Cara Mengetahui WA Down untuk mengeceknya.

Penutup

Dengan 7 solusi di sini, saya harap masalah WhatsApp Anda yang tidak bisa kirim foto bisa diatasi.

Pada dasarnya, masalah ini memang sangat merepotkan. Namun jika Anda sudah mengetahui penyebab pastinya, mengatasinya tidak akan begitu sulit.

Jika Anda punya hal atau masalah lain yang sedang dialami, silakan tanyakan lewat kolom komentar di bawah ini, ya.

Semoga membantu.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like