Cara Perbaiki Layar Sentuh Tidak Berfungsi Sebagian

Touchscreen HP Tidak Berfungsi

Apa jadinya kalau layar sentuh HP rusak?

Ambil contoh sederhana, seperti layar HP berubah warna (kuning, pudar), hingga muncul garis pada layar.

Kemudian, ada lagi satu masalah yang cukup sering terjadi, yakni touchscreen HP tidak berfungsi sebagian saat disentuh. Misalnya bagian kanan normal, tapi yang kiri tidak.

Tidak sedikit pengguna Android yang mengalami masalah ini, lho.

Sewaktu saya bergabung ke beberapa forum teknologi, ternyata pertanyaan seputar masalah ini kerap kali ditanyakan.

Penyebab Touchscreen HP Tidak Berfungsi Sebagian

Penyebabnya sendiri ada beberapa. Berikut ini adalah yang paling sering terjadi:

Terjatuh: Benturan saat HP terjatuh, bisa membuat layar sentuh menjadi tidak berfungsi secara tiba-tiba. Apalagi jika terkena layarnya langsung.

Terkena Air: Biasanya air masuk ke bagian tertentu pada layar, sehingga mengakibatkna touchscreen tidak bisa bekerja sebagian.

Umur HP: Jangan heran kalau HP lama tiba-tiba mengalami keluhan layar yang tidak berfungsi. Ini sering terjadi.

Tertekan Benda Berat: Jika HP tertekan benda berat, maka sangat mungkin merusak touchscreen-nya. Terutama kalau terkena bagian ujung layar.

Sebenarnya bisa juga dikarenakan faktor sistem. Misalnya karena RAM yang penuh, maka dampaknya kadang bisa membuat touchscreen tidak merespon.

Selain itu, dari pemakaian charger yang salah juga bisa memicu munculnya masalah ini.

Cara Mengecek Touchscreen yang Error

Sebelumnya, harus kita ketahui dulu bagian touchscreen mana yang error. Tujuannya agar memperbaikinya lebih mudah nanti.

Kalau saya sendiri sih biasa pakai aplikasi, dengan alasan supaya nggak ribet mengeceknya.

Silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, silakan buka Playstore, cari aplikasi Touchscreen Test, kemudian download.
  2. Buka aplikasinya, kemudian klik Start Test.
  3. Silakan tes LCD HP Anda. Kalau bisa, cek mulai dari daerah sisi layar dulu.

Aplikasi tersebut bisa dipakai untuk semua tipe HP. Samsung, Sony, Xiaomi, OPPO, Lenovo, Vivo, ASUS dan lain-lain.

Tapi kalau mau, Anda juga bisa pakai metode lain. Lengkapnya langsung saja baca artikel:

Baca Juga: Cara Mengatasi Layar HP yang Bergaris

Cara Mengatasi Touchscreen HP Tidak Berfungsi Sebagian

Berikut ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian.

Dengan menyimpulkan penyebab tadi, rata-rata memang dikarenakan komponen, dan kemungkinan besar HP harus ganti LCD.

Tapi sudah tahu kan, kalau ganti LCD, tentunya bakal memakan biaya yang lumayan?

Maka dari itu, silakan ikuti tips-tips berikut ini dulu:

Bisa untuk Xiaomi, Oppo, Vivo, ASUS, Lenovo, Huawei dan lain-lain

1. Bersihkan Dulu Layar HP

Bersihkan Layar

Kita bisa pakai cara basic dulu.

Silakan bersihkan layar HP Anda, bisa menggunakan tisu atau lap, hingga benar-benar bersih.

Bukan tanpa alasan, layar HP yang kotor ini berpengaruh sekali, lho.

Misalnya terkena minyak, atau kadang ada kotoran tidak terlihat yang menempel. Dampaknya, jari kita nggak sepenuhnya langsung menyentuh ke bagian layar HP tersebut.

  • Untuk dasar bisa coba pakai tisu lalu lap perlahan.
  • Bisa tambahkan sedikit air ke tisu, lalu lap pelan-pelan. Jangan terlalu basah, dan pastikan hanya mengenai touchscreen saja.
  • Kalau pakai screen protector (seperti tempered glass) coba dilepas saja.

Pastikan layar HP sudah benar-benar bersih, sebelum Anda mengetes kembali touchscreen-nya.

2. Tekan Layar HP

Solusi Touchscreen Tidak Berfungsi

Kalau saya suka pakai cara ini. Alasannya, barangkali ada bagian layar yang longgar. Dengan begitu, bagian tersebut bisa dikencangkan kembali.

Caranya mudah. Anda bisa coba menekan layar dengan hati-hati. Misalnya jepit pakai jari telunjuk dan jempol bagian layar yang nggak berfungsi, di antara layar dengan casing.

Atau cukup tekan layarnya menggunakan jari dengan cukup keras, namun tetap hati-hati.

Baca Juga: Cara Mengecek Touchscreen Android Masih Normal Atau Tidak

3. Cek dan Bersihkan Pemakaian RAM Android

Bersihkan RAM

Sempat saya bilang kalau masalah sistem juga bisa berpengaruh ke penggunaan touchscreen. Salah satunya karena RAM yang penuh.

Kenapa? Karena kalau RAM penuh, respon sistem akan berkurang, sehingga bisa memunculkan suatu bug tertentu.

Di antara dampak yang pernah saya alami ialah bagian touchscreen tertentu tiba-tiba tidak berfungsi.

Coba cek dulu pemakaian memori Anda. Caranya:

  1. Buka Setelan Android.
  2. Kemudian buka menu Memori.
  3. Setelah itu, cek pemakaian RAM di sana.

Kalau sudah, Anda bisa langsung membersihkannya.

Bisa coba pakai aplikasi cleaner, atau melakukan force stop aplikasi yang tidak diperlukan melalui setelan HP.

4. Ganti Charger Anda

Ganti Pemakaian Charger HP

Apakah masalah layar sentuh yang tidak berfungsi sebagian terjadi saat HP sedang di cas? Kalau iya, bisa jadi charger-nya yang bermasalah.

Charger memang bisa berpengaruh menghilangkan respon tertentu dari HP.

Penyebabnya dikarenakan tegangan yang kurang sesuai, akibat penggunaan charger yang tidak tepat (biasanya karena terlalu tinggi).

Untuk cara mengatasinya, direkomendasikan untuk ganti charger HP-nya. Pakai yang original, jangan dibiarkan terus karena masalah touchscreen yang muncul di sini hanya gejala jangka pendeknya saja.

Jangka panjangnya? Baterai HP bisa rusak, HP bisa suka mati sendiri, hingga HP tidak bisa nyala lagi (mati total).

5. Matikan HP Anda Sementara

Matikan HP Sementara

Mematikan HP di sini bertujuan untuk me-reset, serta ditujukan untuk HP yang sering mengalami panas berlebih.

Nah, panas ini sangat berhubungan dengan layar sentuh. Beberapa layar HP Android, ada yang sensitif terhadap suhu HP.

Kalau suhunya terlalu panas, kadang sebagian permukaan layar tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

6. Ubah Resolusi Layar

Ubah Resolusi Layar HP Android

Resolusi layar Android saat ini relatif beragam. Namun, paling sedikit biasanya sudah mengusung layar HD atau Full HD.

Resolusi ini biasanya sudah disesuaikan dengan ukuran layar.

Nah, di sini ada sedikit trik untuk mengakalinya, yakni dengan mengubah resolusi layar yang dipakai menjadi lebih kecil.

Dengan begitu, bagian touchscreen yang tidak berfungsi bisa dihindari. Caranya begini:

  1. Buka Setelan HP.
  2. Masuk ke menu Tentang Ponsel. Lalu ketuk Nomor Bentukan beberapa kali.
  3. Setelah itu, ketuk tombol kembali. Kemudian masuk ke Opsi Pengembang.
  4. Geser ke bawah, cari opsi Smallest Width (Lebar Terkecil).
  5. Ubah nilainya menjadi lebih rendah dari sebelumnya. Misalnya 480-640 atau sebagainya. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Tampilan layar HP nantinya akan sedikit berubah. Tapi kalau HP sekedar dipakai untuk keperluan umum seperti biasa, bisa dibilang masih oke sih.

7. Gunakan Mouse

Mouse Pengganti Touchscreen

Mouse juga bisa dipakai di Android, lho. Fungsinya, yakni untuk mengoperasikan sistem seperti layaknya menggunakan laptop.

Ketika HP menggunakan mouse, maka nanti akan muncul sebuah cursor. Cursor ini bisa kita pakai untuk menyentuh bagian-bagian layar yang tidak bisa disentuh.

Biar ada gambaran, coba cek video berikut:

Cara ini terbukti manjur, lho. Terutama buat yang belum punya biaya untuk ganti komponen touchscreen-nya. Saya sendiri sudah pernah mencobanya, kok.

Bahan yang dibutuhkan hanyalah mouse dan sebuah kabel OTG. Keduanya bisa dibeli di toko komputer dengan harga yang terjangkau.

Lumayan deh daripada HP nggak bisa dipakai sama sekali.

8 Ganti Touchscreen

Ganti Touchscreen Layar Rusak

Kalau belum bisa, barulah direkomendasikan untuk ganti touchscreen-nya.

Salah satu alasannya, karena mungkin layar HP Anda terdapat bagian yang sudah rusak secara fisik. Misalnya pernah terjatuh, tertekan benda berat, atau terkena air.

Kalau sudah terkena komponen seperti ini, mau nggak mau harus diganti.

Berapa harga touchscreen?

Sebenarnya kalau beli komponen di marketplace (Tokopedia, Bukalapak, dan lain-lain) bisa dibilang cukup murah. Sekitar 300 ribu sampai 500 ribu, tergantung tipenya.

Tapi, dengan catatan ini mesti pasang sendiri. Kalau nggak bisa sih lebih baik bawa saja ke tempat servis atau service center resmi.

Akhir Kata

Artikel ini saya buat untuk menjawab pertanyaan lain seputar layar HP (sebelumnya tentang Layar Android Blank).

Layar sentuh tidak berfungsi sebagian ini, memang akan sangat mengganggu penggunaan. Apalagi kalau yang kena adalah bagian layar yang sering kita sentuh, misalnya bagian tengah.

Bisa disimpulkan bahwa ada banyak sekali cara mengatasinya.

Nah, semoga Anda bisa mendapatkan gambaran apa saja yang harus dilakukan untuk memperbaiki masalah ini.

Semoga bermanfaat.

5 comments
  1. layar hp saya suka lari2 (nyentuh sendiri), saya ingin menggunakan mouse saja sebagi gantinya tp ttep saja nyentuh sendiri dan kadang membuat kesal, membuat typo dll. saya ingin menonaktifkan fungsi touchscreenya sehingga hp hanya bisa di kendalikan dengan mouse dan keyboard saja. solusinya dong gan gimana cara matiin biar gak nyentuh2 sendiri lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like