Mengenal Buffering

Arti Buffering di Video

Saat streaming video, tentunya akan lancar kalau koneksi internet yang dipakai stabil. Tapi kalau tidak, maka hal ini dapat membuat loading video menjadi macet.

Nah, loading macet tersebut memiliki istilah tersendiri. Yaitu buffering.

Mungkin Anda pernah dengar istilahnya sebelumnya. Berikut ini akan saya jelaskan lebih lengkap mengenai apa itu buffering.

Apa Itu Buffering?

Contoh Loading Buffering

Buffering adalah suatu kondisi ketika internet sedang men-download konten di internet melalui aplikasi atau browser.

Contohnya seperti video. Saat Anda sedang streaming kemudian video tersebut loading, sebenarnya video tersebut sedang di-download.

Buffering bisa muncul di semua durasi video. Entah awal, pertengahan, maupun akhir video.

Contoh Platform Dengan Buffering

Buffering bisa ditemui di hampir semua platform yang menyediakan konten berjenis video atau flash. Nah, di internet ada beberapa yang banyak diketahui. Di antaranya:

1. YouTube

Pertama ada salah satu platform streaming video paling populer dengan jumlah pengguna terbanyak, yaitu Youtube.

Di Youtube, buffering bisa terjadi saat Anda sedang streaming kemudian internet kurang memadai. Bahkan, bisa dibilang istilah buffering sendiri populernya dari Youtube.

2. Dailymotion

Selanjutnya ada DailyMotion. Sama seperti Youtube, DailyMotion juga merupakan platform yang menyediakan konten streaming video.

Di DailyMotion, saat Anda membuka suatu konten tapi koneksi internet kurang memadai, maka akan muncul loading buffering.

3. Sosial Media

Seperti yang kita ketahui kalau sosial media juga umum dengan fitur sharing videonya. Entah itu di Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain.

Nah, di sosial media ini buffering juga bisa terjadi. Hanya saja dengan tampilan desain icon buffering yang berbeda-beda.

Baca Juga: Mengenal Bitrate Pada Video

Penyebab Buffering Pada Video

Buffering tentu bisa mengganggu kenyamanan saat kita sedang streaming sebuah video. Buffering terjadi karena beberapa sebab. Berikut saya bahas juga lebih lengkap:

1. Koneksi Internet Tidak Memadai

Koneksi internet tidak memadai, adalah salah satu penyebab yang paling sering memunculkan masalah buffering.

Buffering muncul disebabkan koneksi internet ketika dalam beberapa kondisi. Yaitu kecepatannya kurang, ping yang tidak stabil, atau kualitas video yang ditonton memang terlalu tinggi.

Nah, lain hal kalau internet Anda gangguan. Bukan terjadi buffering, biasanya justru proses loading video akan terhenti.

2. Server Platform Gangguan

Selain koneksi internet, server platform yang sedang gangguan atau maintenance mungkin saja bisa jadi penyebab buffering.

Ciri dari server platform gangguan ini, biasanya hanya terjadi dalam waktu yang tidak lama. Misal 10 menit, dan paling lama 1 jam.

Dan yang mengalami buffering nantinya bukan Anda saja, melainkan orang lain juga yang menggunakan platform tersebut.

3. Data Cache

Terakhir ada data cache. Ketika Anda membuka suatu platform dalam bentuk aplikasi untuk streaming video, secara otomatis platform tersebut akan menyimpan data cache.

Dalam kondisi tertentu, pengalaman saya data cache ini ketika sudah menumpuk terlalu banyak, bisa membuat buffering jadi muncul sesekali pada video.

Hal ini dikarenakan aplikasi platform-nya yang jadi kurang stabil, sehingga mempengaruhi respon dari koneksi internet.

Baca Juga: Mengenal Adobe Audition

Akhir Kata

Intinya buffering ini adalah suatu kondisi yang terjadi karena hambatan ketika Anda ingin membuka suatu konten di sebuah platform. Umumnya konten video.

Buffering sendiri sebenarnya mudah dihindari. Yaitu dengan menggunakan koneksi internet memadai dan stabil, serta sesekali membersihkan cache dari platform-nya (kalau menggunakan aplikasi).

Kecuali kalau memang sedang gangguan, maka mau tidak mau Anda harus menunggu sampai platform-nya normal kembali.

Kalau ada hal lain yang ingin ditanyakan seputar buffering, silakan tinggalkan saja komentar ya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like