√ 7 Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri (UPDATE 2020)

Touchscreen HP bergerak sendiri

Ghost Touch alias layar HP bergerak sendiri, merupakan masalah yang terjadi pada layar LCD HP Android, di mana touchscreen mengalami eror, seperti sering mengklik sesuatu sendiri misalnya.

Masalah ini memang cukup bikin repot. Contoh ketika sedang digunakan untuk chatting-an. Pasti sering terjadi misstyped (typo) yang bikin kalimat jadi acak-acakan.

Ada juga eror lainnya, seperti menggeser sendiri. Entah itu ke samping, ke atas, maupun ke bawah.

Selain itu, salah satu kondisi terparahnya, touchscreen HP jadi tidak bisa dipencet.

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar HP Android Bergerak Sendiri

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya masalah layar HP Android yang bergerak sendiri (ghost touch) ini. Mulai dari masalah pemakaian, sampai defect pada hardware.

Terlepas dari apa penyebabnya, masalah ini pun sejatinya bisa terjadi di semua merk HP Android. Tak peduli itu merk ternama, keluaran baru atau keluaran lama, semua beresiko mengalaminya.

Oleh karena itu, buat Anda yang sedang mengalami masalah ini, setidaknya jangan terlalu khawatir. Sebab, masalah ini masih terbilang wajar dan bisa terjadi di HP apa saja.

Selain itu, di sini juga saya akan membahas mengenai solusi daripada masalah ini. Semoga saja apa yang saya bagikan ini bisa membantu Anda dalam memperbaiki HP Anda dari kondisi yang sedang dialami.

Untuk mempersingkat waktu, yuk, langsung saja kita bahas selengkapnya. Berikut ini beberapa solusinya:

1. Ganti Baterai

Ganti Baterai

Faktor kelistrikan pada HP biasanya menjadi penyebab utama masalah ini.

Komponen yang mungkin memicunya di antaranya adalah baterai. Jika baterai HP Android sudah aus atau rusak, maka dampaknya bisa mengakibatkan touchscreen HP mengalami eror.

Hal ini disebabkan karena tegangan baterai yang sudah tidak stabil, dan diperparah lagi dengan kapasitas baterainya yang sudah tidak normal.

Selain menyebabkan layar HP bergerak sendiri, masalah baterai ini juga bisa menyebabkan masalah lain, lho. Misalnya seperti HP suka restart sendiri, hingga HP mati total.

Solusinya:

Mau nggak mau ya harus diganti baterainya. Silakan ganti baterai Anda dengan baterai baru yang original, supaya kapasitasnya real dan tegangannya stabil.

2. Ganti Charger dan Kabelnya

Cek Charger HP

Barusan saya katakan bahwa tegangan baterai HP yang tidak stabil bisa jadi penyebab touchscreen yang eror. Selain baterai, ternyata masalah tegangan ini juga bisa terjadi pada charger HP, lho.

Menggunakan charger yang buruk, selain bisa mengakibatkan baterai HP jadi bermasalah, juga bisa berdampak negatif pada IC HP.

Oleh karena itu, saya selalu merekomendasikan supaya Anda tidak menggunakan sembarang charger HP.

Ini tidak hanya berlaku pada charger-nya saja, ya. Melainkan meliputi kabel datanya juga tentunya.

Solusinya:

  • Selalu gunakan charger asli (ori), supaya HP tetap awet. Tapi kalau misalnya charger bawaan rusak, bisa gunakan charger HP lain, asalkan cocok dan ori. Kalau mau beli, pastikan beli yang ori lagi.
  • Selalu gunakan juga kabel data yang ori, atau setidaknya menggunakan kabel data yang sudah sering dipakai di HP lain dan tidak ada masalah.

3. Dinginkan HP Anda

Dinginkan Android

Temperatur HP yang terlalu panas memang bisa mendatangkan berbagai masalah pada HP.

Paling umum, kondisi ini biasanya akan menyebabkan performa hardware menurun, atau bisa juga menyebabkan HP melakukan restart/mati sendiri.

Selain itu, faktor suhu juga bisa mengakibatkan layar HP bergerak sendiri.

Dari beberapa sumber yang saya dapat, HP yang panas ini bisa berpengaruh pada layar. Entah tepatnya di bagian mana, namun panas berlebih pada HP bisa mengurangi respon pada layar, dan bikin layar jadi ngaco.

Solusinya, kalau dibahas di sini mungkin bakal panjang. Untuk itu, lebih baik Anda membacanya langsung di artikel Leskompi sebelumnya, yaitu:

9 Cara Mengatasi HP Mudah Panas.

4. Perbaiki Bug ROM/Software

Memperbaiki Bug Software

Untuk user Android yang hobi oprak-oprek HP, pastinya perlu memperhatikan hal ini. Sebab, bug pada ROM bisa menyebabkan layar HP bergerak sendiri juga.

Kondisi ini bahkan pernah saya alami sendiri dulu, ketika coba-coba menginstal salah satu custom ROM di HP saya. Setelahnya, touchscreen HP malah suka bergerak sendiri saat sedang digunakan.

Selain bug ROM, bug software juga bisa jadi penyebabnya.

Bug pada software di Android, biasanya disebabkan karena Anda pernah menginstal suatu aplikasi yang ternyata bentrok dengan sistem HP yang Anda gunakan.

Hal ini biasanya terjadi karena HP dalam kondisi root, yang mana membuat HP jadi tidak stabil.

Solusinya:

  • Reset HP: Kalau HP awalnya normal, tapi makin ke sana ternyata touchscreen-nya semakin eror, maka biasanya reset HP ini bisa lumayan efektif untuk mengatasinya.
  • Re-Flash HP: Kalau setelah di-reset nggak efektif, coba re-flash HP. Ganti ROM-nya ke versi lain yang lebih stabil. Syukur-syukur kalau sekalian mendapat update.
  • Unroot HP: Kalau eror pada layar ini diakibatkan karena root, coba unroot HP Anda. Tutorialnya bisa Anda temukan di Google, banyak kok.

Baca juga: Cara Memperbaiki Layar HP yang Blank Jadi Normal Lagi.

5.Apakah HP Anda Terdapat Bug Multitouch?

Bug multitouch

Ada tipe HP dari merk tertentu -tidak bisa saya sebutkan namanya- memiliki masalah bug semacam ini.

Buat Anda yang belum tahu, bug multitouch adalah eror bawaan pada layar HP Android, di mana layar sering melompat, atau sering bergerak sendiri, saat layar disentuh.

Terutama ketika HP disentuh dengan menggunakan lebih dari 2 jari secara bersamaan.

Saya sempat mengalami bug ini dulu. Jujur saja, memang cukup mengganggu. Sebab, rata-rata aplikasi Android sekarang butuh fitur multitouch.

Solusinya:

  • Cek di forum-forum HP yang Anda gunakan. Apakah banyak yang juga mengalami hal serupa dengan kondisi yang Anda alami?
  • Kalau iya, maka Anda bisa meminimalisirnya. Setidaknya untuk keperluan mengetik. Gunakanlah keyboard QWERTY, karena keyboard ini punya font huruf yang besar, sehingga bisa mengurangi bug multitouch.

6. Cek Pelindung Layar

tempered glass

Hampir setiap orang, ketika membeli HP akan langsung menggunakan pelindung layar, semacam anti gores, tempered grass, dan sejenisnya.

Walau jarang terjadi, penggunaan pelindung layar seperti ini juga bisa menyebabkan touchscreen HP jadi bergerak sendiri, lho.

Biasanya disebabkan karena adanya kotoran, atau pelindung layarnya kurang pas saat menempel. Mungkin sebelumnya tidak dibersihkan dulu layarnya misalnya.

Solusinya:

Lepas pelindung layar lama, atau menggunakan pelindung layar yang baru.

7. Servis HP Anda

Hardware rusak

Nah, terakhir, kalau masih eror juga, mungkin touchscreen-nya yang rusak.

Beda dengan bug multitouch tadi, touchscreen yang rusak ini bisa disebabkan karena HP panas, atau penggunaan charger HP yang jelek dalam jangka waktu yang panjang.

Selain itu, hal ini juga bisa disebabkan karena hardware HP tersebut sudah defect dari sananya.

Solusinya:

Mau nggak mau harus ganti touchscreen. Garansikan HP Anda ke Service Center resmi terdekat di kota Anda.

Akhir Kata

Sekian, beberapa tips tentang cara mengatasi layar HP (touchscreen) yang bergerak sendiri.

Kesimpulannya, menurut saya pribadi, untuk memperbaiki masalah ini sejatinya tidak terlalu sulit, asal bukan karena masalah komponennya.

Nah, buat Anda yang mengalami hal serupa, tapi mungkin punya kondisi yang agak berbeda, mungkin bisa jelaskan detailnya di kolom komentar di bawah. Barangkali saya bisa bantu.

Semoga bermanfaat.

0 Shares:
2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like