Cara Mematikan HP Baterai Tanam yang Hang

Cara Mematikan HP Baterai Tanam yang Hang dan Stuck

Tahukah Anda? Beda dengan dulu, sekarang ini baterai tanam (Non-Removable Battery) lebih banyak ditemukan ketimbang yang bisa dilepas.

Ada beberapa alasannya.

Pertama, dengan baterai tanam, HP akan menjadi lebih tipis dikarenakan casing-nya bisa langsung dioptimasi oleh pabrik.

Kedua, baterai diklaim akan lebih awet karena jarang dilepas dan lain-lain.

Cukup menguntungkan juga, ya?

Namun, bagi sebagian pengguna, HP dengan baterai tanam ada kalanya bikin repot juga. Dalam hal apa misalnya? Di antaranya adalah ketika HP hang atau stuck.

Kalau baterai yang removable itu kan kita bisa langsung kita lepas saja baterainya. Lalu gimana kalau baterai tanam? Mesti bongkar casing kah?

Cara Mematikan HP Baterai Tanam, Dijamin Berhasil!

Jangan salah sangka dulu, ya. Sebenarnya, HP dengan baterai tanam bisa juga kita matikan secara paksa, kok. Bahkan nggak perlu tuh yang namanya bongkar casing segala.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya ingin menjelaskan bagaimana cara untuk mematikan HP dengan baterai tanam, khususnya jika sedang mengalami masalah hang atau semacamnya.

Tentu saja cara ini bisa diterapkan di semua merk dan tipe HP. Mulai dari ASUS, Xiaomi, OPPO, Vivo, Huawei, Lenovo, Samsung, dan lain-lain, yang sudah mendukung penggunaan baterai tanam.

Baca Juga: Cara Mengatasi Pesan Suhu Baterai yang Terlalu Tinggi atau Rendah

1. Restart dengan Menekan Tombol Power

Sekitar 80% HP yang menggunakan baterai tanam, sudah didesain sedemikian rupa oleh pabrikan, agar tetap bisa dimatikan secara paksa dengan hanya menggunakan tombol power saja.

Karena sejatinya, produsen tentunya juga sudah mempertimbangkan langkah pencegahan, jikalau nantinya HP tiba-tiba macet dan nggak bisa diapa-apakan.

Gimana nih caranya? Cukup ikuti langkah-langkah ini:

  • Saat HP macet, tekan tombol power selama 10 sampai 15 detik.
  • Setelah itu, maka HP akan otomatis mati.
  • Nyalakan kembali HP menggunakan tombol power.
  • Jika HP tidak mati dengan tombol power, gunakan kombinasi tombol power + volume atas.

Simpel bukan? Cara ini sudah saya tes di banyak HP yang menggunakan baterai tanam, dan dirasa efektif.

Namun ada sedikit catatan, untuk lama waktu penekanan tombolnya bisa berbeda-beda. Ada yang 10 detik, 15 detik, sampai yang 30 detik pun ada.

Oh ya, ada juga kombinasi-kombinasi tombol lain, lho:

  • Tombol Power + Volume Up (yang tadi).
  • Tombol Power + Volume Down.
  • Tombol Power + Volume Up + Volume Down.
  • Tombol Power + Home.

Silakan dicoba-coba saja, mana yang sekiranya efektif untuk HP Anda.

2. Tunggu Baterai Sampai Habis

Tunggu Baterai Habis

Cara paling simpel untuk mematikan HP yang baterainya tidak bisa dilepas, salah satunya adalah dengan menunggu sampai baterainya benar-benar habis.

Meskipun HP hang, lalu baterainya habis, maka otomatis HP tetap akan mati.

Nah, kalau setelah itu kita cas dan menyalakannya kembali, maka sistem HP akan menjadi dimuat ulang kembali.

Hasilnya, masalah freeze atau HP macet bisa teratasi.

Namun kembali lagi ke kebutuhan Anda, ya. Apakah bisa sabar menunggu atau tidak? Mengingat HP sekarang itu baterainya tahan lumayan lama (bisa sampai berjam-jam).

Kalau sabar sih, ya, nggak masalah.

3. Coba Cek Buku Panduan HP

Sudah bukan rahasia lagi bahwa orang-orang kita saat ini krisis membaca.

Termasuk dalam hal buku panduan ini. Nggak banyak orang zaman sekarang yang masih suka membaca buku panduan sewaktu pertama kali membeli HP. Agak terasa repot memang.

Padahal, di buku panduan ini terdapat banyak sekali informasi-informasi yang bisa membantu, terutama bagi yang masih awam soal Android. Di antaranya, kita juga bisa mengetahui hal apa yang harus dilakukan ketika HP lagi mengalami stuck.

Makanya, coba buka kembali dus HP Anda, lalu ambil buku panduannya. Cari informasi mengenai cara mematikan paksa HP untuk HP yang memakai baterai tanam. Biasanya ada.

Baca Juga: Cara Membuat Baterai HP Menjadi Awet Kembali

4. Mematikan HP dengan Cara Lepas Casing dan Copot Baterai

Kalau masih belum berhasil juga, langkah terakhir yang bisa dilakukan sepertinya memang hanya dengan cara lepas baterai. Pastinya cara ini agak merepotkan.

Casing di HP baterai tanam juga bisa kita lepas sendiri kok, walau memang nggak semudah HP tipe removable-battery.

Ada beberapa cara untuk melakukannya.

Pertama, bisa coba lepas pinggiran casing menggunakan benda tipis (seperti pick gitar), dan kedua bisa pakai alat khusus pembuka casing.

Kalau sudah dibuka, selanjutnya lebih mudah. Kita tinggal lepas saja konektor baterainya, otomatis HP akan langsung mati.

Supaya nggak bingung, cek video berikut dan langsung praktekkan, ya.

Baca juga: Trik Mengetahui Kesehatan Baterai Tanam Secara Akurat.

Akhir Kata

Begitulah pembahasan singkat tentang bagaimana cara mematikan HP yang menggunakan model baterai tanam.

Tentu saja semua cara di atas sudah saya coba sendiri, makanya saya bisa memastikan bahwa cara-cara ini akan berhasil dan efektif.

Hingga saat ini, hanya 4 cara tersebut yang baru saya ketahui. Mungkin kalau ada trik baru lagi, akan saya update lagi artikel ini. Terlebih lagi jika cara tersebut dirasa lebih mudah.

Kalau ada yang mau ditanya silahkan saja. Bisa lewat kolom komentar di bawah ini, ya.

Sekian dulu pembahasan kita kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda, khususnya yang sedang membutuhkan solusi ini.

2 comments
  1. Makasih banyak kak info cara mematikan daya hp yg eror nya bermanfaat bangett sumpah,awalnya kaget kenapa ngga bisa mati,coba searching dan Alhamdulillah bisa lagi🥰

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like