√ Cara Membuat Link Invite Whatsapp (Cepat Hanya 1 Menit)

Cara buat link invite grup Whatsapp – Apa sih hal yang paling penting dari sebuah aplikasi chatting?

Kalau menurut saya, di antaranya adalah memiliki keamanan yang baik (terutama dalam menyangkut hal privasi), responsif dan mudah digunakan, memiliki fitur chat grup, dan lain-lain.

Ada banyak aplikasi chatting yang tersedia di Playstore. Hampir semuanya memiliki fitur-fitur penting tersebut. Apalagi jika aplikasi tersebut sudah terkenal, seperti WhatsApp salah satunya.

Nah, sebenarnya saya di sini bukan ingin membahas detail fitur-fitur pada whatsapp secara keseluruhan, melainkan hanya ingin membahas salah satu fiturnya saja, yakni chat grup.

Pernahkah Anda melihat seseorang yang mengundang anggota grup tertentu melalui sebuah link?

Iya, itu adalah salah satu fitur yang dimiliki aplikasi WhatsApp. Fitur ini memungkinkan pengguna WhatsApp untuk mengundang teman masuk ke grup tertentu via invite link.

Inilah yang ingin saya bahas kali ini.

Membuat link undangan grup WhatsApp sebenarnya tidak sulit, lho. Cukup dibuat dengan melalui sedikit langkah saja, juga tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan apapun, maka link tersebut sudah bisa dibuat.

Saya sendiri, terkadang melihat kumpulan invite link ke grup WhatsApp ini di komunitas besar Facebook yang telah dibuat oleh adminnya, dengan tujuan untuk menambah anggota pada grup chat tersebut.

Tidak jarang, undangan-undangan tersebut juga biasanya dibuat menjadi daftar link grup whatsapp, yang mana kemudian dikelompokkan menjadi beberapa niche (tema).

Ada yang tema A, tema B, tema C, tergantung minat masing-masing.

Nah, di saat saya melihat daftar tersebut, saya pun bertanya-tanya “bagaimana sih cara membuat link undangan ke grup WA?”.

Sebab saya melihatnya kok sangat simpel, ya. Cukup dengan mengklik tautan tersebut, otomatis orang yang mengklik akan menjadi anggota grupnya.

Terlebih lagi, dengan link undangan ini, kita juga tidak butuh kontak orang tersebut untuk mengundangnya.

Bisa dibayangkan kalau kita ingin mengundang ratusan orang, tapi harus menambahkan kontak terlebih dahulu satu per satu. Entah repotnya seperti apa. Pasti bakal lama sekali prosesnya.

Baca juga: Login WA dengan nomor yang sudah tidak aktif, Apa bisa?

Setelah saya coba mempelajari bagaimana caranya, seperti yang saya bilang sebelumnya, untuk membuat invite link grup WhatsApp ternyata tidak sulit, bahkan sangat mudah.

Anda bisa membuatnya hanya dengan waktu kurang dari 2 menit, atau bahkan lebih cepat lagi.

Nah, buat Anda yang penasaran, berikut cara membuat link undangan grup WhatsApp.

Cara Membuat Invite Link Grup WhatsApp

Yang pertama, pastikan versi aplikasi WhatsApp yang digunakan ada pada versi terbaru, ya.

Alasan utamanya, karena WhatsApp versi terbaru memiliki tampilan yang lumayan berbeda dari versi lamanya. Sehingga dikhawatirkan ada perbedaan langkah nantinya, disebabkan perbedaan tampilan tersebut.

Kedua, tentunya Anda juga harus memiliki sebuah grup terlebih dahulu. Silakan buat dulu sebuah grup chat, jika Anda belum memilikinya.

Bagaimana cara buatnya? Simpel sekali:

  • Buka WhatsApp Anda.
  • Klik tombol titik tiga di pojok kanan atas.
  • Klik Grup baru.
  • Kemudian, tambahkan anggota grup yang Anda inginkan.
  • Buat nama grup seseuai keinginan.
  • Tambahkan foto profil grup.
  • Maka, grup berhasil dibuat.

Baca juga: Cara memperpanjang status video Whatsapp menjadi lebih dari 30 detik.

Jika sudah, Anda bisa langsung coba untuk melihat link undangan grup WA:

1. Pertama, silakan buka WA Anda, kemudian buka grup yang ingin Anda temukan tautannya.

2. Kemudian klik setelan, lalu klik Info grup. Atau, Anda juga bisa klik pada sampul grup (bagian atas), yang mana fungsinya sama, yaitu untuk melihat informasi daftar peserta grup.

Group chat wa

3. Di sana terdapat opsi Undang via tautan. Silakan klik opsi tersebut untuk melihat link grup WA Anda.

Undang WA via link

4. Nah, setelah Anda mengklik opsi tersebut, maka Anda akan mendapati sebuah link. Itulah link undangan grup WA Anda. Silakan salin link tersebut menggunakan tombol salin yang tersedia.

cara lihat tautan wa

5. Beres deh langkah-langkahnya.

Sekarang, Anda hanya tinggal membagikan link tersebut, untuk mengundang orang-orang masuk ke grup Anda.

Saudara, teman, keluarga, siapa pun bisa. Bahkan Anda juga bisa mengundang orang-orang di media sosial seperti Facebook, sekali pun Anda tidak mengenalnya.

Cara mengundang anggota grup WA dengan link ini, banyak sekali digunakan oleh orang-orang yang ingin membuat grup WA beranggotakan puluhan hingga ratusan pengguna WhatsApp.

Ini dikarenakan caranya yang simpel, cukup klik, dan auto approve.

Contoh preview-nya jika dibagikan seperti ini:

Cara membagikan link WA

Nah, bagaimana jika Anda sudah terlanjur menyalin link ke media sosial, namun tiba-tiba berpikiran untuk membatasi jumlah anggota karena sudah terlalu banyak?

Anda bisa membatalkan tautan tersebut. Caranya, kembali ke halaman undang via tautan tadi, kemudian klik batalkan tautan.

Membatalkan

Otomatis, link yang Anda salin, tidak akan berlaku lagi.

Akhir Kata

Demikianlah cara membuat link grup chat WhatsApp. Tutorial ini saya buat langsung berdasarkan grup yang saya buat sendiri.

Kesimpulannya, untuk melihat link ini bisa dikatakan sangat mudah. Tidak butuh 1 menit, Anda sudah bisa langsung menyalin dan membagikan link tersebut ke media sosial.

Sekali lagi, jika Anda mengalami perbedaan di sebagian langkahnya, saya sarankan untuk meng-update WA Anda terlebih dahulu. Karena di gambar, saya memakai versi terbaru (saat artikel ini ditulis) sebagai contohnya.

Baca juga: Cara mengirim video berdurasi panjang di WA (Berhasil).

Ada yang masih bingung? Silakan tanyakan lewat kotak komentar di bawah. Nanti saya jawab.

Semoga bermanfaat!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like