4+ Cara Cek Kesehatan Baterai Tanam HP Android Secara Akurat

Cara Cek Kesehatan Baterai Tanam HP Android – Umur baterai HP Android bisa dibilang acak, tergantung dari seperti apa pemakaiannya dalam keseharian pengguna.

Ada yang bertahun-tahun masih awet, ada juga yang dalam jangka waktu 1 – 2 bulan baterai sudah mulai rusak

Untuk mengecek baterai sehat atau tidak, cara lama seperti melihat fisiknya bisa dilakukan. Dimana baterai normal itu tidak akan terlihat kembung.

Tapi gimana untuk non-removable battery atau baterai tanam? Pasti masih banyak yang belum tahu ya, bagaimana cara mengeceknya.

Cara Mengetes Kesehatan Baterai Tanam HP Android

Karena kebanyakan kita tidak bisa membuka HP yang baterainya tertanam, maka pengecekan bisa dilakukan melalui aplikasi.

Nah, dan disini saya ingin membagikan caranya. Tujuannya untuk membantu teman-teman user Android dengan baterai tanam.

Juga yang barangkali ingin beli HP bekas.

Ciri-Ciri Baterai HP Tanam Yang Sudah Mulai Rusak

Sebelum lanjut, kita harus mengetahui dulu apa saja ciri-ciri dari baterai HP yang sudah mulai bermasalah atau rusak.

Dari pengalaman saya, diantaranya seperti berikut :

Bentuk Casing Belakang Agak Berubah : Baterai tanam lama-kelamaan juga bisa jadi kembung. Ini untuk beberapa jenis HP tertekan casingnya, dan membuatnya menjadi melengkung.

HP Terkadang Suka Mati Sendiri : Di situs ini ada beberapa komentar yang menanyakan hal terkait dengan ini. Biasanya disebabkan baterai.

Baterai Suka Berkurang Drastis : Ini yang paling umum ditemui. Berkurangnya ini agak tidak normal. Misalnya dalam 2 menit baterai sudah berkurang 20%. Kadang malah sampai 0%.

Ngecas Lama : Normalnya untuk HP standar, proses pengecasan itu hanya memakan 2 sampai 4 jam. Namun untuk baterai yang sudah rusak, biasanya butuh waktu jauh lebih lama.

Baterai HP Langsung Habis Saat Dilepas Dari Charger : Masih sehubungan dengan sebelumnya. Cirinya, disini baterai hanya bisa dipakai ketika HP dalam keadaan di cas. Kalau dilepas dari charger, maka HP akan langsung mati.

HP Berkedip : Disebabkan karena tegangan baterai yang tidak stabil. Selain layar berkedip, Touchscreen juga kadang bergerak sendiri.

HP Mati Total : Untuk baterai yang sudah benar-benar rusak, dayanya tidak akan bisa terisi dan akan membuat HP jadi tidak bisa dinyalakan. Apalagi untuk baterai tanam, maka HP akan terlihat persis seperti mati total.

Sedangkan untuk penyebab dari kerusakannya juga bermacam-macam, misalnya :
  • Suka main HP sambil di cas dalam keadaan panas.
  • Baterai mengalami korosi (Walau agak jarang).
  • Umur baterai sudah terlalu lama.
  • Penggunaan charger yang kurang pas.
  • Sering cas terlalu lama (Biasanya hanya terjadi pada HP-HP keluaran lama).

Sekarang lanjut ke metode pengecekannya :

1. Gunakan HP Dalam Keadaan Full Load

Tes Baterai Android

Kapasitas daya HP lama tidaknya saat berkurang itu tergantung penggunaan. Contoh mudahnya ketika bermain game berat.

Ketika game berat dibuka, komponen CPU + GPU (Grafis) + RAM (Memori) akan menjadi bertambah banyak resource-nya, dan membuat daya yang dihasilkan akan bertambah.

Nah, Anda bisa coba mengetesnya dengan entah bermain game berat atau membuka aplikasi apa saja, yang bisa membuat HP dalam keadaan full load.

Atau bisa juga coba buka banyak aplikasi sekaligus (Misalnya 8 aplikasi).

Setelah itu coba cek indikator baterainya. Jika menurut Anda berkurangnya masuk akal (Berkurang normal), berarti baterai tidak ada masalah.

Namun kalau baterai berkurang dengan cepat (Misalnya dari 20% ke 17% dalam waktu beberapa detik), berarti baterai HP bermasalah.

Penjelasan Baterai Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai – Jangan Lupa Dibaca

2. Menggunakan Kode Pengecek Baterai

pengecek baterai tanam

Kode pengecek baterai ini tersedia pada beragam merk Smartphone. ASUS, Xiaomi, Lenovo, Samsung, OPPO, Vivo dan lain-lain misalnya.

Apalagi untuk tipe Non-Removable Battery. Sebagian besar pasti sudah ada.

Untuk caranya, silakan buka Dial Pad > Ketik *#*#4636#*#* > Lalu tunggu beberapa saat, nanti akan muncul menu baru.

Setelah itu masuk ke menu Battery Information atau Battery Statistic. Nah, disana akan terdapat indikator baterai, yang kalau masih bagus, biasanya tertulis Good atau Baik.

Untuk contohnya, gambar diatas saya ambil dari HP Xiaomi Redmi 5A.

Kalau tidak ada, kita bisa pakai aplikasi.

3. Menggunakan Aplikasi AccuBattery

AccuBattery Android

AccuBattery adalah aplikasi yang secara garis besar fungsinya telah didesain untuk utilitas yang berhubungan dengan baterai.

Aplikasi ini cocok digunakan untuk berbagai jenis Smartphone. Baik itu tipe Removable Battery maupun HP tipe Baterai tanam.

Untuk caranya :

  1. Pertama silakan install terlebih dahulu Aplikasi AccuBattery di Playstore.
  2. Kemudian habiskan daya baterai sampai 0%. Jika sudah, sambung ke charger > Lalu nyalakan HP.
  3. Pastikan Aplikasi AccuBattery telah berjalan.
  4. Tunggu sampai prosesnya selesai 100%.
  5. Lepas charger, kemudian buka aplikasi AccuBattery. Disana nanti akan tersedia informasi Health baterai sekaligus estimasi daya tahannya.
Mengecek Baterai Dengan AccuBattery

Aplikasi ini sudah banyak direkomendasikan situs-situs teknologi terkenal luar negeri. Jumlah unduhannya juga sudah mencapai lebih dari 1 juta orang.

Jadi saya pikir patut dicoba.

4. Melepas Casing Belakang HP

Melepas Casing Cek Baterai Tanam

Kalau benar-benar ingin yakin apakah kondisi baterai masih oke atau tidak, cara lainnya ialah dengan melepas casing HP, kemudian mengecek kondisi fisik baterainya.

Baterai normal, bentuknya datar dan kondisi fisiknya (Informasi tertera + stiker) masih bagus. Sedangkan baterai yang sudah rusak sebaliknya.

Namun untuk melepas casing belakang HP tipe baterai tanam, bisa dibilang agak susah untuk pemula. Dan kalau HP masih garansi, maka garansinya bisa hilang.

Jadi silakan pertimbangkan kembali.

Bagaimana Kalau Baterainya Sudah Rusak?

Sebenarnya disini tergantung kerusakan dari baterainya.. Apakah HP sampai suka mati sendiri? Touchscreen jadi bermasalah? Atau mati total? Kalau iya, maka disarankan untuk diganti saja.

Beda dengan HP removable-battery, HP tipe baterai tanam, tentu baterainya akan susah diganti sendiri. Disarankan untuk langsung pergi ke Service Center merk HP Anda. Disana Anda bisa langsung membeli baterai sekaligus melakukan penggantian.

Namun lain cerita kalau errornya menurut Anda masih bisa diatasi. Tidak diganti juga tidak masalah.

Anda bisa coba solusi ringan dulu. Misalnya dengan melakukan kalibrasi, untuk memperbaiki indikator baterai.

Penutup…

Mengetahui kerusakan baterai yang bisa dilepas mungkin mudah saja. Namun untuk tipe baterai tanam yang rata-rata telah diterapkan HP-HP keluaran baru sekarang, agak sulit jika belum tahu caranya.

Dengan 4 cara diatas, saya harap bisa memberi Anda informasi yang dibutuhkan. Karena saya sendiri jujur saja suka memakai cara-cara tersebut.

Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like