Mengenal Keyboard Mechanical

Apa itu Keyboard Mechanical

Saat ini ada dua jenis keyboard yang cukup populer, yaitu keyboard rubber dome (membrane) dan keyboard mechanical.

Bedanya ada di komponennya. Keyboard rubber dome memakai sejenis karet pada tombolnya (rubber dome). Sedangkan mechanical memakai komponen sejenis switch pegas.

Kebanyakan orang sejak dulu memakai keyboard rubber dome. Nah, kalau Anda ingin ganti ke keyboard mechanical, atau ingin tahu mengenai keyboard jenis keyboard ini, silakan baca pembahasan ini.

Apa Itu Keyboard Mechanical?

Penjelasan Mengenai Keyboard Mechanical

Keyboard mechanical adalah jenis keyboard yang menggunakan komponen pegas mekanik. Komponen ini terbuat dari aluminium dan besi, atau plastik dan aluminium dimana di dalamnya terdapat kotak switch.

Sebenarnya keyboard mechanical ini sudah ada sejak komputer pertama kali muncul. Tapi baru populer dipakai lagi sekitar tahun 2014-an sampai sekarang.

Karena popularitasnya tersebut, saat ini sudah semakin banyak vendor yang berlomba-lomba merilis keyboard-keyboard berjenis mechanical.

Kelebihan Keyboard Mechanical

Kelebihan Keyboard Mechanical Dari Keyboard Biasa

Keyboard mechanical umumnya memiliki harga yang lebih mahal dari keyboard rubber dome.

Nah, kalau ingin tahu kenapa keyboard ini masih banyak dipakai, berikut kelebihan-kelebihan dari keyboard mechanical:

1. Punya Feel Tersendiri

Saat Anda menekan tombol di keyboard rubber dome, tombolnya akan terasa lembut.

Sedangkan saat Anda menekan tombol di keyboard mechanical, maka akan muncul bunyi clicky yang menambah sensasi ketika sedang mengetik atau bermain game.

Bunyi ini muncul karena struktur dari switchnya. Dan berbeda-beda suaranya.

2. Feel Bisa Disesuaikan Dengan Switch

Keyboard mechanical memiliki jenis-jenis switch yang bisa dibedakan berdasarkan warnanya.

Tiap switch ini nantinya bisa dipilih dan dipakai sesuai selera. Karena tiap warna punya fitur dan feel yang berbeda-beda.

Untuk jenis switch ini nanti saya jelaskan di poin selanjutnya.

3. Fiturnya Kebanyakan Lengkap

Karena harganya yang cenderung lebih mahal, keyboard mechanical umumnya memiliki fitur lengkap. Misalnya anti-ghosting, tombol LED, pengunci tombol Windows dan lain-lain.

Fitur-fitur ini tidak lain untuk membantu pengguna mempermudah proses pengetikan atau untuk main game.

4. Harga Sudah Terjangkau

Dulu saat keyboard mechanical baru banyak diketahui di Indonesia (sekitar tahun 2016), biaya minimal untuk mendapatkan keyboard ini berkisar 650 ribu rupiah.

Nah, sekarang keyboard mechanical bisa didapat dengan harga yang jauh lebih murah. Yaitu 250 ribu, Anda sudah bisa dapat keyboard jenis blue switch.

Atau kalau beli second bisa lebih murah lagi.

5. Lebih Nyaman Dipakai

Secara umum keyboard mechanical lebih nyaman dipakai dari keyboard rubber dome. Alasannya karena feel serta fitur-fitur yang diberikan.

Selain itu, tersedia juga bentuk keyboard yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya tanpa numpad, atau hanya huruf saja (60%).

Baca Juga: Fungsi Heatsink Pada Komputer

Mengenal Warna Switch Mechanical dan Karakteristiknya

Jenis Switch Keyboard Mechanical dan Karakternya

Ada beragam jenis switch di keyboard mechanical. Beberapa vendor bahkan punya custom switch tersendiri. Tapi, umumnya ada empat jenis switch yang umum ditemui.

Jenis switch ini bisa dibedakan dari warnanya. Berikut detailnya:

1. Blue Switch

Pertama ada switch biru. Jenis ini kalau tombol ditekan akan membuat bunyi klik yang cukup keras.

Blue switch kebanyakan dipakai orang-orang yang menyukai bunyi keyboard, atau untuk orang yang baru mencoba keyboard mechanical.

2. Red Switch

Red switch kebalikan dari blue switch, ketika ditekan bunyinya tidak nyaring. Hal ini dikarenakan desain switch-nya yang linear.

Red switch sendiri adalah jenis tombol mekanik yang paling ringan ditekan. Secara penggunaan, keyboard ini cocok dipakai untuk mengetik. Tapi pengalaman saya, kurang cocok untuk main game (karena suka terjadi miss click).

3. Brown Switch

Brown switch adalah gabungan dari kedua switch sebelumnya. Ketika switch ini ditekan, akan muncul bunyi klak, tapi tombolnya tidak sekeras blue switch dan suaranya lebih senyap.

Brown switch ini cocok untuk Anda yang mencari alternatif blue switch maupun red switch.

4. Black Switch

Black switch mirip seperti red switch. Perbedaannya ada di saat Anda menekan tombol keyboard.

Kalau red switch ringan dan lembut, kalau black switch cenderung berat. Black switch juga tidak memiliki bunyi saat ditekan.

Ketahui juga yuk, fungsi core di Processor

Akhir Kata

Kelebihan dari keyboardmechanical ini ada di feel-nya. Dimana keyboard ini punya sisi kenyamanan tersendiri saat dipakai.

Tapi tentunya sedikit catatan, switch yang dipilih haruslah sesuai. Kalau tidak nantinya bukan nyaman, melainkan Anda akan terganggu saat memakai keyboardnya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like